Macam Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Usaha kecil menengah atau yang biasa disingkat dengan UKM adalah jenis usaha yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kelancaran roda perekonomian di suatu negara, termasuk juga untuk Indonesia yang notabene-nya adalah negara berkembang. Meskipun skala dari usaha kecil menengah tidak terlalu besar tetapi pada kenyataannya bisnis UKM mampu menyumbang produk domestik bruto hingga 60%. Disamping itu perkembangan bisnis UKM yang semakin bagus tentu saja akan meningkatkan pendapatan per kapita dari penduduk Indonesia yang lain dan tak bukan adalah juga mengurangi tingkat pengangguran.

Namun demikian menjalankan bisnis UKM tidaklah semudah yang dibayangkan ada banyak sekali kendala yang biasanya membuat seseorang enggan untuk terjun dalam menangani bisnis usaha kecil menengah tersebut, mulai dari Kendala kekurangan modal, kesulitan untuk memasarkan suatu produk, tidak memahami seluk-beluk menjadi seorang wirausahawan dan yang paling sering adalah ketakutan dalam menghadapi persaingan.

Usaha Kecil Menengah
Usaha Kecil Menengah

Untuk menjadi seorang wirausahawan tentu saja dibutuhkan mental yang kuat termasuk juga siap untuk mengalami kegagalan jika produk yang dipasarkannya belum bisa memenuhi target penjualan. tetapi kegagalan tersebut bisa anda minimalisir ketika anda mampu menemukan jenis usaha kecil menengah yang memiliki prospek tinggi dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis usaha kecil menengah yang selama ini terbukti mampu mengantarkan seorang wirausahawan menemui kesuksesannya.

Kuliner

Bisnis kuliner adalah salah satu usaha kecil menengah yang jika di dikelola dengan sungguh-sungguh maka bisa berubah menjadi bisnis skala besar. Untuk bisa terjun pada bisnis kuliner ini tidak dibutuhkan biaya yang terlalu banyak sehingga sangat sesuai untuk masyarakat Indonesia yang hendak mengawali usahanya dengan skala kecil.

Bisnis kuliner tersebut juga bisa dibilang satu bisnis yang menguntungkan sepanjang masa karena tidak hanya terpaku pada suatu barang saja, yang termasuk di dalam bisnis kuliner ini tentu saja adalah minuman, makanan ringan dan juga makanan pokok. Di bidang ini seseorang juga bisa melakukan Inovasi dan kreativitas yang lebih tinggi sehingga akan mampu menarik konsumen karena keunikan dari produk yang dipasarkannya. Seperti yang kita lihat saat ini ada banyak sekali jenis kuliner yang beraneka ragam dan pada dasarnya makanan-makanan tersebut bukanlah suatu hal yang baru tetapi adalah makanan yang sudah cukup familiar di Indonesia tetapi dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih kekinian dan memberikan daya tarik yang luar biasa bagi para konsumennya.

Menjalankan bisnis usaha kecil menengah di bidang kuliner tidak harus selalu dengan membuka warung saja tetapi juga bisa anda pasarkan melalui media online, tidak sedikit mereka yang terjun pada bisnis ini justru semakin sukses ketika memasarkannya melalui internet.

Fashion

Pada bidang ini meskipun hanya menduduki tingkat kedua setelah makanan tetapi rata-rata orang sangat memperhatikan penampilannya dalam hal berbusana, bisnis fashion ini juga bisa Anda jalankan tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar yakni dengan menjadi reseller dari mereka yang menerima kerja-sama bisnis tersebut, sehingga nantinya Anda bisa belajar untuk melakukan usaha marketing yang lebih bagus tapi juga sekaligus menguntungkan. Bisnis fashion ini cukup bervariatif karena anda bisa memasarkan berbagai macam jenis busana mulai dari pakaian pria, pakaian wanita, anak-anak yang itu pun nanti masih bisa anda klasifikasikan lagi dengan lebih spesifik. Misalnya saja pakaian pria formal, pakaian pria casual ataupun pakaian pria muslim.

Internet

Untuk tahun ini bisnis yang berbasis internet memang sangat booming dan khususnya untuk mereka yang mengawali startup bisnis. Karena bisnis ini berlaku untuk jangka panjang dan akan memberikan keuntungan yang luar biasa.

Salah satu bisnis usaha kecil menengah di bidang internet yang saat ini Mendulang kesuksesan adalah Buka Lapak, suatu aplikasi jual beli yang sudah sangat membantu banyak orang khususnya mereka yang bergerak di bidang usaha kecil dan menengah pula untuk menjembatani penjualan maupun pembelian secara online sehingga antara kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Buka Lapak menjadi semakin mempopulerkan penjualan online karena Melalui aplikasi tersebut pembeli tidak akan mungkin mengalami penipuan.

Tersebut diatas adalah beberapa jenis bisnis usaha kecil menengah dengan modal kecil yang bisa anda bangun mulai dari sekarang dan dikelola dengan baik agar nantinya bisa menghasilkan keuntungan yang besar.