Pentingnya Menjaga Tempo Saat Melakukan Beatbox

Pentingnya Menjaga Tempo Saat Melakukan Beatbox – Dari sekian banyak hal, salah satu hal yang terpenting dalam beatbox adalah masalah tempo dan untuk kamu yang baru mengenal atau belajar beatbox tentunya mengalami kesulitan saat mengatur tempo tersebut.

Umumnya, beatboxer yang belum mengerti tempo akan sering beatbox dengan cara sembarang sehingga beatnya tidak akan beraturan dan ini dialami oleh setiap beatboxer newbie.

Dalam tempo sendiri ada beat yang terkadang pelan dan terkadang cepat dan umumnya saat pertama kali perform atau battle maka tempo yang keluar tidak beraturan atau sering terhenti di tengah – tengah.

Pentingnya Menjaga Tempo Saat Melakukan Beatbox
Pentingnya Menjaga Tempo Saat Melakukan Beatbox

Apakah Tempo ?

Tempo sendiri adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu dan ukuran kecepatan ini dapat di ukur dengan alat yang bernama metronome dan juga keyboard.

Dalam keyboard terdapat digital metronome yang bisa berfungsi sebagai pengukur kecepatan dalam birama, sbagai contoh 3/4 atau 4/4.

Tempo sendiri juga memiliki ukuran tertentu yang disebut engan BPM atau Beat Per Minute.

Metronome adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk memastikan ketukan dalam suatu irama dan kecepatan tempo dalam metronome bisa di ataur.

Jika kamu tidak mempunyai alat ini, solusi sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti ketukan jam dinding di rumah kamu.

Berikut ini, kami akan memberkan beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk belajar tempo dengan baik.

Ikuti Metronome

Beberapa dari kamu yang belum mengenal metronome tentunya akan lebih sedikit kesulitan dan kamu harus menyimak ulasan berikut ini tentang cara belajar menggunakan metronome.

Bua metronome dan sesuaikan dengan temponya, kemudian jangan langsung beatbox akan tetapi dengarkan terlebih dulu sampai suara dan tempo tersebut terdengar dengan jelas.

Lalu silahkan kamu suarakan B [kick drum] dan jika sudah sesuai dengan metronome maka lanjutkan dengan suarakan T [hi-hat] dan sesuaikan juga dengan metronome dan terkahir silahkan kamu keluarkan K [ snare].

Apabila sudah tersusun menjadi sebuah beat B T K, maka kamu bisa melanjutkan dengan memasukkan effect lainnya namun dengan syarat harus tetap memperhatikan temponya dan ulangi langkah tersebut secara terus menerus.

Selain ketukan metronome, ada cara lain yang bisa kamu lakukan yakni dengan cara ketukan atau tepuk tangan dan kamu bisa melakukan ini sendiri atau bersama dengan teman – teman kamu.

Sebagai contoh, seorang teman kamu menepuk tangan yang disesuaikan dengan tempo lalu kamu membuat beat dengan mengikuti tempo tepuk tangan tersebut.

Menjadi Instrumen Dalam Sebuah Lagu

Cara ini juga termasuk mudah untuk kamu lakukan, silahkan kamu putar lagu dan dengarkan lagu tersebut sebentar sampai kamu bisa menghayatinya.

Setelah itu, kamu bisa mengeluarkan beatbox dan sesuaikan tempo kamu dengan lagu yang kamu dengarkan tersebut seperti layaknya seorang pengiring lagu.

Dengan begitu, beatbox yang kamu bunyikan akan secara otomatis akan mengikuti tempo selama kamu juga menikmati lagu tersebut.

Cara ini juga sangat bermanfaat untuk melatih kamu dalam meng-cover lagu dan jika kamu sudah terbiasa melakukan ini maka nantinya kamu akan mudah saat akan meng-cover sebuah lagu.

Tips Menjaga Tempo Saat Beatbox

Gerakan Tangan

Gerakan tangan ini sering disebut sesuatu yang agak aneh jika tidak mengetahui beatbox, namun gerakan ini sangat penting agar kamu bisa menjaga tempo dengan baik.

Caranya adalah dengan menggerakan tangan sesuka kamu dan pastikan sesuai dengan tempo beat kamu dan jangan sampai gerakan tangan dengan beat kamu tidak beraturan.

Jika kamu sudah terbiasa untuk menggerakkan tangan kamu, maka secara otomatis kamu akan mulai terbiasa untuk menggerakkan tangan saat mengeluarkan beat secara tidak sengaja.

Tambah Perantara Saat Pindah Tempo

Caranya adalah dengan mengeluarkan beat dengan tempo yang cepat lalu pindah pada tempo yang lebih lambat dan jika kamu ingin langsung pindah tanpa perantara maka jadinya akan tidak enak di dengar karena tidak beraturan.

Solusinya adalah dengan memberikan perantara atau jembatan seperti beat yang pendek selama perantara tersebut juga teratur.