Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Banten Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Banten ~ Jika anda hobi berlibur maka kurang lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi salah satu kota wisata di Indonesia yang tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan tujuan wisata di mancanegara, kota tersebut adalah kota Banten. Memiliki letak geografis di Ujung Kulon pulau Jawa membuat kota ini sering bersentuhan dengan bibir pantai, apalagi pantai-pantai yang ada di wilayah kota Banten sangatlah indah sehingga sudah pasti akan memanjakan mata anda serta memberikan suasana yang lebih fresh khusus untuk Anda yang mungkin sedang berada di wilayah Jakarta.

Karena kota Banten tidak terlalu jauh dengan wilayah Ibukota Jakarta yang notabene-nya merupakan kota metropolitan dan lebih sering dijumpai adanya gedung-gedung bertingkat saja, dengan adanya deretan pantai yang ada di kota Banten warga Jakarta tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali untuk bisa menikmati suasana pantai yang indah.

Lalu Apakah di wilayah Banten hanya terdapat wisata pantai saja ataukah ada wisata-wisata yang lain yang juga direkomendasikan untuk dikunjungi? Berikut ini akan diulas beberapa tempat wisata di wilayah Banten yang bisa anda kunjungi bersama keluarga ataupun pasangan anda.

• Pantai Anyer
Pantai Anyer sering kali terdengar di telinga kita khususnya pada saat menyaksikan cinema di televisi, karena sering dijadikan lokasi syuting oleh beberapa artis dan drama sinetron. Keindahan dari pantai Anyer inilah yang membuat kawasan ini sangat direkomendasikan untuk warga Jakarta yang ingin berwisata di pantai yang indah.
Pantai Anyer itu sendiri berada di Kabupaten Serang yang jaraknya tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta sehingga dari segi biaya perjalanan juga terbilang cukup ekonomis.
Di akhir pekan pantai Anyer akan sangat ramai dikunjungi oleh para pendatang baik dari kawasan Banten sendiri maupun dari luar kota. hal-hal yang bisa anda lakukan di pantai Anyer ini adalah berenang, bermain olahraga air, berselancar dalam juga menyelam. Untuk suguhan kulinernya Anda juga bisa menikmati berbagai macam olahan seafood dan bisa anda konsumsi langsung di tepi pantai. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari maka sudah disediakan beberapa hotel yang siap untuk melayani para tamu dari luar kota.

• Taman Nasional Ujung Kulon
Tempat wisata ini adalah pilihan lain bagi Anda yang mungkin tidak selalu ingin berkunjung pada kawasan wisata pantai di daerah Banten. di dalam Taman Nasional Ujung Kulon anda akan mendapati beberapa pemandangan yang mungkin tidak bisa anda peroleh pada beberapa kawasan wisata lain karena di dalam Taman Nasional Ujung Kulon terdapat beberapa ekor badak yang memang merupakan satwa dilindungi.
Selain merupakan taman perlindungan khusus untuk badak, kawasan ini juga diperuntukkan bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan berkemah serta berusaha memahami kondisi alam secara terbuka. Anda pun juga bisa menikmati pemandangan Taman Nasional Ujung Kulon dengan melakukan aktivitas tracking. Berkunjung ke wilayah ini akan membuat anda dan keluarga semakin mencintai alam sekitar.

• Tanjung Lesung
Tanjung lesung adalah salah satu kawasan wisata pantai yang bisa dibilang merupakan pantai yang paling indah di kawasan Banten. Pasir putih yang menghampar terlihat begitu landai dan dikombinasikan dengan warna biru dari air laut yang terlihat begitu menyejukkan.
Lokasi dari Pantai Tanjung Lesung berada di kabupaten Pandeglang Banten tepatnya 180 km dari kota Jakarta. Di kawasan pantai ini juga disediakan berbagai macam fasilitas penginapan yaitu berupa Villa. Selain dapat menikmati pemandangan yang sangat indah di Pantai Tanjung Lesung ini Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan lain yang umumnya bisa dilakukan pada berbagai wisata pantai seperti bermain pasir dan bahkan menyelam.

