Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Banyuwangi Yang Paling Terkenal

Tempat Wisata Di Banyuwangi ~ Banyuwangi adalah nama sebuah kabupaten yang ada di kawasan Jawa Timur lebih tepatnya adalah pada ujung timur pulau Jawa. Kota ini yang berdekatan sekali dengan kota Situbondo termasuk juga memiliki akses yang mudah ketika ingin langsung bepergian ke pulau Bali.

Keindahan alam dari Banyuwangi memang sangat menakjubkan ada beberapa lokasi wisata yang Bahkan merupakan lokasi wisata bertaraf internasional. Sebagai penduduk Indonesia asli tentu saja akan sangat disayangkan jika belum mengunjungi kota-kota yang memiliki tempat wisata yang menakjubkan termasuk salah satunya adalah Banyuwangi.
Berikut ini adalah daftar tempat wisata Banyuwangi bisa anda kunjungi setiap saat bersama keluarga ataupun orang terkasih.

Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah lokasi wisata yang menjadikan sebuah kawah sebagai objeknya. Meskipun hanya sebuah kawah tetapi Kawah Ijen ini menyerupai danau dengan warna air yang sangat indah yaitu hijau tosca. Karena merupakan sebuah kawah sudah pasti aroma belerang terasa kuat saat berada di lokasi ini.

Selain memiliki warna hijau tosca yang menarik di Kawah Ijen ini anda juga akan menjumpai adanya api berwarna biru sehingga Kawah Ijen juga dikenal dengan sebutan Blue Fire. Lokasi dari Kawah Ijen terletak pada tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. maka tak heran apabila Kawah Ijen diproklamirkan sebagai kawah berbentuk danau dengan ukuran paling besar di pulau Jawa.

Berada di Kawah Ijen terletak pada ketinggian 2443 m dpl. Adapun untuk kedalaman Kawah Ijen bahkan mencapai 200 meter. Agar bisa menikmati pemandangan kawah Ijen dengan sempurna harus melalui perjuangan yang tidak mudah karena anda harus mendaki hingga 3 meter yang nantinya akan membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Pulau Tabuhan

Sebuah pulau sudah tapi akan dikelilingi lautan, termasuk juga pada Pulau Tabuhan ini yang rupanya memiliki pantai yang sangat indah karena warna pasirnya benar-benar putih dan juga air yang jernih. Pulau Tabuhan memiliki luas dan lebar 5 ha dan hingga saat ini merupakan pulau kosong yang difokuskan hanya untuk wisatawan saja.

Ada banyak sekali wisatawan yang berkunjung di Pulau Tabuhan ini tidak Hanya mereka yang merupakan wisatawan domestik saja tetapi juga wisatawan mancanegara, karena Pulau Tabuhan adalah lokasi yang paling tepat dan menyenangkan untuk pencinta snorkeling ataupun scuba diving. Kabar baiknya adalah untuk bisa menjangkau Pulau Tabuhan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja karena lokasi dari Kabupaten Banyuwangi hanya sekitar 20 km.

Pantai Bangsring

Kawasan wisata pantai Bangsring ini adalah salah satu kawasan yang paling populer di Banyuwangi karena ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai tersebut selain tentunya adalah untuk menikmati pemandangan alam serta birunya laut yang sangat luas di pantai Bangsring ini bahkan anda bisa mencoba untuk menanam terumbu karang secara langsung. Pengalaman yang mungkin belum bisa anda peroleh saat berada di kawasan wisata lainnya.

Pantai Bangsring memiliki salah satu daya pikat yaitu adanya Rumah Apung Bangsring, letak dari rumah apung tersebut berada sejauh 20 km dari bibir laut, di sekitar rumah apung Bangsring tersebut nantinya Anda bisa melakukan interaksi secara langsung dengan anakan ikan hiu sirip hitam yang tentu saja sudah jinak sehingga tidak akan mungkin membahayakan pengunjung, termasuk juga akan mendapatkan pengalaman untuk menanam terumbu karang.

