Teknik Scratch Lengkap Dalam Betabox

Teknik Scratch Lengkap Dalam Betabox – Jika bicara mengenai scratch memang bukan sesuatu yang mudah untuk dan jika ingin bisa praktek scratch dengan baik, maka ada beberapa tips berbeda – beda yang bisa kamu praktekkan.

Scratch yang umum dalam beatbox di bagi menjadi 3 bagian yakni

  • Electro Scratch
  • Whistle scratch
  • Vocal Scratch

BACA JUGA: Tutorial Lengkap Effect Beatbox Rimshot Snare

Teknik Scratch Lengkap Dalam Betabox
Teknik Scratch Lengkap Dalam Betabox

Electro Scratch

Electro scratch merupakan teknik scratch yang paling mudah untuk kamu para newbie, selain caranya cukup mudah.

Caranya, kamu hanya perlu mengucapkan “CHEWI”, “CHEWI-CHA”, ato “CHEWI-CHIKA”.
Akan tetapi tidak hanya sekedar mengucapkan saja, letakkan lidah kamu di atas langit langit mulut dan saat berbicara akan terdengar seperti suara tercekik.

Jika artikulasi mulut sudah didapatkan, maka silahkan kamu coba kembali mengucapkan “CHEWI”, “CHEWI-CHA”, ato “CHEWI-CHIKA”.

Ini bisa dipadukan dengan beat

Bm – Chewi Chika Bm – K – Chewi-Chika Bm – (coba ulang tiap bar

Whistle Scratch

Whistle scratch juga cukup mudah untuk dilakukan, letakkan lidah di bagian depan ke bagian bawah gigi dan biarkan menempel pada gusi bagian bawah dan coba gerakkan secara naik turun dan dengan gerakan naik turun ini maka suara yang dihasilkan akan seperti sebuah siulan.

Vocal Scratch

Teknik vocal scratch agak sedikit sulit untuk dilakukan, namun jenis scratch ini yang paling bisa merebut perhatian penonton pada saat perform dan awal memainkannya akan terdengar agak aneh, namun dalam teknik ini juga dibutuhkan sebuah teknik yang harus benar – benar dikuasai.

1#. Ventriloquism: cobalah berbicara namun tanpa menggerakkan bibir dan hanya memakai tenggorokan belakang dan juga lidah untuk membunyikannya.

2#. Cobalah untuk bicara dengan normal yang ingin kamu scratch namun dengan menggunakan teknik ventriloquism tersebut.

3#. Sesudah itu tambahkan dengan suara dan jika dalam bernyanyi dinamakan falset, buat nada dengan falset yang tinggi dan biasanya memakai hidung dan tambahkan dengan ventriloquism tersebut dan sebutkan kata yang ingin kamu scratch.

4#. Gunakan lidah dan mulut untuk mengubah suara sehingga lebih terdengar seperti bunyi scratch.

Sebagai contoh, cobalah menyebutkan kata ERA dan potong potong atau rubah suara dengan menggunakan mulut dan lidah kamu sambil menggunakan keempat tips di atas.

Ra – ERA – EWE – E – RA

Selanjutnya cobalah untuk berlatih dengan menaikkan serta menurunkan suara dengan cepat dan mulai dari yang agak rendah menuju falesto dan di ulang secara terus menerus.

Berlatih secara bolak balik setiap kata semirip mungkin dengan turbtable, ucapkan sesuatu dengan normal lalu berhenti sebentar dan ucapkan kembali dari huruf terakhir menuju depan dan dalam hal ini yang cukup susah untuk dilakukan adalah intonasi yang juga ikut di bolak balik.

Contoh

JAZZ –> JAZZ (break & reverse) ZHAJ (break & fwd) JAZZ

Jika dalam tempo yang lebih cepat maka akan sama dengan ERA scratch, hyang perlu kamu ketahui adalah piringan hitam yang umumnya digunakan untuk scratch umumnya ditandai dengan semacam sticker dan itu merupakan beberapa bunyi yang ada dan langsung terpotong.

Jika diterapkan dalam beatbox, maka kamu bisa menirukan suara bunyi terpotong tersebut dengan mulut tertutup.

Contoh

JAZZ –> JAWRAP JAWRAP JAZZ (WR di situ maksudnya kayak R di ERA scratch).

Demikian pembahasan dari belajarbeatbox.xyz kali ini mengenai belajar teknik scratch secara lengkap dalam beatbox, semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktekan dengan mudah oleh kamu, terima kasih.