• Gunung Krakatau
Rupanya Anda juga bisa menemukan wisata pegunungan di area Banten, Gunung Krakatau yang terkenal tidak ada di Indonesia karena pernah meletus dengan sangat dahsyat dan menyebabkan tsunami yang luar biasa besar serta menelan banyak korban jiwa kini bisa dinikmati keindahannya. Meskipun tidak terlihat hijau seperti gunung-gunung pada umumnya tetapi anda juga bisa mendaki gunung Krakatau ini namun anda harus mematuhi peraturan dari pengelola kawasan wisata tersebut karena kadang-kadang gunung Krakatau mengeluarkan asap yang bisa membahayakan keselamatan para pengunjung.

• Kampung Baduy
Sesuai dengan namanya kawasan Wisata Kampung Baduy ini memang ditempati oleh suku tersebut sebagai suku asli di kawasan Banten. Bertandang Ke kawasan wisata ini akan membuat anda merasa kembali seperti di masa lalu karena anda akan sulit menemui adanya bangunan yang menggunakan dinding tembok melainkan menggunakan bahan-bahan alami yang berasal dari alam.
Di kawasan Kampung Baduy ini ditinggali oleh kurang lebih 8000 jiwa yang masih diklasifikasikan lagi dalam dua kelompok yaitu suku Baduy dalam dan suku Baduy Luar. Jika anda mengunjungi kawasan yang memiliki adat istiadat yang sangat kental maka anda akan mengetahui betapa besarnya kekayaan budaya suku-suku yang ada di Indonesia.
Setelah puas berjalan-jalan di kawasan wisata yang cukup komplit ada di kawasan Banten, selanjutnya saatnya untuk memanjakan lidah dan mengetahui sajian kuliner khas Banten Apa sajakah yang patut untuk dicoba.

• Satai Bebek
Anda penggemar olahan daging yang dibakar dan dinamakan dengan satai? maka tak lengkap rasanya jika Anda belum mencoba satai bebek, terbilang cukup unik karena rata-rata satai menggunakan daging ayam atau daging kambing, tetapi berbeda dengan sajian kuliner khas Banten yang menggunakan daging bebek sebagai olahan utamanya.
Anda akan dengan mudah mendapati banyak sekali warung makanan yang menyajikan olahan satai bebek tersebut. Rata-rata akan dijual seharga Rp 17,000,- untuk 10 tusuk.

• Bandeng Lumpur
Pernah mencoba mengkonsumsi bandeng yang dilumuri dengan Lumpur ? kuliner ini bisa anda dapatkan di kawasan Banten dan merupakan salah satu wisata kuliner yang paling direkomendasikan karena belum tentu bisa anda jumpai di kawasan lainnya.

• Nasi Sumsum
Nasi Sumsum adalah olahan masakan yang menggunakan bahan dasar nasi tetapi perbedaannya adalah nasi tersebut dibungkus di dalam daun pisang yang sudah dicampur dengan bumbu khas. Kemudian nasi tersebut dibakar sehingga aroma daun pisang menjadi semakin meningkatkan kesadaran dari nasi sumsum tersebut.

• Rabeg
Mungkin nama makanan ini terdengar sedikit asing untuk anda dan patut dicoba saat anda berada di kawasan Banten. Ciri khas utama dari makanan yang disebut dengan Rabeg ini adalah cita rasanya yang super pedas sehingga sangat pas untuk anda yang menyukai masakan extra pedas. Makanan ini menjadi semakin Istimewa karena dahulu kala Rabeg hanya bisa dikonsumsi oleh para raja-raja Banten.

Bahan utama yang digunakan pada Rabeg adalah jeroan dan daging kambing yang sebenarnya lebih mirip dengan soto atau gulai dengan kuah yang sangat kental dan tentu saja terasa sangat sedap. Daging kambing yang digunakan pada masakan Rabeg terasa sangat empuk.

Tersebut diatas adalah rekomendasi kawasan wisata alam maupun wisata kuliner yang ada di kawasan Banten yang sangat pas untuk dijadikan kawasan wisata bersama keluarga maupun orang-orang terkasih.