Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Palembang

Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Palembang
Kota Palembang selama ini dikenal dengan salah satu makanan khasnya yaitu pempek, namun rupanya kota yang merupakan kota terbesar ke dua Provinsi Sumatera ini juga memiliki banyak sekali kawasan wisata yang menarik.
Apalagi di tahun 2016 lalu kota Palembang menjadi salah satu kota yang dilalui oleh gerhana matahari total, menjadikan kota ini semakin mendunia. Berikut ini akan diinformasikan mengenai beberapa lokasi wisata yang ada di Kota Palembang.
1. Jembatan Ampera
Di lokasi inilah banyak masyarakat baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menikmati moment langka berupa gerhana matahari total yang terjadi di tahun 2016. Sebelumnya jembatan yang masih berfungsi sebagai jalur transportasi yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini juga sudah menjadi kawasan wisata yang menarik dan bahkan karena keindahannya, Jembatan Ampera dinobatkan sebagai ikon kota Palembang.
Di sekitar Jembatan Ampera anda bisa menjumpai berbagai jenis masakan yang dijajakan di pasar tradisional, termasuk juga banyak pedagang yang menawarkan beragam souvenir.
2. Sungai Musi
Nama sungai Musi tentu sudah tidak asing lagi, bahkan untuk kita yang berada jauh dari Pulau Sumatera, Sungai Musi selalu masuk dalam bahasan pelajaran di Sekolah, karena memang denyut perekonomian kota Palembang turut dipengaruhi oleh keberadaan sungai Musi ini.
Disamping itu, Sungai Musi secara alamiah juga merupakan sungai yang paling panjang yang ada di pulau Sumatera, total panjangnya bahkan mencapai 750 Meter, selain panjang sungai Musi ini juga tergolong lebar, saking lebarnya kota Palembang membutuhkan bangunan berupa Jembatan Ampera yang megah dan memiliki daya tarik wisata.
3. Pulau Kemaro
Kota Palembang dahulu dikenal sebagai tempat berdirinya kerajaan Sriwijaya yang sangat termasyhur, kerajaan Sriwijaya pada masa itu menganut agama Buddha, sehingga penyebaran agama Buddha memang sangat pesat di wilayah ini.
Salah satu peninggalan kejayaannya ada di pulau Kemaro ini, disini terdapat vihara yang hingga saat ini masih dijadikan sebagai wisata religi para penganut agama Buddha, meskipun demikian Pulau Kemaro tetap dibuka untuk umum dan bagi anda yang bukan penganut agama Buddha juga masih diperbolehkan untuk berkunjung ke kawasan ini.
4. Taman Hutan Wisata Punti Kayu
Berwisata alam tidak harus selalu mengunjungi pantai atau air terjun saja namun juga bisa berkunjung ke hutan, namun karena hutan wisata Punti Kayu ini didesain untuk mendatangkan para wisatawan, maka lokasinya sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai.
Untuk diketahui bahwa Taman Hutan Wisata Punti Kayu adalah satu-satunya wisata hutan yang ada di Palembang dan yang lebih istimewa adalah untuk menjangkau lokasinya anda tidak perlu menempuh perjalanan terlalu jauh yakni hanya 7 KM saja berawal dari pusat kota Palembang.
Karena suasananya yang begitu asri, hutan yang memiliki luas mencapai 50 hektar ini menjadi salah satu lokasi wisata keluarga yang sangat populer, hutan ini dipenuhi dengan pohon pinus yang tumbuh dengan subur. Suasananya yang begitu alami membuat kawasan ini juga sangat mendukung untuk dijadikan tempat hidup berbagai macam jenis satwa, mulai dari gajah, kuda dan bahkan buaya.
Tapi, tentu saja buaya-buaya yang hidup disini ditempatkan pada lokasi yang akan sehingga tidak akan membahayakan pengunjung.
5. Benteng Kuto Besak
Benteng ini adalah salah satu bangunan peninggalan penjajah dan menjadi saksi perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Karena merupakan bangunan benteng, bahan baku yang digunakan untuk mendirikan dindingnya adalah batu sehingga amat kokoh yang pada kelanjutannya kemegahan dan juga kekokohannya masih bisa dinikmati oleh generasi penerus bangsa hingga saat ini.
