Kumpulan Contoh Penulisan Surat Pernyataan Resmi Yang Benar

Surat pernyataan biasanya dibuat oleh seseorang atau individu yang berkaitan dengan hal-hal di masa mendatang atau bisa juga dengan hal-hal yang berkaitan dengan kesalahpahaman di masa lalu. Ada banyak sekali jenis surat pernyataan dan sudah pasti setiap jenis surat pernyataan tersebut harus menggunakan bahasa formal dan kosakata yang baku karena termasuk dalam jenis surat resmi.

Tidak sedikit juga surat pernyataan yang memiliki kekuatan hukum, di mana orang yang membuat surat pernyataan tersebut bisa diperkarakan sesuai dengan jalur hukum yang berlaku jika apa yang tertulis berlainan dengan fakta yang ada.

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pernyataan yang mungkin salah satunya bisa anda manfaatkan untuk dijadikan referensi.

Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua

Surat pernyataan penghasilan dari orang tua ini biasanya berkaitan dengan jenis pendidikan yang sedang ditempuh oleh anak atau putra-putrinya, umumnya surat pernyataan penghasilan dari orang tua ini akan meringankan pembiayaan saat menempuh pendidikan di instansi sekolah tersebut baik yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas atau bisa juga mereka yang sudah menjadi calon mahasiswa.

Dengan adanya surat pernyataan penghasilan dari orang tua tersebut maka siswa akan lebih mudah dalam melakukan pembayaran yang pada umumnya akan terasa lebih ringan, dan jenis surat ini termasuk dalam golongan surat yang memiliki kekuatan hukum dimana jika surat pernyataan yang dibuat oleh orang tua tersebut tidak sesuai dengan kenyataan maka Orang tua harus siap untuk diperkarakan karena dianggap membohongi atau memasukkan keadaan.

Berikut ini adalah contoh surat pernyataan pendapatan orang tua yang dibuat untuk bisa mendapatkan keringanan pembiayaan di salah satu universitas.

SURAT PERNYATAAN PENGHASILAN ORANG TUA

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama : Abdul Razak
Pekerjaan : Pedagang
Penghasilan / Bulan : Rp 3.500.000;
Alamat Pekerjaan : Jl. Mancanegara No.99 Magelang

Dengan ini kami sampaikan pernyataan bahwa :

a) Surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya-benarnya serta tanggung jawab penuh jika dikemudian hari data-data yang kami berikan tidaklah sesuai dengan fakta, maka kami tidak keberatan untuk dikenakan sanksi berupa dikeluarkan dari proses belajar di Universitas Gajah Mada Jogjakarta.

b) Kami siap untuk diusut melalui jalur hukum yang berlaku jika ternyata kami menyatakan ketidak-benaran yang disengaja.

c) Surat Pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagai persyaratan Registrasi Mahasiswa Baru di Universitas Gajah Mada Jogjakarta Tahun Akademik 2017/2018.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Mengetahui, Jogjakarta, 02 Agustus 2017

Kepala Desa Wali Calon mahasiswa

Mengetahui
Camat …………………………………….
(…………………………………………….)
NIP.

Contoh Surat Keterangan Penyesalan

Surat pernyataan penyesalan yang Berikut ini adalah jenis surat pernyataan yang berkaitan dengan kejadian di masa lampau, ya itu berubah pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu siswa di sekolah karena sering membolos atau tidak masuk sekolah tanpa izin dan keterangan dalam waktu yang cukup lama dan berturut-turut.

Tujuan dari dibuat surat pernyataan penyesalan ini adalah keinginan dari siswa tersebut untuk tetap mengikuti pelajaran yang diselenggarakan di sekolah meskipun pada nantinya harus menerima sanksi atau hukuman terlebih dahulu.

SURAT PERNYATAAN
Malang, 25 Juli 2017
Yang bertanda tangan di bawah ini saya :
Nama : Melani Subejo
No. Induk Siswa : 0036
Kelas : XI IPA 2
Sekolah : SMA N 17 Malang

Melalui surat pernyataan ini saya menyatakan bahwa saya sangat menyesal atas perbuatan yang telah melanggar peraturan sekolah karena tidak hadir dan tidak mengikuti pelajaran tanpa izin selama 1 minggu secara berturut-turut, yaitu pada tanggal tertanggal 15 Juli 2017 hingga 21 Juli 2017.

Atas pelanggaran yang saya lakukan tersebut saya bersedia menerima sanksi ataupun hukuman dari pihak sekolah dan saya berjanji serta berupaya untuk tidak mengulangi kesalahan saya tersebut.

Demikian surat pernyataan ini saya haturkan dan saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.
Malang, 25 Juli 2017
Hormat saya,

Melani Subejo

Tersebut diatas adalah beberapa contoh surat pernyataan yang salah satunya mungkin bisa anda jadikan referensi, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.