Kumpulan Contoh Struktur Penulisan Teks Eksposisi Yang Benar

Contoh Teks Eksposisi ~ Saat membeli obat ataupun makanan yang memerlukan proses memasak seperti mie instan ataupun pasta serta bahan kue tentu saja kita sering membaca penggunaan ataupun dosis yang perlu diberikan kepada orang yang ingin meminum obat tertentu ataupun vitamin, tulisan ataupun petunjuk penggunaan tersebut pada umumnya tidak terlalu panjang dan lebih kepada pesan yang singkat tetapi padat akan informasi hingga setiap orang yang membacanya akan langsung paham dan bisa melakukan instruksi dengan baik.

Taukah anda bahwa informasi yang ada pada label obat ataupun bungkus makanan tersebut disebut dengan teks eksposisi, sekumpulan kata-kata yang tidak terlalu panjang namun memiliki tujuan untuk menginformasikan segala sesuatunya dengan lebih jelas dan akurat. teks eksposisi juga bisa anda jumpai pada berita yang dimuat di koran, membuat teks oposisi memang tidak mudah karena diperlukan keahlian dan juga keterampilan, salah satu tantangannya adalah Anda harus menerangkan maksud yang ingin anda sampaikan dengan kata-kata yang sangat singkat sehingga orang tidak akan terlalu merasa bertele-tele ketika membaca tulisan anda.

teks eksposisi

Untuk Anda yang masih awam dengan jenis teks eksposisi ini berikut akan diperjelas mengenai ciri-ciri dari wujud teks eksposisi :

– Memiliki kesan bahwa teks tersebut atau tulisan tersebut mengajak anda untuk melakukan sesuatu.

– Jenis bahasa yang digunakan memang terkesan lugas dan singkat termasuk juga gaya tulisannya yang sangat formal di samping itu teks eksposisi juga selalu menggunakan jenis bahasa baku sehingga untuk Anda yang benar-benar ingin menyusun teks eksposisi ini tidak diperkenankan untuk menggunakan bahasa gaul yang mungkin saat ini sedang trend di masyarakat.

– Teks eksposisi akan memberikan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan baik pengetahuan umum maupun pengetahuan khusus.

– Bersifat netral sehingga tidak memihak kepada siapapun, sehingga pada nantinya pembaca akan bisa menyimpulkan sendiri sesuai dengan pertimbangannya.

– Informasi yang disampaikan bersifat objektif dan tidak hiperbolis ataupun mengurangi informasi yang memang seharusnya dituliskan.

– Teks eksposisi berisi dengan informasi yang benar-benar tajam karena disertai dengan data dan data tersebut merupakan jenis data yang benar-benar akurat dan sesuai dengan kenyataan dilapangan.

Ciri-ciri dari teks eksposisi tersebut di atas hendaknya harus disertakan saat Anda menyusun teks eksposisi agar nantinya karya anda bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, adapun untuk jenis-jenis eksposisi memang cukup banyak dan diantaranya adalah eksposisi definisi, eksposisi proses, eksposisi ilustrasi, eksposisi laporan, eksposisi perbandingan dan eksposisi pertentangan.

Dengan semakin lengkapnya jenis-jenis eksposisi yang ada maka masyarakat lebih leluasa untuk memilih jenis bacaan yang sesuai dengan keinginan mereka jika hanya ingin mendapatkan informasi dan data-data yang lebih akurat maka anda cukup membaca jenis eksposisi definisi.