Selain bisa menikmati arsitektur Benteng Kuto Besak, disini anda juga masih bisa menikmati indahnya pemandangan sungai Musi, kawasan wisata sejarah ini juga semakin ramai ketika sore tiba, karena para wisatawan ingin melihat indahnya sunset.
6. Air Terjun Lematang Indah
Lokasi ini sangat tepat dikunjungi ketika anda ingin berwisata air, lokasinya terletak di kota Pagar Alam dan merupakan lokasi wisata alam yang terkenal.
Air Terjun Lematang Indah ini memiliki ketinggian 40 meter dengan aliran air yang tenang, bebatuannya juga masih sangat terjaga kealamiannya sehingga bisa digunakan untuk berfoto agar menambah kesan yang eksotis.
7. Masjid Cheng Ho
Dengan adanya Masjid Cheng Ho ini menandakan bahwa kota Palembang juga pernah terjamah oleh para pembawa ajaran Islam, namun uniknya masjid ini memiliki nuansa arsitektur China, padahal masyarakat China lebih dikenal sebagai penganut Konghucu.
Berada di Masjid Cheng Ho ini akan membuat kita menyadari bahwa keberagaman di Indonesia sangatlah indah jika semuanya saling menghargai.
Setelah puas mengunjungi semua tempat wisata yang ada di Kota Palembang kini saatnya untuk kita menelusuri wisata kuliner yang tentu saja tidak hanya pempek.
a) Tekwan
Tekwan sebenarnya adalah bentuk lain dari pempek, karena memiliki bahan baku yang sama hanya saja penyajiannya yang berbeda. jika pempek disajikan dalam bentuk gorengan maka berbeda dengan tekwan yang disajikan dengan kuah dan mirip dengan soup.
Makanan khas Palembang ini juga dikenal sebagai baksonya orang Palembang, dan uniknya tidak hanya menyajikan cita rasa yang gurih dan lezat saja namun tekwan juga terasa segar sebab di dalamnya juga terdapat buah bengkuang.
b) Lenggang
Makanan yang unik dari kota Palembang memang tak lepas dari pesona pempek, sebab Lenggang adalah olahan makanan berupa telur dadar yang didalamnya diisi dengan pempek. Makanan ringan ini terasa sangat nikmat dan tidak membuat perut merasa kenyang sehingga sangat pas jika dikonsumsi saat bersantai.
c) Kerupuk Ikan Palembang
Kerupuk adalah makanan ringan yang sangat fenomenal di Indonesia, dan salah satu jenis kerupuk yang paling terkenal adalah yang berasal dari kota Palembang ini, karena menggunakan bahan baku berupa ikan tenggiri ataupun ikan laut lain.
Selain lezat dan nikmat untuk dijadikan lauk, kerupuk ikan Palembang juga memiliki kandungan gizi yang baik.
d) Pindang Palembang
Jika di wilayah lain pindang adalah sebutan untuk ikan laut yang biasanya bisa kita dapatkan di warung-warung, namun berbeda dengan Pindang Palembang.
Meskipun sama-sama masih berkaitan dengan ikan laut, namun Pindang Palembang merupakan nama masakan khas dari Palembang yang memiliki rasa manis, asam dan pedas.
Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak Pindang Palembang ini terinspirasi oleh bumbu Tom Yam salah satu jenis masakan legendaris dari negeri Gajah Putih atau Thailand.
e) Mie Celor Palembang
Olahan mie yang satu ini pasti akan menggugah selera para pencinta mie, karena Mie Celor Palembang terasa sangat lezat dan gurih berkat adanya komposisi berupa kaldu udang, santan yang super kental dan juga telur rebus.
Tidak lupa untuk memberikan rasa yang segar, sajian Mie Celor Palembang juga ditaburi dengan daun seledri yang masih hijau.
Kini anda tidak akan merasa bingung untuk berwisata di Kota Palembang, karena selain memiliki banyak destinasi wisata, kota ini juga memiliki sajian kuliner yang bergizi karena hampir semuanya berhubungan dengan ikan laut.