Panduan Cara Bermain Drum Khusus Pemula

Teknik Dalam Bermain Drum – Salah satu alat music yang cukup di kenal ini adalah DRUM, drum itu sendiri bermula dari perkusi dan di kembangi hingga era modern sekarang hingga menjadi sebuah nama DRUM. Drum ini dalam sebuah music yang di mainkan secara bersama-sama termasuk band ini biasanya drum bertugas untuk mejaga tempo. Ya, pusat tempo dalam sebuah music ada  di drum. Disini kita akan bahas drum menjadi lebih luas lagi. Apa sih Drum itu ? Drum yang bisa di sebut sebagai set atau kit ini di perpadukan yang tersusun dari snare, symbal, Hi Hat, floor tom, Ride Symbal, Bas Drum, dan juga bisa menggunakan drum listrik. Pada dasarnya symbal ini memiliki 3 jenis pertama yaitu crash cymbal, ride cymbal, dan hi-hat cymbal. Untuk anda yang ingin belajar drum sebaiknya mengenal terlebih dahulu fungsi-fungsi dari drum itu sendiri.

Apakah Bermain Drum Itu Sulit ?

Tidak, bermain drum itu sangat mudah dan gampang. Kenapa ? Saya sendiri sebagai penulis di website ini adalah bekas dari anak band dan saya sendiri kebetulan hobby drum juga. Jadi, saya sharingkan kepada teman-teman pemula yang pengen belajar drum. Pada dasarnya bermain drum itu tidak sulit. Hal yang paling terpenting dalam bermain drum adalah kita harus mampu menguasai teknik dasar bermain tersebut seperti memang stick drum yang benar. Setelah itu kita harus banyak mendengarkan lagu-lagu yang ada. Semua lagu wajib di kuasai.

Untuk menjadi drummer professional kita harus mampu memainkan semua lagu sesuai dengan irama yang ada. Apalagi anda membuat grup band yang dimana anda memiliki jadwal rutinitas dalam bermain music. Baiklah, music itu untuk orang yang berjiwa seni bukan orang yang hanya ingin tenar saja. Jadi, kalau kita ingin menguasai drum kita harus cinta dulu terhadap drum. Kalau, sudah cinta temen-temen uda tau kan apa saja yang kita ingin mainkan pasti berhasil apa saja yang ingin kita pelajari pasti berhasil. Jadi, bermula dari pada cinta drum untuk menjadi seorang drummer yang profesinal.

Teknik dasar dalam bermain DRUM

Harus Duduk Tegak

Pada posisi duduk kita harus membentuk snare drum setinggi pinggang kita supaya kita dengan mudah bermain drum. Usahakan jangan membungkuk ketika main drum, kita harus tegak dan rilex saja. Dan hal yang plaing nyaman adalah ketika kita tegak dalam bermain drum kita bisa mengeluarkan power yang bagus. Usahakan tidak terlalu banyak powernya harus di sesuaikan dengan komposisi music itu tersendiri. Kita harus di siplin dalam bermain drum.

Ibu Jari Sebagai Central Stick

Jangan lupa kalau kita ingin memgang stick drum itu sendiri kita harus memegangnya dengan benar supaya kita mendapatkan permainan drum yang bagus dengan menempatkan posisi ibu jari pada bagian tengah dari pada stik. Jadi, sampai disini kita harus paham terlebih dahulu cara memegang stick supaya tangan kita pas. Ilustrasi gambar memgang stik silahkan lihat di bawah ini :

Teknik Dasar Dalam memegang Stik Drum
Teknik Dasar Dalam memegang Stik Drum

Ada 2 Teknik Dalam Memukul Drum Menggunakan Stick, adalah :

Teknik Pertama Yang Disebut Dengan Match Grip yaitu memegang stick dengan posisi lurus supaya mendapatkan power yang bagus ini teknik sering di gunakan para pemain drum professional dalam memainkan music yang beraliran Rock dan Juga Rock Roll. Nah, buat kamu yang pemula dalam teknik ini sebetulnya ini adalah teknik yang paling bagus. Namun, tergantung kita mana yang lebih nyamannya. Balik lagi sih guys kepada diri sendiri maunya gimana.

Teknik Kedua adalah Teknik Tradisional Grip adalah teknik yang memegang stik secara kesamping dan memukulnya biasanya dengan pelan. Teknik ini juga membuat suara tone lembut dan juga soft. Biasanya para pemain jazz menggunakan teknik ini dalam bermain swing.

Untuk Ilustrasi gambar dalam memegang stick silahkan lihat di bawah ini :

2 teknik dasar dalam menggemgam stick
2 teknik dasar dalam menggemgam stick

Nah, untuk bermain drum Dalam Menginjak pedal juga ada caranya, ada 2 cara yang di gunakan dalam menginjak bass drum ini, antara lain :

Teknik Pertama – yang disebut Full Kick ini adalah seluruh telapak kaki kita supaya bisa antara sisi telapak dengan pedal bisa bertemu supaya bisa mengetuk bass drum ini sendiri, pada dasarnya teknik ini engsel mata kaki kita harus di angkat supaya bisa menghasilkan suara bass yang besar. Dan biasanya para pemain drum yang sedang live conser merekomendasikan untuk menggunakan teknik heel up ini. Saya sangat merekomendasikan buat anda yang beraliran music rock, metal, dan pop untuk menggunakan teknik heel up dalam menginjak bass drum.

Teknik Heel UP atau Full Kick
Teknik Heel UP atau Full Kick

Teknik kedua – Half Kick ialah teknik yang engsel atau tumitnya bertumpuan dengan sisi pedal drum itu sendiri, ini akan menghasilkan suara bass drum yang soft, teknik ini biasanya di gunakan bagi orang yang beraliran jazz untuk memakai teknik heel down ini sangat cocok sekali apabila di padukan dengan teknik swing.

hell down
Teknik Half Kick atau Heel Down

Apa Fungsi HiHat ?

Hihat biasa untuk di gunakan untuk pengaturan tempo. Ibarat kata intinya dari kita bermain drum adalah harus menjaga tempo music supaya tetap stabil. Inilah hal yang perlu anda lakukan secara benar sebab inti dari music adalah tempo yang stabil. Pukulan dari hihat ini harus jelas sebab kita harus menghasilkan suara yang jelas dan baik. Hihat memiliki permainan dalam beberapa bar sehingga memiliki criteria alur yang baik, nah untuk menginjak pedal hihat itu sendiri juga harus jelas dan kita juga bisa membuka pedal hihat dengan ukuran 0, ½, 1/4, dan 1(yang di sebut full open). Karena hasilnya juga akan menghasilkan suara yang berbeda

Cara Dalam Memulai Ketukan Dasar :

Dalam memulai ketukan dasar untuk bermain drum harus menguasai semua itu apalagi kita baru pertama kali bermain drum. Rekomendasi dari saya adalah anda memperbanyak mendengarkan lagu yang beraliran pop karena pada dasarnya lagu yang beraliran pop memiliki ketukan drum standart. Seperti ketukan lagu peterpen itu sangat bagus dan simple untuk anda pelajari. Disini kita akan memberikan ilustarsi video cara bermain drum oleh seorang senior drummer yang sudah handal.

Silahkan simak videonya di bawah ini :