Tempat Wisata Alam Kuliner Di Jakarta Yang Enak, Murah Dan Terkenal

Wisata Edukasi Di Jakarta ~ Jakarta adalah kota dengan berjuta cerita, sering dikabarkan menjadi kota yang selalu berlangganan banjir, macet parah akhirnya membentuk suatu konotasi negatif tentang Ibu Kota Negara ini, namun demikian Jakarta tak pernah sepi, banyak orang yang berada di kawasan luar Jakarta berkeinginan untuk melakukan liburan di kota metropolitan dan super besar tersebut.

Meskipun dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit, pemukiman penduduk dan masih banyak lagi yang lainnya, Jakarta rupanya juga menyimpan pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik berupa wisata alam, wisata buatan dan wisata edukasi. Selain itu tidak bisa dipungkiri bahwa fasilitas yang ada di kota Jakarta memang terlihat lebih modern ketimbang kota-kota lain yang ada di Indonesia.

Tempat Rekreasi Menarik Di Jakarta

Destinasi wisata Jakarta berikut ini mungkin saja menarik minat anda dan keluarga untuk dijadikan sebagai tempat menyenangkan saat mengisi liburan.

1. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu

Dinamakan dengan Kepulauan Seribu karena memang lokasi wisata alam di Jakarta yang satu ini memiliki jajaran pulau yang jumlahnya cukup banyak, diantara pulau-pulau yang ada di kawasan ini yang cukup terkenal adalah Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pari dan Pulau Bidadari.

Kepulauan Seribu menjanjikan para pengunjung untuk bisa merasakan sensasi santai ditemani dengan deburan ombak serta angin sepoi-sepoi, berada di tempat ini membuat anda sedikit lupa bahwa sebenarnya anda tengah berada di kota metropolitan.

Disamping bisa menikmati suasana pantai yang menyenangkan, pada saat berkunjung di Kepulauan Seribu ini anda juga bisa mencoba berbagai macam kegiatan seperti snorkeling dan juga diving. Fasilitas umum seperti toilet dan juga musholla akan dengan mudah anda temui saat berada di tempat ini.

2. TMII

Pintu Masuk TMII

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu jenis eduwisata yang berada di Jakarta, di tempat ini anda bersama keluarga bisa mengamati setiap suku-suku yang ada di Indonesia baik dari jenis rumah adatnya maupun informasi yang berkaitan dengan hal tersebut.

Meskipun di kawasan ini terasa sedikit panas namun bagi anda yang antusias dengan keragaman budaya Indonesia, TMII adalah lokasi yang tepat, karena anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga untuk tidak perlu mengelilingi nusantara ini karena semua telah terangkum di Taman Mini Indonesia Indah.

3. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta Barat

Sebagai salah satu kota bersejarah dalam proses menuju kemerdekaan Republik Indonesia, sudah pasti Jakarta juga memiliki wisata histori salah satunya adalah Kota Tua Jakarta ini. Ditempat ini anda akan melihat pemandangan gedung-gedung dengan arsitektur klasik yang tentu saja masih sangat kental dengan gaya bangunan Belanda. Selain bisa juga dijadikan sebagai wisata edukasi, Kota tua Jakarta juga tepat untuk dijadikan sebagai ajang untuk narsis karena banyak terdapat spot fotografi yang menarik.

4. Monas ( Monumen Nasional )

Tugu Monas

Salah satu icon kota Jakarta adalah Monas, dan rasanya belum benar-benar berada di Jakarta bila belum berkunjung ke Monumen yang memiliki tinggi 132 meter ini. di Monas anda bisa mengetahui sejarah kemerdekaan Indonesia karena terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia termasuk juga untuk melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian 115 meter, dengan menggunakan lift yang disediakan di Monumen Nasional.

