Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Madura Yang Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata Di Madura ~ Pulau Madura selama ini dikenal dengan berbagai macam keunikannya, mulai dari karakter dari penduduknya yang memang terkesan sangat idealis, humoris dan memiliki latar pendidikan agama yang sangat kental. Disamping itu Madura juga terkenal dengan salah satu olahan kulinernya yaitu sate, siapa yang tak pernah mengkonsumsi sate madura yang dikenal memang sangat lezat dan memanjakan lidah.

Kini untuk bisa menuju kawasan Madura menjadi lebih mudah karena anda tidak harus selalu menggunakan transportasi laut saja tetapi juga bisa menggunakan transportasi darat karena sudah terdapat Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Kota Surabaya dan Madura.

Meskipun terlihat terpisah dengan pulau Jawa secara keseluruhan dan dipisahkan oleh Selat Madura tetapi pulau Madura masih termasuk dalam kawasan pulau di Jawa Timur. Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi kawasan Madura Berikut ini adalah beberapa kawasan wisata sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Gili Labak

Gili Labak adalah kawasan pantai yang memiliki pasir dengan warna putih yang mempesona dan semakin meningkatkan keindahan pemandangan pantai yang ada di tempat tersebut, Anda tidak akan pernah menyangka bahwa Madura memiliki pantai yang begitu indah seperti Gili Labak ini. Tidak hanya pasir putihnya saja yang mempesona tetapi juga air dari pantai Gili Labak terlihat begitu jernih sehingga siapapun yang mengunjungi kawasan wisata ini pasti ingin bermain air.

Karena memang belum begitu terkenal kawasan Pantai Gili Labak ini masih belum didukung dengan fasilitas yang memadai, hal ini akan sangat terasa ketika Anda melewati akses jalan menuju kawasan Gili Labak yang memang terkesan seadanya. Tetapi melihat potensi alam yang dimiliki oleh Gili Labak membuat pemerintah Madura semakin memperhatikan kawasan wisata tersebut sehingga sudah ada beberapa peningkatan fasilitas umum yang bisa memudahkan para pengunjung untuk menuju Pantai Gili Labak tersebut.

Bagi Anda yang hobi melakukan snorkeling maka Gili Labak bisa dijadikan pilihan objek wisata snorkeling yang sangat bagus. Pantai Gili Labak sebenarnya merupakan sebuah pulau tetapi ukurannya memang tidak terlalu besar sehingga hanya mampu menampung 40 kepala keluarga saja. Saat ingin berkunjung ke kawasan ini alangkah lebih baiknya jika anda memiliki teman yang bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Madura karena rata-rata penduduk di pulau tersebut belum bisa menggunakan bahasa lain selain bahasa Madura. Lokasi dari Pantai Gili Labak adalah di kawasan Kabupaten Sumenep. Hal lain yang perlu Anda ketahui saat hendak berkunjung di kawasan ini adalah bahwa Pantai Gili Labak belum benar-benar terjangkau oleh saluran listrik sehingga baru akan mendapatkan listrik ketika malam hari tiba sehingga bagi Anda yang membawa smartphone jangan lupa untuk membawa powerbank juga agar bisa digunakan untuk mengecas baterai Smartphone Anda sambil menunggu malam tiba.

Pantai Slopeng

Nama dari pantai ini memang terkesan unik dan sangat kental dengan Bahasa Madura, pantai Slopeng itu sendiri Memang menjadi salah satu ciri khas kawasan wisata yang ada di pulau Madura sehingga kurang lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi pantai tersebut saat bertandang ke pulau Madura.

Bibir pantai yang terbentang di pantai Slopeng ini memang cukup panjang yakni sejauh 6 Km dengan memiliki pasir putih serta ombak yang tenang sehingga sangat pas untuk Anda yang sedang bawa anak kecil dan ingin bermain air di pantai tersebut. Pantai Slopeng berada di kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura.

