Sebelum Memilih Kredit Rumah Cicilan 500Rb, Simak Suku Bunganya Lebih Dulu

Permasalahan seputar pinjam meminjam uang itu pada dasarnya sudah biasa dalam kehidupan kita sehari – hari. Apalagi jika hal ini dikaitkan dengan property. Banyak orang sekarang ini mencari angsuran kredit rumah cicilan 500rb, karena dianggap sangat ringan. Namun, tahukah Anda jika Anda meminjam uang ke bank, maka artinya Anda harus mengembalikannya dalam jumlah yang jauh lebih besar?

Baca juga: Ini Cara Mendapat Kredit Rumah Btn Di Indramayu yang Murah

Hal ini tentu saja karena bank ada system bunga kredit atau bunga untuk pinjaman. Jadi, misalnya Anda mengajukan pinjaman kredit rumah cicilan 500rb, maka Anda akan mendapatkan bung kredit dari bank. Jadi, jumlah dana yang harus dilakunasi menjadi lebih banyak dari harga rumah yang Anda inginkan.

Sebelum Memilih Kredit Rumah Cicilan 500Rb, Simak Suku Bunganya Lebih Dulu

Yang jadi pertanyaan adalah, berapakah besar bunga yang dikenakan oleh bank untuk kredit rumah cicilan 500rb Anda? Sebelum itu, Anda harus memahami suku bunganya terlebih dahulu sebagai acuan jika Anda ingin membeli rumah dengan angsuran tersebut. Berikut ini adalah acuan suku bunga yang harus dipahami sebelum kredit rumah, antara lain:

Suku Bunga Bank Indonesia

Berdasarkan BI rate, suku bunga itu memperlihatkan atau menunjukkan kebijakan dari sikap moneter dari Bank Indonesia untuk disampaikan ke public. Sehingga, besarannya pun juga berubah – ubah disesuaikan dengan ekonomi saat ini.

Namun, kini BI menetapkan suku bunga untuk dijadikan sebagai acuan baru, bernama BI 7 Day Repo Rate yang akan dievaluasi setiap tahun atau bahkan lebih dalam setiap bulannya yang lebih akurat lagi untuk pelaku bisnis, dari industry perbankan, sector riil, dan juga pasar uang.

Suku bunga ini sudah aktif dari 19 Agustus 2016. Jadi, kini Anda bisa melihat besaran suku bunganya tersebut dari situs resminya.

Yang pasti, semua kredit rumah cicilan 500rb dari bank itu selalu mengacu pad asuku bunganya. Jika BI Rate ini naik sebanyak 50 bais point, itu artinya bank lainnya akan langsung menaikkan suku bunga kreditnya sebanyak 50 basis point. Hanya saja ada beberapa bank juga yang memberikan penawaran untuk produk KPR berbasis BI Rate untuk menarik nasabahnya.

Hal ini dikarenakan, suku bunga yang terlihat menjadi lebih rendah, dari suku bunga dari kredit bank pada umumnya. Padahal, besaran BI rate itu bukan sebagai bunga final yang dibayarkan. Karena masih ada variable yang lainnya juga yang harus ditambahkan.

Misalnya, BI rate naik sebesar 7%, maka bunga kredit rumah cicilan 500rb Anda akan menjadi sebanyak 12% begitu juga seterusnya sampai setiap bulan. Jadi, sebaiknya selalu cek besaran bunga final yang harus dibayarkan sebelum terkecoh.

Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia

Ini adalah surat berhargadari Bank Indonesia demi mengatur adanya peredaran uang yang terjadi di pasar. Suku bunga ini dibaut ketika ada pelelangan SBI selama 1 periode di waktu tertentu. Namun, SBI ini memiliki beberapa tenor, sehingga besaran suku bunganya menjadi tidak sama. Karena itulah, jika Anda ingin mengambil jenis ini, sebaiknya lihatlah dari SBI tenornya lebih dulu. Selain itu, selalu cek lah hasil lelang dari SBI di situs resminya supaya Anda tidak kaget saat terjadi kenaikan bunga.

Itu tadi adalah acuan jika Anda ingin mengajukan kredit rumah cicilan 500rb yang bisa Anda pahami. Dengan memahami beberapa acuan di atas, tentu kini Anda bisa lebih memahami manakah yang paling menguntungkan jika Anda mengajukan kredit rumah di sebuah bank.