Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri Dari Tempat Bekerja

Surat Pengunduran Diri ~ Saat ingin mengakhiri kerja sama dengan sebuah perusahaan di mana mungkin anda sudah cukup lama bekerja pada perusahaan tersebut tentu saja membutuhkan etika yaitu penulisan surat pengunduran diri secara resmi dan ditujukan pada perusahaan di mana tempat anda bekerja.

Latar belakang dari pengunduran diri seseorang haruslah tepat agar nantinya bisa ditulis dengan baik di surat pengunduran diri tersebut, adakalanya seseorang mengundurkan diri akibat kondisi kesehatan yang mungkin sudah mengalami penurunan baik itu karena usia ataupun karena terjadi kecelakaan sebelumnya.

Dalam menulis surat pengunduran diri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketika anda menulis surat-surat lainnya untuk sebuah instansi atau perusahaan, yaitu dengan menggunakan bahasa yang formal dan juga sifatnya singkat dan informatif.

Meskipun anda sudah akan mengakhiri kerja sama dengan perusahaan tersebut tetapi dianjurkan untuk tetap mengucapkan terima kasih dan juga rasa bangga karena sudah pernah menjadi bagian dari perusahaan tersebut.
Berikut ini akan diberikan beberapa contoh mengenai surat pengunduran diri yang baik dan tepat.

Draft Penulisan Surat Resign

Contoh surat pengunduran diri dari tempat bekerja

Bandung, 2 Agustus 2017
Kepada Yth,
Manager PT Maslahah Tbk.
Jl. Majalengka No. 2
Bandung

Dengan hormat

Dengan perantara surat ini, saya sebagai Manager Pemasaran PT Maslahah Tbk., yang berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama atau (SKB) berkaitan dengan Ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, untuk itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Agus Bambang Wijoyanto
Departemen : PT. Maslahah Tbk.
Jabatan : Manager Pemasaran
No. Karyawan : 0824412

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Maslahah Tbk. Disebabkan oleh faktor kesehatan yang tidak memungkinkan untuk melaksanakan tugas lagi. Besar harapan saya perusahaan PT Maslahah Tbk. dapat memahami kondisi tersebut serta berkenan untuk memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri saya sampaikan, terima kasih atas perhatian serta dukungan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan selama saya bekerja.
Hormat saya,

[Tanda tangan]
Susilo Bambang Wijoyanto

Contoh surat pengunduran diriĀ  karyawan swasta

PT. Gudang Gula
Jalan Mangunkarso No. 146 Mojoagung
No. Tlp ( 0354 ) 67997669
==========================================================
Mojoagung, 17 Januari 2017

Nomor : ——
Lampiran : –
Prihal : Surat Pemberitahuan Pengunduran Diri Karyawan

Kepada Yth.
Dinas Ketenagakerjaan Kota Mojoagung
Di Mojoagung

Dengan Hormat,
Berkaitan dengan berlakunya Peraturan BPJS Ketenagakerjaan Nomor 7 Tahun 2017 mengenai pembayan Manfaat Jaminan Hari Tua sebagaimana tertuang dalam Pasal 4 ayat 3.
Bersama ini kami sampaikan Pengunduran Diri Karyawan kami yang bekerja di PT. Gudang Gula dengan data-data tenaga kerja sebagai berikut,

Nama : Miseni
NPK : 02479997
Alamat : Jalan Kaca Piring No. 98 Kediri

Adalah benar karyawan kami sejak tanggal 9 Februari 2002 sampai dengan 17 Januari 2017. Demikian surat ini dibuat untuk mendapatkan legalisir dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Mojoagung agar dapat dimanfaatkan dalam pengurusan BPJS Ketenagakerjaan ( Jaminan Hari Tua ) oleh pihak yang bersangkutan.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,
PT. Gudang Gula

(jabatan)
Tembusan, disampaikan kepada Yth. BPJS Ketenagakerjaan

Contoh pernyataan keterangan mengundurkan diri

PT. MAJU BERSAMA KITA
Jalan Merpati Terbang No. 59 Lampung
No. Tlp. ( 0123 ) 9988893
======================================================
SURAT KETERANGAN PENGUNDURAN DIRI

Lampung, 9 Januari 2017
Yang bertanda tangan di bawah ini.
Nama : Mijan Toinem
Jabatam : Supervisor
Menyatakan bahwa :
Nama : Lionel Messi
Jabatan :Staff Gudang

Adalah benar bahwa yang bersangkutan salah satu karyawan PT Maju Bersama Kita yang mulai bergabung dengan perusahaan sejak tanggal 8 Maret 2011, dan terhitung sejak tanggal 9 Januari 2017 telah mengundurkan diri dari perusahaan atas keinginan sendiri dan tanpa pasksaan dari pihak manapun.

Atas dedikasi yang bersangkutan selama ini, Perusahaan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya dan semoga selalu sukses di masa mendatang.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dimanfaatkan dengan sebagaimana semestinya.

Hormat kami,

ttd ttd
( Lionel Messi ) ( Mijan Toinem )
Tersebut di atas adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang umum digunakan, semoga bermanfaat.