Pengertian Dari Bank, Jenis Bank, Fungsi Bank, Dan Lain-Lain

Kali ini saya akan memberitahu tentang pengertian Bank, Jenis bank, Fungsi Bank, Dan Lain-lain. Yang petama saya akan memberitahukan tentang pengertian Bank.

#1. Pengertian Bank

Mengenai tentang bank di Indonesia dapat dipastikan semua orang pasti sudah mengerti tentang 1 ini, mau orang yang bersekolah ataupun orang yang tidak bersekolah.

Walaupun tidak seluruh masyarakat Indonesia memiliki Tabungan Bank. Tetapi kata bank sendiri sangat sering didengar dikehidupan sehari-harinya.

Contohnya seperti iklan yang berada di televisi ataupun melihat gedung-gedung bank yang berada di sepanjang jalan yang sering dilewati.

Saya rasa kamu semua tentu sudah mengetahui tentang arti dari bank, yaitu tempat untuk meminjam uang, menabung, dan masih banyak lagi.

Pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang pengertian bank secara keseluruhan atau lengkap.

Awal dari kata bank, pengetian bank umum dan pengertian bank menurut Undang-Undang pemerintah.

Kata bank berasal dari bahasa Italy (Banca) dan berarti tempat penyimpanan Uang. Secara umum pengertian bank yaitu  satu lembaga intermediasi keuangan yang pada umumnya mendirikan atas wewenang untuk menerima penyimpanan uang, meminjam uang, dan penerbitan promes atauun yang lebih dikenal sebagai Bank Note.

Sedangkan pada pengertian bank menurut UU Negara RI nomor 10 tahun 1998, pada tanggal 10 november tahun 1998 yaitu tentang perbankan.

Yang dimaksud dari bank yaitu badan usaha yang menyimpan uang dari masyarakat dalam bentuk penyimpanan dan menyalurkan kepada rakyat dalam bentuk Credit atau bentuk lainnya.

Inilah Tentang Pengertian Dari Bank, Jenis Bank, Fungsi Bank, Dan Lain-Lain

Pengertian Dari Bank, Jenis Bank, Fungsi Bank, Dan Lain-Lain
Pengertian Dari Bank, Jenis Bank, Fungsi Bank, Dan Lain-Lain

 

#2. Jenis-jenis Bank

1#. Bank Sentral adalah bank yang memiliki tugas dalam penerbitan uang kertas dan logam yang akan menjadi 1 alat pembayaran yang syah pada suatu negara dan mempertahankan Konversi uang yang termasuk dengan emas ataupun perak bahkan kedua-duanya.

 

2#. Bank Umum adalah bank yang tidak hanya untuk meminjamkan uang saja atau menginvestasi berbagai macam tabungan yang akan didapatkannya, tetapi bank umum juga dapat meminjamkan dari peciptaan uang sendiri.

 

3#. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)adalah bank yang memiliki kegiatan usaha dengan cara konvesional ataupun dengan berdasarkan prinsip syariah yang didalam kegiatannya tidak memberi jasa dalam lalu lintas pembayaran.

 

4#. Bank Syariah adalah bank yang berkerja dengan berdasarkan prinsip bagi hasil atau yang sesuai dengan kaidah islam tentang hukum rimba.

 

#3. Fungsi Bank

Penghimpunan dana agar dapat menjalankan fungsi sebagai penghimpun dana bank yang mempunyai beberapa sumber dengan cara garis besar yaitu:

#1. Dana yang berasal dari bank sendiri dan berupa kreditan modal pada masa pendirian.

#2. Dana yang berasal dari rakyat yang luas dan dikumpulkan dengan memlalui usaha perbankan contohnya seperti Tabanas, Deposito, dan Simpanan Giro.

#3. Dana yang datang dari salah satu lembaga keuangan yang didapatkan dari hasil meminjam dan berbentuk kredit likuiditas and Call money yang berarti dana yang sudah dipinjam sewaktu-waktu akan dapat ditarik oleh bank, apabila tidak memenuhi persyaratan.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar beberapa bank yang sudah dibekukan, salah satunya adalah karena kredit yang bermasalah ataupun pembayaran yang macet.

 

2#. Penyaluran dana yang sudah dikumpulkan oleh pihak bank dan akan diberikan kepada masyarakat yang berbentuk pemberian kredit, pemilikan harta tetap, penyertaan, dan pembelian surat-surat.

 

3#. Pelayan bank dalam mengembangkan tugasnya sebagai pelayan lalu lintas pembayaran Uang, melakukan berbagai macam aktifitas kegiatan contohnya seperti kartu kredit, cek wisata, inkasi, pengiriman uang dan masih banyak lagi pelayanan yang lainnya.

Ada pula dengan secara spesifikasinya bank-bank yang berfungsi dan menjadi sebagai agen Of Trust, Agen Of Service, Dan Agen Of Develovment.

 

1#. Agent Of Trust

Adalah salah satu lembaga yang memiliki kepercayaan. Dasar-dasar utama kegiatan perbankan yaitu Trust (kepercayaan), mau itu dalam penghimpunan dana ataupun penyaluran dana.

Masyarakat akan menyimpan uangnya di bank apabila diberi kepercayaan yang kuat dan meyakinkan.

Didalam fungsinya sendiri sudah dibangun kepercayaan yang baik dari pihak penyimpanan uang ataupun dari pihak banknya sendiri dan kepercayaan ini akan terus lanjut dengan pihak debitor.

Kepercayaan itu sangat penting, apabila tidak ada memiliki kepercayaan maka masyarakat akan tidak menyimpan uang di bank. Dan semua masyarakat ingin diuntungkan tidak untuk dirugikan.

 

2#. Agent Of Development

Agen Of Development adalah salah satu lembaga yang memiliki memobilisasi dana yang berguna untuk pembangunan ekonomi.

Kegiatan bank seperti penghimpun dan penyalur dana yang sangat diperlukan untuk lancarnya kegiatan perekonomian di sektor ril.

 

3#. Agent Of Services

Adalah salah satu lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Dan disamping itu untuk melakukan kegiatan penghimpun dan penyaluran dana, bank juga dapat memberikan penawaran yang berbentuk jasa perbankan yang lain kepada masyarakat.

Baca Juga Artikel Lainnya Disini Tugas Tugas Yang Dilakukan Oleh Bank Sentral Dan Bank Umum

Demikianlah pembahasan kali ini, lebih dan kurang saya mohon maaf, apabila ada kesalahan kata atau tulisan yang saya buat mohon di maafkan, semoga ini dapat bermanfaat unutk anda semua.

(Credit By : Ikbal Fikri)