Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Gresik

Tempat Wisata Alam Dan Kuliner Di Gresik
Dikenal sebagai kawasan industri, Kabupaten Gresik yang secara geografis letaknya sangat dekat dengan Kota Surabaya tidaklah seperti yang ada di bayangan kita dimana pada umumnya Kawasan Industri memiliki udara yang panas, gersang dan sangat tidak menyenangkan.
Sebaliknya Gresik menyimpan pesona wisata yang tak kalah indah dengan kawasan wisata yang ada di kota Malang sekalipun. Dengan demikian Gresik sebenarnya tidak hanya dikenal sebagai kabupaten yang menghasilkan semen tingkat nasional saja tetapi juga memiliki pesona wisata yang sangat memikat.
Saat berada di Kabupaten Gresik beberapa destinasi wisata berikut ini bisa anda kunjungi.
1. Pulau Bawean
Berada di tengah laut Jawa tidak membuat para pecinta travelling enggan untuk mengunjungi Pulau Bawean yang masih masuk dalam kategori wilayah kabupaten Gresik. Letak Pulau Bawean cukup jauh dari pusat kota Gresik yaitu 120 km.
Meskipun lokasinya cukup jauh di Pulau Bawean ini nantinya anda akan menjumpai destinasi wisata yang komplit mulai dari wisata pantai, Air Terjun, pemandian air panas dan gugusan kecil pulau yang disebut dengan pulau Noko yang anda juga bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki saat air laut sedang surut.
Di Pulau Bawean ini anda juga akan menemui satwa yang merupakan maskot dari Kabupaten Gresik yaitu Rusa Bawean atau Axis Kuhli.
2. Pantai Delegan
Hamparan pasir putih yang luas dan air laut yang berwarna biru cerah menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk mengunjungi pantai di desa Delegan, kecamatan Panceng, kabupaten Gresik ini.
Pantai Delegan sangat familiar dan populer di Kabupaten Gresik yang meskipun fasilitasnya masih terbatas tetapi Pantai Delegan selalu ramai pengunjung saat hari libur tiba.
3. Telaga Ngipik
Dari namanya tentu kita sudah familiar bahwa istilah Ngipik memang sangat lekat dengan kosakata suku Jawa, keindahan Telaga yang ada di pusat Kawasan Industri ini seolah bagaikan oase di tengah padang pasir yang tandus.
Di Kabupaten Gresik Telaga Ngipik ini juga dikenal dengan nama Taman Wisata Giri Wana Tirta, namun demikian di lokasi ini para pengunjung tidak diperkenankan untuk mandi, melainkan hanya untuk melihat pemandangan, pepohonan yang masih rimbun dan hijau serta hembusan angin yang menyegarkan.
Lokasi Telaga Ngipik tidak jauh dari alun-alun kota Gresik, yang kurang lebih jaraknya hanya 1,5 KM saja.
4. Gunung Kapur Sekapuk
Sebenarnya kawasan ini bukanlah kawasan wisata yang terbentuk secara alami, Gunung Kapur berada di desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Pahatan Gunung Sekapuk terbentuk dari aktivitas warga sekitar yang melakukan penambangan dan secara tidak sengaja membentuk goa yang bisa dimasuki oleh orang dewasa.
Pilar-pilar yang ada di gunung Kapur Sekapuk ini juga terlihat sangat menarik serta natural sehingga bisa dijadikan lokasi yang tepat untuk mengambil foto karena suasananya yang mirip dengan film-film Fantasi.
5. Bukit Jamur
Bukit Jamur terletak di kecamatan Bungah Kabupaten Gresik, dinamakan dengan Bukit Jamur karena memang di tempat ini terdapat banyak sekali jamur-jamur raksasa yang tentunya tidak bisa dimasak karena merupakan bongkahan batu yang mengalami erosi di bagian bawah akibat terjangan aliran air yang deras sehingga secara tidak sengaja membentuk gugusan seperti jamur.
Untuk mengunjungi Bukit Jamur ini direkomendasikan pada saat sore hari atau menjelang matahari terbenam karena pemandangan langit dengan sinar keemasan yang berpadu dengan jamur-jamur raksasa membuat suasana di Bukit Jamur ini semakin mengesankan. Untuk mencapai lokasi Bukit Jamur ini juga tidak jauh, karena bisa anda kunjungi bersamaan ketika menuju kawasan Gunung Kapur Sekapuk sebab jarak kedua lokasi ini hanya 5 km saja.
