Realistislah sebelum Mengajukan Kredit Rumah Via BPJS

Realistislah sebelum Mengajukan Kredit Rumah Via BPJS – Untuk yang belum memiliki sebuah rumah, dan ingin memiliki rumah, maka mengajukan kredit rumah via BPJS bisa menjadi pilihan paling tepat untuk Anda. Karena kabarnya sekarang ini proses untuk kredit rumah sudah semakin dipermudah saja. Sehingga, setiap orang bisa mengajukan kredit rumah dengan mudah seperti yang mereka inginkan. Dengan begitu, setiap orang bisa mempunyai rumah impian mereka.

Realistislah sebelum Mengajukan Kredit Rumah Via BPJS

Bahkan, kabar baiknya adalah, kini ada salah satu bank dari pemerintah yang telah merencanakan untuk menurunkan acuan suku bunga untuk jajaran single digit yang dipakai. Yaitu sebesar 7% sampai dengan 8% dari medio akhir bulan untuk tahun ini. Ini adalah salah satu kabar baik untuk mereka yang memiliki angsuran kpr ataupun yang baru saja akan mengajukan kredit rumah ini. Karena, sudah pasti efek terbaiknya dari kebijakan tersebut adalah angsuran kpr menjadi semakin lebih ringan.

Baca juga: Plus Minus Kredit Rumah Untuk TKI Tenor Panjang

Terlepas dari itu, sayangnya yang akan menjadi permasalahan dalam hal ini adalah kpr tersebut tidak akanberkaitan dengan angsuran yang harus dibayar tiap bulannya saja. Namun, akan lebih dari itu lagi. Ada banyak hal yang bisa Anda perhatikan untuk menjadi sebuah focus pertimbangan selain dari angsurannya. Yaitu, Anda harus siap secara finansial keseluruhan saat mulai mengajukan kredit rumah ini.

Dengan cara inilah Anda bisa lebih konsisten dan berkomitmen dalam membayar angsurannya setiap bulan. Dalam hal ini, kredit rumah itu umumnya ada yang tenornya 5 th sampai dengan puluhan tahun. Sehingga, Anda harus lebih realistis dalam mempertimbangkan pengajuan kredit rumah ini. Di bawah ini adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit rumah via BPJS, antara lain:

Perhitungkan Pendapatan Bulanan Anda

Ketika rumah idaman sudah sampai ke dalam benak Anda, namun ternyata gaji bulanan Anda tersebut hanya bisa digunakan untuk membayar angsuran kprnya belum juga untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Maka sebaiknya Anda jangan mengincar rumah itu. Karena sudah jelas sangat tidak realistis bila Anda tetap mengajukan kredit rumah untuk rumah pilihan Anda tersebut, sementara gaji Anda hanya cukup untuk membayar angsuran kprnya saja sudah langsung habis.

Ingatlah! Rumah memang boleh saja bagus. Namun tetap, dalam hal ini keseimbangan dari keuangan itu jauh lebih penting sebelum Anda mengambil kredit rumah via BPJS. Sebaiknya, pilih saja rumah yang sedang-sedang tanpa melebihi dari kemampuan Anda. Jangan sampai Anda tergadai hutang karena itu akan membuat kredit rumah menjadi macet.

Gaya Hidup

Selain hal tersebut, gaya hidup juga cukup berpengaruh sekali dengan konsistensi angsuran kpr Anda. Sekalipun gaji Anda sudah naik, tetap saja bila diimbangi dengan gaya hidup yang naik, maka tiu sama saja Anda telah bohong. Maka dari itulah, untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda buat saja peraturan seketat mungkin untuk diri Anda sendiri. Jangan sampai kondisi keuangan makin kacau setelah mengajukan kpr. Ingatlah! Saat Anda mengajukan kredit rumah, Anda harus siap untuk berkomitmen membayar hutang dalam waktu yang lama.

Biaya Sesudah Mempunyai Rumah Baru

Sesudah Anda mempunyai rumah baru, pastilah semua kebutuhan lagi harus juga dipenuhi. Misalnya saja untuk biaya lingkungan, untuk keamanan, untuk biaya furniture rumah, dll. Setidaknya Anda wajib punya gambaran itu sebelum Anda mengajukan proses kredit rumah via BPJS ini.  Karena, bila Anda hanya bermodalkan nekat, itu bisa membuat Anda mengalami kredit macet.