Aneka Tempat Wisata Kuliner Khas Kota Jakarta

Wisata kuliner yang ada di Kota terbesar di Indonesia akan lebih banyak dijumpai restoran cepat saji namun jika hanya itu saja tentu bisa anda temukan di kota-kota lain, nah untuk itu saat berada di Ibu Kota anda harus mencicipi kuliner khas Jakarta yang tidak bisa anda jumpai di kota lain.

Salah satu suku yang paling dominan di Jakarta adalah Suku Betawi sehingga masakan-masakan Betawi ini bisa anda cicipi saat berada di Jakarta seperti :

• Kerak Telor
Tentu kita sering mendengar makanan ringan yang satu ini yang mana merupakan makanan khas dari Kota Jakarta dan kental dengan nuansa Betawi. Rasanya belum lengkap kunjungan anda ke Jakarta bila belum mencicipi Kerak Telor yang merupakan makanan ringan paling nge-hits di Jakarta. Tidak hanya memiliki daya tarik dari segi rasanya yang unik saja namun juga dari segi pembuatannya sehingga sembari menunggu pesanan anda bisa menikmati cara pembuatan kerak telor ini.

Kerak Telor terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, kencur, jahe, garam, gula pasir, kelapa sangrai dan bawang goreng merah. Dari bahan-bahan tersebut tentu bisa dibayangkan bahwa rasa dari kerak telor ini tidak hanya gurih namun juga manis dan crispy.

• Pepes Tulang Lunak Ikan Mas ( PeTulu )
Untuk makanan yang satu ini tidak hanya bisa anda nikmati ketika di Jakarta saja namun juga bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh karena PeTulu ini memiliki packaging yang sangat menarik dan aman untuk dibawa dalam jarak jauh.

Anda hanya bisa mendapati Pepes Tulang Lunak Ikan Mas dengan bumbu tradisional khas ini di Jakarta saja, sangat pas untuk anda yang menyukai olahan ikan segar dan untuk menikmatinya anda tidak hanya bisa mengonsumsi dagingnya saja namun juga tulangnya tanpa tersedak, karena tulang dari ikan mas ini sudah sangat lunak.

• Kembang Goyang
Untuk yang satu ini memang tidak akan mengenyangkan perut anda namun pasti bisa membuat lidah anda merasakan sensasi manis, gurih dan renyah saat menggigit makanan ringan ini. sebenarnya Kembang Goyang ini juga sudah ada di daerah lain seperti di Jawa Timur maupun Sumatera dengan nama yang berbeda, namun demikian tidak ada salahnya untuk anda mencoba versi Jakartanya.

• Kue Semprong
Dari namanya tentu kita tahu bahwa kue yang satu ini adalah ciri khas kue tradisional Betawi, salah satu varian rasa yang paling direkomendasikan saat membeli Kue Semprong ini adalah rasa wijen, Kue ini begitu empuk namun renyah serta tahan lama sehingga bisa anda simpan dalam beberapa waktu ke depan.

• Dodol Betawi
Oleh-oleh yang satu ini tidak boleh dilewatkan untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah, dodol betawi adalah makanan khas dan termasuk pada oleh-oleh istimewa dari Jakarta. Meskipun merupakan makanan tradisional, dodol betawi telah dikemas dengan lebih modern dan aman, sehingga tidak akan mudah rusak meskipun jarak yang anda tempuh cukup jauh.

• Roti Buaya
Walaupun namanya cukup seram, namun Roti Buaya menjadi icon dari kekayaan budaya Betawi yang juga merupakan icon kuliner dari Jakarta. Roti Buaya hukumnya wajib untuk disediakan saat acara-acara istimewa seperti pesta pernikahan dan juga acara istimewa lainnya.

Setelah mengetahui beberapa lokasi wisata alam, wisata buatan maupun wisata edukasi yang ada di Jakarta tentu akan membuat anda semakin tertarik untuk mengunjungi Ibu Kota Negara kita ini, apalagi sajian kuliner dan oleh-oleh khas yang dimilikinya juga melimpah, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan suvenir dari kota ini.