Pantai Lombang

Keindahan dari pantai Lombang ini tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali karena bibir pantai dari pantai Lombang terlihat begitu landai sehingga sangat nyaman jika digunakan untuk menyusurinya dengan berjalan kaki. Air yang begitu jernih dan tenang akan membuat anda merasa rileks saat berada di Pantai Lombang ini, di kawasan pantai ini Anda tidak hanya akan dimanjakan oleh pemandangan pantai yang sangat indah tetapi juga pepohonan Cemara yang rimbun sehingga terasa begitu alami. Pantai Lombang berada di kecamatan Batang-Batang, masih di Kabupaten Sumenep Madura.

Pantai Cemplong

Inilah salah satu pantai yang sangat fenomenal yang ada di Kabupaten Sampang Madura, keindahan dari pantai Cemplong yang menjadikan kawasan ini sebagai destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi para pendatang yang baru berkunjung di Madura.

Keistimewaan dari pantai Cemplong ini tak lain adalah pasir putihnya yang begitu memanjakan mata dan juga ombak yang terlihat tenang. Sesuai dengan namanya pantai Cemplong berada di desa Cemplong, Kecamatan Cemplong tetapi tetap di Kabupaten Sampang.

Pantai Rongkang

Jika pada umumnya pantai-pantai terlihat begitu panas dan gersang maka berbeda untuk Pantai Rongkang ini yang terlihat begitu Asri karena masih banyak sekali pepohonan rimbun yang ada di tempat tersebut, termasuk juga bebatuan besar yang terlihat sangat alamiah dan membuat anda akan betah berlama-lama di pantai tersebut.

Pantai Rongkang berada di desa Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura. Di tempat ini anda akan mendapatkan pemandangan yang berbeda saat berada di pantai-pantai uang Madura lain. Pemandangan tersebut akan bisa anda nikmati ketika malam hari yaitu berupa penampakan Jembatan Suramadu yang terlihat begitu indah dengan hiasan lampu berwarna-warni ada di sepanjang jembatan tersebut.

Mengunjungi berbagai kawasan wisata di suatu kota tidak lengkap rasanya jika tidak turut menikmati sajian kuliner khas dari kota tersebut, selain memiliki makanan khas berupa sate tentu saja di pulau Madura terdapat beberapa wisata kuliner lain yang bisa Anda coba.

Soto Madura

Rupanya Madura tidak hanya terkenal dengan satenya saja tetapi Madura juga memiliki soto sendiri bahkan keterkenalan dari soto Madura sedang merambah ke berbagai kota di Indonesia. Saat berada di Madura tak ada salahnya untuk merasakan langsung Soto Madura karena pastinya akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan soto Madura yang dijual di luar kota Madura. Salah satu ciri khas dari soto Madura adalah adanya topeng berupa telur rebus yang semakin meningkatkan citarasa dari suatu tersebut.

Bebek Songkem

Anda suka mengkonsumsi olahan bebek ? maka tak lengkap rasanya jika Anda belum menikmati olahan bebek ciri khas Madura. Bebek Songkem hanya bisa anda jumpai di Madura, yang tidak hanya akan memanjakan lidah para penikmat nya saja tetapi juga turut menjaga kesehatan dari orang-orang yang mengonsumsinya. Sebab daging bebek yang terkenal memiliki kolesterol tinggi ini diolah dengan cara khusus yang membuat kolesterol jahat yang ada di dalam daging bebek tersebut menjadi berkurang drastis sehingga lebih aman untuk di konsumsi siapapun termasuk mereka yang sudah pernah mengalami permasalahan kolesterol pada kesehatannya.

Lorjuk

Sebagai kawasan pantai yang membentang cukup luas, maka tidak mungkin Madura tidak memiliki olahan seafood, dan Lorjuk adalah salah satu olahan seafood yang masih berada satu rumpun dengan jenis kerang tetapi memiliki model yang panjang sehingga terlihat lebih unik.

Tersebut diatas adalah rekomendasi kawasan wisata alam maupun wisata kuliner yang ada di Madura, selamat berkunjung dan selamat berwisata.