Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Blitar Yang Menarik Dan Terkenal

Tempat Wisata di Blitar ~ Kota Blitar adalah kota kecil yang ada di Jawa Timur, walaupun belum bisa dibilang sebagai kota metropolitan tetapi berkat nama besar Bung Karno kota Blitar tidak hanya dikenal dan disebut-sebut di Indonesia saja namun juga dunia, karena seperti diketahui bahwa Sang Proklamator lahir dan dimakamkan di Kota Blitar.

Makam Bung Karno menjadi salah satu daya tarik bagi siapa saja yang berkunjung ke Kota Blitar, bahkan banyak tokoh elite politik yang selalu menjadikan kunjungan ke Makam Bung Karno sebagai agenda penting saat lawatannya ke Jawa Timur. Nah, selain makam Bung Karno sebenarnya Blitar juga memiliki pesona wisata alam yang sangat menarik, diantaranya adalah sebagai berikut.

Tempat Wisata Menarik Dan Terkenal di Blitar

Pantai Tambak Rejo

Pantai Tambak Rejo Blitar

Salah satu pantai yang sangat populer di Blitar adalah pantai Tambak Rejo, untuk menuju ke lokasi pantai ini dari pusat kota hanya berjarak sekitar 40 km saja sehingga tidak terlalu memakan waktu lama, disamping itu rute yang dilalui juga cukup lancar sehingga tidak akan menyulitkan anda, termasuk juga pemandangan di perjalanan yang sangat menawan karena nantinya anda akan melewati jalur pegunungan.

Di kawasan pantai ini memang hanya diperbolehkan untuk bermain di salah satu sisi pantai saja, sedangkan ada area terlarang untuk mandi atau bermain ombak karena pada lokasi tersebut ombaknya terlalu besar sehingga membahayakan bagi pengunjung. Di pantai Tambak Rejo ini anda juga bisa menikmati sajian kuliner dengan bahan dasarnya adalah sea food, termasuk juga untuk anda ingin membawa oleh-oleh berupa ikan segar maka ada banyak sekali penjual yang menjajakannya dan harganya sangat murah, anda bebas menawar harga ikan yang ingin anda beli karena biasanya penjual memberikan harga yang sedikit lebih mahal untuk mengantisipasi pembeli yang menawar.
Fasilitas umum seperti toilet dan juga musholla sudah tersedia di kawasan pantai Tambak Rejo ini.

Kampung Coklat Blitar

Kampung Coklat Blitar

Berkonsep eduwisata, kampung Coklat Blitar berhasil menduduki peringkat atas sebagai tujuan wisata yang fenomenal di Kota Blitar, sesuai dengan namanya di tempat ini anda akan lebih familiar lagi dengan coklat, termasuk juga sajian kuliner yang serba coklat.

Kampung Coklat Blitar adalah salah satu lokasi wisata yang masih baru dibuka dan letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Blitar, lebih tepatnya berada di Kademangan, Kabupaten Blitar jika anda melakukan perjalanan ke Pantai Tambak Rejo maka akan melewati Kampung Coklat Blitar ini.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Mungkin anda pernah ingat serial tv anak-anak bertajuk Teletubbies 4 tokoh boneka yang imut dan memiliki karakter yang beragam dan memiliki jargon “ berpelukan “. Kini anda bisa bermain-main di bukit Teletubbies KW yang ada di Blitar. Berada di wilayah perbukitan membuat lokasi wisata ini terasa sangat sejuk dan asri.

Gua Embultuk ( Mbulutuk )

Gua Embultuk Blitar

Berwisata alam tak melulu harus berada di pantai atau pegunungan saja namun juga bisa berkunjung ke Goa, Blitar salah satu Goa yang cukup terkenal yaitu Embultuk atau Mbulutuk begitulah masyarakat Blitar menyebutnya. Saat berada di dalam goa ini anda akan disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan, meskipun berada dilorong goa namun sistem pencahayaan sudah diatur sedemikian rupa sehingga tidak terkesan angker.

Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo

Jika anda memiliki keinginan untuk berkunjung ke Raja Ampat namun belum juga kesampaian hingga saat ini, maka Pantai Peh Pulo yang ada di Blitar ini bisa dijadikan sebagai alternatifnya, sebab meskipun belum bisa menyaingi eksotisme Raja Ampat namun Pantai Peh Pulo dikenal sebagai Raja Ampat-nya Blitar yang memang memiliki beberapa pulau kecil yang berada di tengah lautan. Jika anda ingin mengunjungi pantai ini direkomendasikan untuk datang menjelang malam untuk bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, lokasi dari Pantai Peh Pulo berada di Desa Sumberasih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar.

Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar

Lokasi Pantai Serang Blitar ini sejurus dengan ketika anda ingin ke Pantai Tambak Rejo, namun jaraknya memang sedikit lebih jauh jika anda memulai perjalanan dari pusat kota. Pesona Pantai Serang tak kalah bagusnya dengan pantai-pantai lain yang ada di Blitar, sajian kuliner berupa ikan bakar di Pantai Serang Blitar ini terkenal sangat lezat, sangat pas untuk memulihkan tenaga setelah bermain ombak.

Pantai Jolosutro Blitar

Pantai Jolosutro Blitar

Tidak semua pantai memiliki pasir putih, salah satunya adalah pantai Jolosutro yang ada di Desa Ringinrejo Blitar ini. Pantai disini memiliki pasir berwarna hitam namun tentu saja tetap terasa lembut saat bersentuhan dengan kulit. Nampaknya di pantai Jolosutro ini kurang tepat jika digunakan untuk bermain air atau berenang karena ombaknya yang terlalu besar, sebab memang Pantai Jolosutro adalah pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang ganas.

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi masih belum lama dibuka untuk umum, karena dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjangkaunya seperti para pencinta alam karena dahulu akses jalan belum dibuka dengan lebih mudah seperti saat ini, pantai Pangi masih terlihat begitu natural dan belum begitu ramai, ada banyak lokasi yang aman untuk anda bermain air karena ombaknya yang tidak terlalu besar. Lokasi pantai Pantai berada di kawasan Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung.

Aneka Wisata Kuliner Makanan Khas Blitar

Setelah berlibur ke tempat wisata alam, pastinya para penikmat kuliner akan berusaha mencari tempat-tempat yang nyaman dan menyajikan olahan masakan yang lezat khas dari kota Blitar.

• Nasi pecel
Blitar dikenal pula dengan sambel pecelnya yang memiliki ciri khas, ada banyak sekali warung nasi pecel yang bisa anda kunjungi dan rata-rata memiliki rasa yang lezat. Untuk satu porsi nasi pecel di Blitar dijual dengan sangat murah yaitu Rp 6,000,- dengan lauk dan sayur yang komplit.

• Pasar Buah Pathok
Nanas adalah salah satu buah yang paling dikenal dari kawasan Blitar, nah bagi anda yang ingin membawa oleh-oleh berupa buah-buahan segar dan termasuk juga adalah buah nanas, anda bisa mengunjungi pasar Pathok yang berada di jalur menuju Gunung Kelud. Di pasar Pathok tersebut anda tidak hanya akan menemukan buah nanas saja, namun juga buah pisang dan jika anda beruntung juga akan menjumpai buah durian, selain lengkap harga buah-buahan di pasar Pathok terkenal sangat terjangkau.

• Soto Daging Bok Ireng
Bagi penikmat soto daging, menu ini bisa anda coba. Terletak di timur Alun-alun kota Blitar lebih tepatnya di Jalan Cokroaminoto, Soto Bok Ireng ini disajikan dengan kuah yang sangat panas, karena memang kuah soto terus berada di atas tungku tradisional dengan bahan bakar kayu sehingga memang terasa begitu berkesan. Bagi orang dewasa mungkin akan membutuhkan 2 atau bahkan 3 mangkok untuk bisa memenuhi perut dan merasa kenyang, karena porsi soto daging Bok Ireng ini sangat kecil.

Berwisata di kota kecil seperti Blitar tidak akan membuat anda kecewa karena kota ini telah didukung dengan infrastruktur yang baik dan selain itu juga belum terlalu macet.