Resep Espresso Chocolate Cake Dengan Coffee Cream

Resep Espresso Chocolate Cake Dengan Coffee Cream – Salah satu resep olahan coklat yang akan kami bagikan kali ini adalah sebuah cake yang menggunakan dark chocolate dan espresso serta tambahan cream kopi yang semakin melengkapi citarasa dari cake yang satu ini.

Penjelasan bahan cake

  • Dark chocolate: Dark chocolate merupakan coklat batangan yang berwarna coklat pekat dan rasanya lebih terasa coklatnya serta agak sedikit pahit sebab tidak mengandung susu di dalamnya.
  • Espresso: Espresso adalah kopi bubuk yang sangat halus dan sangat pekat serta memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.
  • Salted Butter: Salted butter terbuat dari susu sapi dan mengandung 80% lemak sehingga lebih mudah meleleh dalam suhu ruang dan dalam proses pembuatannya ditambahkan denan garam, beberapa contoh salted butter seperti Anchor, Orchid, Wijsman dan Golden Fern.
  • Brown sugar: Brown sugar adalah jenis dari gula pasir yang memiliki butiran lebih besar dan berwarna cokelat muda dan dalam proses pembuatannya ditambah dengan molases sehinga aromanya lebih harum dari gula pasir (contoh: Merbabu, Palmsuiker, CSR, Ricoman).

Setelah kami jelaskan beberapa bahan untuk membuat cake ini, sekarang waktunya untuk membahas tuntas cara membuat Espresso Chocolate Cake Dengan Coffee Cream dari caramembuatcoklat.xyz berikut ini.

resep-espresso-chocolate-cake-dengan-coffee-cream
resep-espresso-chocolate-cake-dengan-coffee-cream

Bahan – bahan Espresso Chocolate Cake

  1. 3 sendok teh tepung terigu (tambah sedikit ekstra untuk taburan loyang)
  2. 250 gram dark chocolate, cincang kasar
  3. 250 gram salted buter, potong kasar (tambahkan sedikit ekstra untuk olesan)
  4. 1 sendok teh bubuk espresso instan
  5. 6 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
  6. 4 sendok teh brown sugar
  7. 175 gram caster sugar atau gula kastor
  8. 1/2 sendok teh cream of tartar
  9. 4 sendok teh almond giling
  10. Coklat bubuk secukupnya (untuk penyajian)

Bahan – bahan coffee cream

  1. 300 ml double cream
  2. 1 sendok teh espresso bubuk instan

Cara membuat Espresso Chocolate Cake

1#. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat celcius dan siapkan loyang ukuran 22 cm lalu olesi dengan butter dan alasi dengan kertas roti, olesi kembali kertas roti dengan buter dan taburi sedikit tepung terigu, sisihkan.
2#. masukan coklat dan butter dalam wadah anti panas dan Lelehkan coklat dan juga butter dalam pan yang sudah diisi dengan air mendidih, aduk dengan whisk sampai tercampur merata.
3#. Setelah tercampur merata tambahkan dengan espresso bubuk dan aduk rata kembali, sisihkan.
4#. Siapkan wadah lain lalu kocok kuning telur bersama dengan brown coklat dengan whisk selama 5 sampai 10 menit sampai mengental dan sedikit kaku.
5#. Siapkan wadah bersih lain lalu masukkan putih telur lalu tambahkan dengan cream of tartar lalu kocok dengan whisk atau mixer sampai halus dan kaku, sisihkan.
6#. Masukan campuran coklat kedalam kocokkan kuning telur dan gula dan aduk secara perlahan sampai tercampur rata.
7#. Masukkan adonan putih telur sesendok demi sesendok kedalam campuran adonan dan aduk kembali secara perlahan sampai tercampur rata.
8#. Tuangkan adonan kedalam loyang dan panggang selama 40 sampai 45 menit sampai cake terlihat set namun tetap pada bagian tengah cake masih sedikit belum matang saat loyang digerakkan.
9#. Jika cake sudah mulai terlihat coklat segera lapisi bagian atasnya dengan kertas roti agar tidak matang merata.
10#. Biarkan cake dingin di dalam loyangnya dan akan sedikit set ketika cake sudah dingin.
11#. Keluarkan cake dari dalam loyang dengan dibantu pisau pada bagian pinggirnya jika terasa sulit lalu letakkan dipiring saji, sisihkan.
12#. Untuk membuat coffee creamnya, kocok cream dan juga espresso bubuk sampai sedikit kaku.
13#. Hias bagian atas cake dengan coffee cream dan taburi dengan coklat bubuk diatasnya, sajikan.

Itulah tadi resep cara membuat Espresso Chocolate Cake Dengan Coffee Cream yang kami harap bisa menginspirasi anda dalam membuat berbagai olahan dari bahan coklat, terima kasih.