Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi Batu Ginjal Dengan Bahan Alami

Penyebab Dan Gejala Batu Ginjal ~ Ginjal adalah organ yang paling penting dalam susunan tubuh manusia, tanpa ginjal yang berfungsi dengan baik maka kondisi kesehatan tubuh seseorang pasti akan menurun drastis. Sebab ginjal berperan sangat penting dalam menyaring segala jenis racun yang ada di dalam darah. Jika ginjal menunjukkan gejala abnormal maka racun-racun tersebut akan bebas mengalir bersamaan dengan aliran darah dalam tubuh kita.

Permasalahan pada ginjal tidak hanya terhenti sampai disitu saja, mereka yang mengalami gangguan ginjal akan disarankan untuk melakukan cuci darah demi membantu meringankan kerja ginjal. Namun ada juga permasalahan lain yang bersangkutan dengan ginjal yaitu adanya batu ginjal.

Secara medis penyakit batu ginjal ini disebut juga dengan Nefrolitiasis, dinamakan dengan penyakit batu ginjal karena memang di dalam ginjal terdapat material yang keras menyerupai batu, namun tentu saja benda tersebut bukanlah batu material bangunan, melainkan sisa-sisa limbah yang mengendap dan membentuk kristal dan sulit untuk dikeluarkan melalui urine.

Penyakit batu ginjal ini bisa dialami oleh siapa saja, tetapi pria memiliki resiko lebih besar menderita penyakit ini dibandingkan wanita. Bagi Anda yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas harus lebih waspada dengan kondisi yang tidak menyenangkan ini karena rata-rata batu ginjal akan muncul saat seseorang mulai menginjak usia tersebut.

Batu Ginjal

Rasa yang ditimbulkan saat muncul batu ginjal adalah sakit yang luar biasa, dan akan disertai kesulitan dalam buang air kecil bahkan beberapa kasus tertentu muncul darah yang bercampur dengan urine saat buang air kecil.

Gejala batu ginjal

Salah satu gejala batu ginjal adalah rasa nyeri yang luar biasa pada bagian pinggang, tetapi tidak semua rasa nyeri di bagian pinggang bisa diartikan bahwa orang tersebut memiliki batu di bagian ginjalnya. Karena ada gejala-gejala lain yang juga harus diamati secara rinci, berikut ini akan diinformasikan mengenai gejala-gejala yang akan muncul ketika seseorang menderita batu ginjal.

  1. Sering buang air kecil dengan intensitas yang tidak biasa.
  2. Sulit menahan keinginan untuk buang air kecil tetapi saat benar-benar ingin mengeluarkan urine merasa kesulitan, gejala ini mirip dengan ketika seseorang menderita anyang-anyangan.
  3. Nyeri pada bagian pinggang dan merambat ke daerah perut serta pangkal paha.
  4. Urine memiliki warna yang keruh dan berbau menyengat atau busuk.
  5. Merasa sakit saat buang air kecil.
  6. Demam tinggi.
  7. Kadangkala disertai rasa mual dan muntah.
  8. Pinggang tetap terasa sakit meskipun tidak bergerak sama sekali.

Jika anda memiliki beberapa gejala tersebut di atas kemungkinan besar anda sedang menderita batu ginjal, namun demikian agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat akan lebih baik jika anda memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab batu ginjal

Mungkin anda sering mendengar bahwa seseorang yang tidak suka mengkonsumsi air putih rentan mengalami penyakit batu ginjal, meskipun pemahaman ini terbilang sederhana tetapi hal tersebut sangat masuk akal.

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa batu ginjal akan muncul ketika di dalam ginjal terdapat zat-zat seperti kalsium, oksalat dan juga asam urat yang membentuk kristal dan memiliki tekstur yang sangat keras seperti batu. Pengkristalan ini terjadi ketika cairan di dalam urine tidak mencukupi untuk melarutkan zat-zat tersebut di atas sehingga secara otomatis tidak akan ikut terbuang bersamaan dengan ketika anda melakukan buang air kecil.

Dari pengertian tersebut diatas tentu akan bisa ditemukan benang merah mengapa seseorang yang kurang mengkonsumsi air putih akan lebih rentan menderita penyakit batu ginjal, karena semakin sedikit cairan yang ada di dalam urine maka semakin besar pula kemungkinan pembentukan kristal yang akan menjadi batu ginjal.

