Penghasilan 2 Juta Bisa Kredit Rumah Lewat Bank

Penghasilan 2 Juta Bisa Kredit Rumah Lewat Bank – Saat ini, minimnya pendapatan seseorang itu tidak dapat lagi dijadikan sebagai alasan seseorang untuk membeli sebuah rumah. Pasalnya sekarang ini para pemerintah telah memberikan banyak bantuan yang berguna untuk meringankan para masyarakat yang penghasilannya rendah agar tetap bisa mengajukan kredit rumah lewat bank dengan mudah.

Jadi, dalam hal ini,bila penghasilan Anda rendah, maka Anda tetap bisa memiliki sebuah rumah dengan cara memakai fasilitas KPR yang informal. Dengan memakai fasilitas inilah nantinya Anda dapat mengajukan sebuah kredit rumah lewat bank dengan minim penghasilan adalah sebesar 2 jt rupiah.

Baca juga: Resiko Kredit Rumah Kpr Btn Tanpa Dp

Fitur ini dikhususkan untuk para masyarakat yang berpenghasilan rendah yang punya penghasilan sebesar 2 juta rupiah sampai dengan 6 juta rupiah. Hal ini telah disampaikan oleh Direktur Jendral Pembiaan Perumahan untuk Kementrian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat, yaitu Maurin Sitorus.

Jadi, sebenarnya kpr yang informal ini khusus untuk mereka yang sekarang ini bekerja di bawah naungan informal, misalnya saja seperti menjadi seorang wiraswasta yang penghasilannya tidak begitu besar. Untuk jenis kpr inipun juga diberikan untuk mereka yang saat ini belum punya rumah.

Maurin pun juga telah mengatakan bahwa sekalipun belum secara resmi hal ini dapat dilaksanakan, namun pihaknya sudah memberikan target bahwa fasilitas ini dpat dipakai di tahun 2017 ini. Sejauh ini, pihaknyapun sudah menyusun sebuah draft tentang persyaratan dan juga mekanisme terhadap penyaluran kredit rumah lewat bank tersebut.

Jadi, dari pemerintah sudah memberikan anggaran untuk kpr informal. Selain itu, pihak pemerintah juga telah bekerja sama dengan pihak bank dunia. Sehingga, diharapkan bantuan ini dapat membantu membiayai sebanyak 17.500 unit rumah.

Berbicara tentang pembayaran dari uang muka atau down payment nya, akan ditanggung pihak pemerintah. Jadi, DP nya nanti gratis. Dimana besaran sebanyak 20% sampai dengan 30% dari harga jugal rumah itu diambil pihak pekerja informal tersebut.

Di Indonesia sendiri ada sebanyak 2 juta penduduk yang bekerja menjadi pekerja informal. Kebanyakan dari mereka tinggal dengan cara menyewa atau mengontrak sebuah rumah. Yang mana biayanya itu adalah sebesar 500 ribu sampai dengan 1 juta rupiah.

Dengan memiliki fasilitas itulah diharapkan bisa membantu para MBR agar dapat mempunyai sebuah rumah sekaligus dapat mengurangi adanya angka back log rumah yang telah mencapai 11,4 juta unit rumah.

Persyaratan Mengajukan Kredit Rumah lewat Bank

Di bawah ini adalah sejumlah ketentuan dari proses pengajuan kredit rumah lewat bank untuk pekerja informal yang harus dipenuhi saat mengajukan kredit rumah, antara lain:

  • Harus dari Warga Negara Indonesia.
  • Harus sudah berusia 21 tahun atau setidaknya harus sudah menikan.
  • Harus memang belum memiliki sebuah rumah
  • Rumah yang dibeli tersebut harus ditinggali sendiri dan tidak boleh disewakan pada masa waktu yang ditetapkan.
  • Harus menabung minim selama 6 hingga 12 bulan.
  • Memberikan laporan keuangan usaha agar prosesnya semakin mudah dan lancer.
  • Harus membawa sejumlah dokumen yang lengkap yang memang dibutuhkan. Misalnya saja seperti KK, KTP, dan juga surat keterangan belum mempunyai sebuah rumah yang didapatkan dari kelurahan

Nah, itu tadi adalah proses pengajuan kredit rumah lewat bank yang harus Anda perhatikan dengan baik. Agar nantinya Anda bisa mendapatkan krdit rumah tersebut seperti yang telah Anda harapkan.