Selain itu Anda juga bisa menikmati pemandangan biota laut serta terumbu karang yang masih sangat alami, pantai Bangsring itu sendiri memang cukup luas karena lokasinya bahkan mencapai 15 ha adapun untuk kedalaman dari air yang ada di pantai ini bervariasi yaitu antara 2 – 15 meter.

Pantai Pulau Merah

Lokasi pantai yang satu ini memang sedikit jauh dari Kabupaten Banyuwangi yaitu berjarak 80 km tetapi keuntungannya adalah Anda bisa menjangkau lokasi tersebut dengan menggunakan transportasi umum. Dibalik nama pantai pulau Merah memang terdapat suatu fenomena yang berkaitan dengan warna merah bukan pada air lautnya tetapi pada pasir yang ada di pantai tersebut.

Jika pada umumnya warna pasir di sebuah pantai adalah putih atau kecoklatan tetapi tidak dengan pantai yang satu ini karena warna pasirnya adalah merah dan Anda bisa bersentuhan langsung dengan pasir merah tersebut saat air laut sedang surut.

Dahulu lokasi ini nama pantai Ringin Pitu tetapi diubah menjadi Pantai Pulau Merah mungkin saja hal tersebut adalah strategi promosi untuk menarik minat para wisatawan. Tidak hanya itu saja di Pantai Pulau Merah ini nampaknya akan menjadi surga bagi Anda yang ingin belajar berselancar karena Pantai Pulau Merah memiliki ombak yang cukup tinggi dan besar yang rata-rata Bahkan mencapai ketinggian 4-5 meter. Dengan demikian tentu akan sedikit membahayakan jika anda mengajak putra-putri anda untuk bermain air di sini karena Pantai Pulau Merah lebih tepat untuk mereka yang sedang belajar berselancar. Untuk bisa masuk ke kawasan pantai pameran ini tidak membutuhkan biaya yang mahal Karena untuk 1 orangnya hanya dikenakan tiket antara Rp 3,000,- di hari biasa dan Rp 5,000,- untuk weekend atau libur nasional.

Teluk Hijau

Kawasan wisata ini memang belum terlalu terkenal sehingga sangat tepat untuk Anda yang ingin mencoba keindahan wisata pantai terbaru yang belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk dapat menjangkau Teluk Hijau ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena jika anda memulai perjalanan dari Kabupaten Banyuwangi maka dibutuhkan waktu antara 3 hingga 4 jam agar bisa sampai di lokasi tersebut.

Daya tarik dari Teluk Hijau ini adalah suasana pantai yang sangat sejuk karena dikelilingi oleh hutan hujan tropis, sesuai dengan namanya warna air laut yang di Teluk Hijau ini berwarna hijau tosca dengan gambaran Pasir Putih yang luas.

Aneka Wisata Kuliner Makanan Khas Banyuwangi

Setiap lokasi wisata tentu akan memberikan sebuah suguhan rasa yang khas, dan Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner Banyuwangi yang patut untuk Anda coba.

Pecel Pitik

Pecel pitik adalah salah satu makanan tradisional yang dibuat secara turun temurun dan bisa dinikmati hingga saat ini, sesuai dengan namanya pecel Pitik menggunakan bahan dasar berupa daging ayam kampung yang dimasak dengan cara di urap, masakan ini bisa anda peroleh di desa Kemiren tepatnya pada lokasi yang ditinggali oleh suku asli Banyuwangi yaitu suku Osing.

Sego Cawuk

Kuliner yang satu ini lebih mirip pada soto karena yang menggunakan kuah tetapi untuk dagingnya menggunakan dendeng, telur ataupun ikan pepes sehingga terasa lebih berkarakter dan merupakan kuliner ciri khas dari Banyuwangi.

Rujak soto

Sesuai dengan namanya makanan ini adalah gabungan antara rujak dan soto sehingga mungkin baru bisa Anda rasakan ketika berkunjung di Banyuwangi.

Tersebut di atas adalah informasi yang berkaitan dengan tempat wisata alam maupun wisata kuliner yang ada di Kabupaten Banyuwangi semoga bermanfaat.