Tips Mengajukan Permohonan Penurunan Bunga Kredit Rumah Ke Developer

Tips Mengajukan Permohonan Penurunan Bunga Kredit Rumah Ke Developer – Siapa sangka bila tiap nasabah ternyata juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mengajukan permohonan terhadap penurunan bunga kredit rumah ke developer.

Tips Mengajukan Permohonan Penurunan Bunga Kredit Rumah Ke Developer

Langkah yang seperti ini tentunya sangat berguna sekali untuk mereka yang sedang merasa terbebani dengan nominal suku bunga yang ditentukan oleh pihak bank. Karena, tak dapat dipungkiri juga bila terkadang ada sejumlah kondisi yang membuat beberapa orang memiliki alasan untuk meminta penurunan suku bunga kredit rumah ke developer.

Baca juga: Pemerintah Tawarkan Kredit Rumah Jogja Bersubsidi

Misalnya saja nasabah atau debitur tersebut telah terbebani dan terlilit oleh hutang, baru saja di PHK, dan memiliki suku bunga yang terlalu besar.

Persyaratan Mengajukan Permintaan Penurunan Suku Bunga KPR

Sebelum Anda akan meminta penurunan terhadap suku bung kredit rumah ke developer ini, sebaiknya Anda siapkan dulu beberapa data yang ada di bawah ini, antara lain:

  • Fotokopi KTP
  • FC KK
  • Fotokopi NPWP
  • Surat keterangan PHK (bila ada, dan memang benar baru saja di phk)
  • FC surat nikah (bila ada)
  • Buku tabungan

Proses Pengajuan

Untuk melakukan pengajuan permintaan agar suku bunga kredit rumah ke developer diturunkan, maka Anda harus melakukan beberapa langkah di bawah ini, yang meliputi:

Datang Langsung ke Pemberi KPR

Ini merupakan salah satu langkah awal bila Anda ingin suku bunga kpr diturunkan, yaitu datang langsung ke kantor. Setelah itu, isikan sebuah formulir permohonan dan juga berkas kelengkapan data diri yang sebelumnya sudah Anda persiapkan guna memperlancar semua prosesnya.

Melakukan Wawancara

Setelah Anda datang ke kantor dan mengajukan formulir permohonan untuk menurunkan suku bunga kredit rumah ke developer tersebut, maka nantinya Anda akan diwawancarai. Dalam hal ini, Anda akan ditanya tentang alasan kenapa Anda mengajukan penurunan suku bunga tersebut.

Sesudah itu,  tim analis akan menganalisa semua hal yang mungkin bisa diterima permohonannya atau tidak. Perlu diperhatikan disini adalah, umumnya tim analis tersebut akan melihat dari segi track record dari pembayaran angsuran kpr Anda tersebut. bila Anda kerap menunggak dalam proses pembayarannya, sudah jelas bahwa pengajuan penurunan suku bunga kredit rumah ke developer Anda akan langsung ditolak.

Proses Keputusan

Selanjutnya nanti Anda akan mendapatkan keputusan apakah permohonan terhadap penurunan suku bunga kredit rumah ke developer Anda dapat diterima atau tidak dalam waktu 1 bulan. Biasanya terdapat 3 keputusan yang mungkin akan diberikan oleh mereka.

Pertama, permohonan dan pengajuan Anda akan ditolak. Kedua, Anda akan mendapat penurunan suku bunga dari mereka. Ketiga, Anda akan diminta untuk melakukan take over ke tempat yang lainnya yang memberikan penawaran suku bunga paling ringan.

Lantas, bila nanti diterima, berapa banyakkah penurunan suku bunga yang bisa Anda dapatkan nanti? Biasanya beberapa penurunan suku bunga tersebut akan diberikan sebesar 0,5% saja. Dan untuk bantuan penurunan suku bunga tersebut hanya akan berlaku sampai dengan 1 tahun saja.

Jadi, Anda jangan pernah berharap bahwa penurunan tersebut akan berlaku sepanjang tahun. Karena itu sudah jelas tidak mungkin. Mengingat dari awal Anda sudah paham dengan suku bunga yang ditetapkan, seharusnya Anda juga paham bahwa akan ada peningkatan terhadap suku bunga yang berlaku. Sehingga, Anda tidak kaget saat terjadi kenaikan suku bunga di waktu-waktu yang tidak Anda sadari sebelumnya