6. Goa Gelang Agung
Kawasan wisata yang satu ini terbentuk secara natural dan bukan dari bekas kegiatan masyarakat setempat yang berkaitan dengan penambangan, Goa Gelang Agung bisa anda jumpai di Kecamatan Bungah.
Goa Gelang Agung memiliki pintu yang cukup lebar dan memiliki panjang kurang lebih 4 km, didalamnya terdapat beberapa ruangan yang juga terbentuk secara alami yang konon di masa lalu dijadikan sebagai tempat bertapa.
7. Banyu Biru Lowayu
Sesuai dengan namanya Sendang ini memiliki air dengan warna biru yang alami dan bukan buatan, meskipun terkesan aneh karena di sekitar lokasi Banyu Biru Lowayu air yang ada di rumah warga berwarna putih bening.
Warnanya yang khas dan unik inilah yang menjadikan Banyu Biru Lowayu memiliki daya tarik tersendiri untuk juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kabupaten Gresik.
• Wisata kuliner Kabupaten Gresik
Sebagai salah satu kawasan yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Gresik juga menyimpan berbagai macam olahan Cita Rasa Nusantara yang khas, karena memang masyarakat Jawa terkenal dengan berbagai macam jenis rempah-rempah yang semakin meningkatkan rasa lezat pada masakannya.
Di antara beberapa sajian kuliner yang wajib Anda coba saat berada di Kabupaten Gresik adalah :
I. Nasi krawu
Nasi krawu adalah sajian khas dari kota Gresik yang barangkali tidak bisa anda jumpai di kota lain. Nasi krawu terdiri dari nasi putih yang dilengkapi dengan lauk berupa serundeng, sambal petis belacan dan biasanya nasi krawu disajikan dengan bungkus daun pisang sehingga rasanya lebih berciri khas Nusantara.
II. Sego Roomo
Makanan yang satu ini juga hanya bisa anda jumpai di Kabupaten Gresik, yang teksturnya sangat lembut mirip dengan bubur tetapi rasanya gurih karena menggunakan udang sangrai sebagai toppingnya.
Dinamakan dengan Sego Roomo karena pencetus olahan masakan ini adalah masyarakat yang berada di desa Roomo Kecamatan Manyar.
III. Warung apung Rahmawati
Di rumah makan ini anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner tradisional khas Nusantara tetapi diolah dan disajikan secara modern. Diantara menu-menu yang ada di Warung Apung Rahmawati yang bisa Anda coba adalah ayam bakar bumbu rujak, ayam kremes dan berbagai macam olahan kepiting. Di rumah makan Warung Apung Rahmawati ini Anda juga bisa mencoba berbagai macam jenis olahan seafood dan di sini anda juga akan menjual berbagai macam jenis ikan.
IV. Otak-otak bandeng
Bagi anda yang menyukai ikan bandeng bisa berkunjung ke Kabupaten Gresik karena di sini anda bisa menemukan otak-otak bandeng yang sangat lezat dan selain bisa anda konsumsi di tempat Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh.
V. Martabak Mi Usus
Jika selama ini anda sering mengkonsumsi martabak telur yang menggunakan isian berupa daging sapi ataupun daging ayam, saat di Kabupaten Gresik Anda bisa mencoba merasakan kelezatan martabak yang isinya adalah usus ayam, bihun dan telur. Ada banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan martabak mi usus ini dan uniknya untuk menikmati martabak ini anda akan mendapatkan satu plastik kecil sambel petis udang dan juga acara timun.
VI. Ndog Iwak Bader
Ndog dalam bahasa Jawa adalah telur, jadi makanan ini menggunakan bahan baku berupa telur ikan Bader untuk dijadikan sebagai bothok yaitu jenis makanan yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Untuk meningkatkan cita rasanya olahan masakan ini juga ditambahi dengan bumbu-bumbu berupa bawang, cabai dan telur ayam.
Informasi yang berkaitan dengan kawasan wisata alam dan juga wisata kuliner yang ada di Kabupaten Gresik ini akan memberikan Anda panduan untuk bisa menikmati liburan di kota industri ini.