Namun rupanya penyakit batu ginjal ini tidak sesederhana itu, untuk bisa mengetahui penyebab yang lebih spesifik mengapa seseorang yang menderita batu ginjal, harus diidentifikasi terlebih dahulu jenis batu ginjal yang ada di dalam tubuh penderitanya.

Berikut ini adalah beberapa jenis batu ginjal

Batu kalsium
Jenis batu kalsium ini yang sering mengendap di dalam ginjal seseorang, penyebabnya adalah tingginya kandungan kalsium oksalat yang biasanya terkandung pada makanan yang kita konsumsi seperti buah-buahan, sayur mayur, kacang-kacangan dan coklat.
Padahal selama ini kita menganggap dengan mengkonsumsi buah-buahan tubuh akan mendapatkan suplai nutrisi yang cukup, namun rupanya juga akan menimbulkan efek samping berupa penumpukan kalsium oksalat di dalam ginjal.

Batu struvite
Batu struvite akan muncul ketika saluran kemih seseorang mengalami infeksi, jika di dalam ginjal terdapat batu struvite maka rasa sakit yang akan muncul jauh lebih menyiksa, karena batu struvite akan sangat cepat berubah menjadi lebih besar dari hari ke hari.

Batu asam urat
Batu ini terbentuk ketika seseorang mengalami dehidrasi dan tidak segera menggantinya dengan minum air putih atau setidaknya mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan air. Bagi seseorang yang memiliki kadar asam urat tinggi juga rentan mengalami batu ginjal dari jenis ini.

Batu sistein
Pada kasus ini penyebabnya bukan dari faktor makanan ataupun kurangnya konsumsi air putih saja melainkan karena ginjal sudah tidak bisa bekerja dengan normal, karena terjadi penurunan fungsi yang cukup signifikan sehingga ginjal lebih banyak menghasilkan asam amino.

Pengobatan batu ginjal

Langkah pengobatan ini berbeda caranya tergantung pada ukuran batu ginjal yang ada di dalam tubuh. Jika anda sudah bisa mengidentifikasi sendiri bahwa kondisi anda yang sedang menurun karena munculnya pengkristalan di dalam ginjal dan kemungkinan besar batu ginjal tersebut masih berukuran kecil, maka cara-cara berikut ini bisa membantu menghancurkan batu ginjal tanpa harus mengkonsumsi obat.

  1. Cukup minum air putih yaitu setidaknya 2 hingga 3 liter setiap harinya, saran ini dikeluarkan oleh ahli medis dengan harapan asupan air putih yang cukup akan membantu melarutkan zat-zat yang sudah mulai membentuk kristal di dalam ginjal.
  2. Mengurangi asupan garam dan protein, karena kristal pada batu ginjal terbentuk dari peningkatan kadar kalsium di dalam urine, termasuk juga oksalat yang berasal dari kandungan protein maka dengan mengurangi asupan garam dan protein akan memperlambat pembentukan batu ginjal termasuk juga mencegah terjadinya pengkristalan.
  3. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Makanan yang mengandung serat tinggi akan mengurangi proses kristalisasi dan mencegah pembentukan batu ginjal, diantara jenis makanan kaya serat yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah gandum dna apel.
  4. Menghindari konsumsi soft drink. Meskipun terasa sangat menyegarkan soft drink kurang begitu bagus untuk kesehatan, terutama untuk Anda yang sedang mengalami permasalahan batu ginjal, sebab soft drink mengandung asam fosfat yang akan semakin mempercepat pembentukan kristal atau batu ginjal.

Sementara itu untuk penderita batu ginjal yang ukurannya sudah cukup besar satu-satunya cara yang paling efektif dan cepat adalah dengan melakukan tindakan operasi dan mengangkat batu ginjal tersebut. Ada juga cara lain yang mungkin akan ditempuh yaitu dengan memecah batu ginjal namun cara ini memang sedikit menimbulkan rasa sakit.
Tersebut diatas adalah informasi yang berkaitan dengan penyebab sekaligus gejala batu ginjal.