Plus Minus Kredit Rumah Untuk TKI Tenor Panjang

Plus Minus Kredit Rumah Untuk TKI Tenor Panjang – Isyarat yang diberikan oleh PUPR seputar perpanjangan tenor untuk kredit rumah untuk TKI ini adalah berita yang sangat menggembirakan bagi sebagian besar orang. Khususnya ini berlaku untuk mereka yang ingin mempunyai rumah idaman akan tetapi hanya memiliki pendapatan yang pas-pasan saja. Jadi, misalnya dulu tenornya hanya selama 20 th saja, sekarang ini menjadi sampai dengan 30 th.

Baca juga: Kurangi Angsuran dan Tenor Kredit Rumah Wahana Pondok Ungu

Tentu saja dengan adanya tenor yang lebih lama, ini bisa melegakan para masyarakat yang mempunyai pendapatan terbatas. Sehingga, mereka bisa lebih baik dalam mengatur keuangan mereka sambil melunasi angsuran kredit rumah untuk TKI tersebut. Yang pasti, salah satu bukti keuntungan nyata dari tenor yang panjang adalah jumlah angsuran setiap bulan yang harus dibayar menjadi berkurang lebih ringan.

Plus Minus Kredit Rumah Untuk TKI Tenor Panjang

Keuntungan dan Kekurangan Kredit Rumah untuk TKI dengan Tenor Panjang

Meskipun konsekuensinya adalah, jumlah bunga yang dibayarkan menjadi semakin lebih besar dan banyak. Karena inilah, tak heran bila banyak orang sering bingung untuk menentukan tenor panjang atau pendek. Nah, kali ini akan kami berikan kelebihan dan kekurangan dari tenor yang panjang, antara lain:

Keuntungan Kredit Rumah untuk TKI Tenor Panjang

Lebih Leluasa Mengatur Keuangan di Rumah

Ini adalah salah satu manfaat yang paling nyata untuk mereka yang mempunyai pola penghasilan bulanan yang rutin. Sekalipun pendapatannya pas-pasan, namun dengan tenor yang panjang ini bisa membantu mereka untuk mengontrol keuangan mereka untuk memenuhi semua kebutuhan sambil konsisten dalam membayar angsuran KPR nya. Ingatlah! Bahwa kpr dengan tenor panjang itu harus disiplin tinggi.

Angsuran Lebih Ringan

Dengan jumlah tenor kredit rumah untuk TKI yang panjang, maka angsuran yang dibayarkan menjadi lebih ringan. Sehingga, setiap nasabah memiliki kesempatan yang lebih untuk menggunakan uang pendapatan bulanan dengan sebaik-baiknya.

Kerugian Tenor Kredit Rumah untuk TKI yang Panjang

Beban psikologis

Tentu saja, salah satu kerugian dari mengambil masa tenor kredit rumah untuk TKI yang panjang adalah ini bisa memberikan beban psikologis tersendiri. Karena kebanyakan orang yang memiliki hutang pasti ingin agar semua hutangnya cepat lunas. Ini berbeda sekali untuk mereka yang sudah terlanjur mengambil tenor kredit rumah yang panjang. Sehingga, mereka harus lebih siap secara mental dan fisik untuk menanggungnya.

Sekalipun dari awal Anda sebenarnya telah menyadari tentang hutang yang dibayar dalam jangka panjang itu, namun tetap saja belum tentu Anda bisa siap untuk menanggung tentang beban psikologisnya itu.

Beban Biaya Makin Banyak

Dengan tenor kredit yang makin lama, maka beban biaya yang ditanggung semakin banyak pula. Sehingga, setiap bulan Anda harus membayar angsuran bunga yang lebih banyak lagi. Belum lagi bila hal tersebut ditambah pula dengan biaya untuk uang muka, dll.  Misalnya saja Anda membeli rumah dengan menggunakan pinjaman kredit rumah untuk TKI senilai 500 juta rupiah dengan masa tenor selama 5 tahun, maka bunganya kan jauh lebih rendah dan ringan bila dibandingkan dengan tenor yang 10 th bahkan lebih.

Fluktuasi Iklim Makro Ekonomi 

Ini adalah salah satu resiko bila terjadi krisis moneter atau sebuah kondisi perekonomian Negara yang sedang bermasalah, sehingga bisa menyebabkan terjadinya PHK besar-besaran dan lonjakan untuk bunga KPR. Bila hal ini terjadi, ini bisa menyebabkan terjadinya kredit macet pada sebagian besar kreditur.