Skema Kredit Rumah DKI Jakarta DP 0 Rupiah

Skema Kredit Rumah DKI Jakarta DP 0 Rupiah – Berbicara tentang program pembiayaan untuk perumahan dengan pembayaran uang muka DP sebesar 0 rupiah ini pada umumnya diperuntukkan untuk warna DKI Jakarta yang ingin mengajukan kredit rumah DKI Jakarta. Kredit ini pada umumnya hanya ditujukan untuk para warga DKI yang mempunyai penghasilan sampai dengan 7 juta rupiah saja, dan harus belum mempunyai sebuah property.

Skema Kredit Rumah DKI Jakarta DP 0 Rupiah

Harga rumah yang bisa diajukan kredit rumah DKI Jakarta ini adalah sebesar 350 juta rupiah, dan harus berada di kawasan Jakarta. Bila Anda ingin mengajukan program ini, maka Anda harus mempunyai rekening bank yang masih aktif setidaknya selama 6 bulan sampai dengan 12 bulan penuh.

Baca juga: Syarat Mengajukan Kredit Rumah Wilayah Palembang

Tabungan inilah yang nantinya bisa digunakan sebagai bukti bahwa warga DKI Jakarta tersebut mampu membayar angsurannya setiap bulan. Sementara untuk jumlah tabungan yang wajib dibayarkan setiap bulan adalah senilai 2,3 jutaan rupiah setiap bulan. Hal ini mengikuti skema pembiayaan sampai dengan 20 tahun.

Sesudah Anda memenuhi persyaratan itu, warga DKI Jakarta yang telah mengikuti program ini bisa mengajukan program kredit rumah DKI Jakarta tersebut lewat bank yang telah ditunjuk sebelumnya. Setelah itu, pihak pemerintahan provinsi nanti akan memberi sebuah subsidi untuk KPR dari simanan dana APBD lewat pihak bank itu.

Pembayaran cicilan lewat bank ini nanti bisa meliputi, angsuran uang muka yang akan dipinjami oleh pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta dan juga cicilan setiap bulan dari pembiayaan yang sudah Anda dapatkan tersebut.

Pengaruh terhadap Cicilan

Dilihat dari skema kredit rumah DKI Jakarta yang sudah kami jelaskan di atas, program untuk DP sebesar 0 rupiah ini sebenarnya tidak menghilangkan kewajiban untuk membayar DP dari kredit rumah itu sendiri. Namun, yang menjadikan ini terasa berbeda itu adalah, kini Anda tidak harus membayar uang DP tersebut di awal angsuran. Hal ini dikarenakan uang tersebut sudah ditalangi oleh pihak Pemprov DKI lewat APBD yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Jadi, dalam hal ini, Anda masih tetap harus membayar uang muka tersebut menggunakan skema cicilan yang jauh lebih ringan di setiap bulannya, berdasarkan pembagian dari system pembayarannya. Namun meskipun begitu, program ini masih mempunyai kekurangan yang banyak lebih dari kredit rumah pada umumnya. Misalnya saja dari segi pembiayaan yang telah disiapkan, resiko, kriteria untuk penerima subsidi yang terbatas, dll.

Namun, kita tetap berharap supaya program ini nanti bisa mengatasi semua permasalahan atas perumahan masyarakat yang sulit dijangkau di kota besar, misalnya saja di DKI Jakarta. Jadi, kesimpulannya disini adalah, program kredit rumah DKI Jakarta dengan DP 0 rupiah ini sebenarnya tidak begitu berpengaruh dengan cicilan yang harus Anda bayarkan.

Namun, dengan adanya program kredit rumah dengan DP 0 rupiah ini diharapkan bisa meringankan beban para warga DKI Jakarta untuk mengajukan kredit rumah di wilayah ini.  Karena, seperti yang telah diketahui, bahwa angsuran rumah dan juga uang DP yang harus dibayarkan dalam membeli rumah di wilayah DKI Jakarta kini sangat tinggi. Sehingga, Anda harus lebih berusaha keras agar Anda bisa mendapatkan sebuahr umah di wilayah ini.

Tapi, dengan hadirnya program inilah nantinya diharapkan para warga masyarakat yang memiliki pendapatan yang rendah masih memiliki kesempatan yang sama untuk mempunyai sebuah rumah. Sama seperti orang-orang pada umumnya.