Mengenal Karakter Anjing Maltese dan Tips Memeliharanya

Mengenal Karakter Anjing Maltese dan Tips MemeliharanyaMaltese 102

Mengenal Anjing Maltese

Maltese adalah salah satu jenis anjing yang termasuk ke dalam kelas toy atau mainan.

Ciri khas dari anjing maltese ini adalah bulunya yang sangat lembut dan juga tidak rontok.

Maltese merupakan anjing keturunan dari Kawasan Mediterania Tengah dan nama maltese sendiri diambil dari sebuah pulau di Mediterania bernama pulau Malta.

Maltese merupakan salah satu jenis anjing yang banyak digemari oleh para Dog Lovers karena ukuran tubuhnya yang kecil sehingga membuatnya terlihat sangat menggemaskan.

Maltese 103Karakter dan Sifat Anjing Maltese

Maltese memiliki sifat yang sangat manja dan sangat senang jika diperhatikan.

Ciri khas fisiknya adalah dengan bulu panjang halus yang menjuntai ke bawah.

Meski maltese adalah anjing yang berasal dari daerah beriklim dingin, tetapi ia tidak akan terlalu mengalami banyak masalah jika hidup di daerah beriklim tropis sepreti di Indonesia.

Pada bagian tengkorak agak sedikit membulat dengan kubah jari lebar, hidung berwarna hitam, kuping menutup ke bawah dan ekor tertutup bulu sampai ke bawah.

Untuk bagian mata berwarna gelap sehingga maltese terlihat sangat ekspresif.

Maltese merupakan salah satu anjing yang sangat cocok dijadikan sahabat manusia.

Pada bagian moncong maltese agak sedikit meruncing dan harus 1/3 dari panjang kepalanya.

Maltese memiliki tulang yang seimbang dan juga stabil, sehingga saat berjalan maltese akan nampak seperti gumpalan awan yang sedang berjalan di tanah.

Hidung maltese berwarna hitam pekat, namun akan terlihat memudar dan menjadi agak coklat kemerahan saat kurang terkena sinar matahari.

Maltese 104Tempramen Maltese

Maltese adalah salah satu jenis anjing yang sangat bersemangat, lucu, menggemaskan dan penuh akan kasih sayang dan sangat patuh pada pemiliknya.

Maltese juga merupakan anjing yang pintar dan mudah untuk dilatih trik, berani dan sangat sigap untuk memberi peringatan jika ada suatu suara yang mencurigakan.

Maltese bisa menjadi sangat pemilih soal urusan makan jika anda terbiasa memberikan sisa makanan anda kepadanya.

Karena itu, jangan biarkan anjing maltese anda memiliki sikap Small Dog Syndrome. Penyebab dari perilaku ini adalah karena anda sebagai pemilik yang membuat anjing ini percaya bahwa ia adalah pemimpin dari manusia.

Tidak hanya pada anjing jenis maltese, namun ini juga berlaku pada semua jenis anjing. Jika ini sudah terjadi, maka anjing tersebut bisa saja berlaku kasar pada anak – anak bahkan orang dewasa sekalipun.

Jangan terlalu memanjakan anjing jenis toy yang satu ini, karena ia akan menjadi tidak stabil dan cemburu saat ada pengunjung yang datang.

Masalah perilaku lainnya yang dapat muncul adalah separation anxiety, mengonggong secara obsesif dan sangat protektif.

Perilaku yang telah disebutkan diatas sebenarnya adalah bukan sifat asli dari anjing maltese, namun itu dapat terjadi karena cara sang pemilik dalam memperlakukan anjing maltese tersebut.

Maltese 105Tinggi dan Berat Maltese

Berat seekor maltese dewasa sekitar 2,3 sapai 4 kg, sedangkan untuk tinggi maltese jantan mencapai 21 sampai 25 cm dan untuk tinggi betina mencapai 20 sampai 23 cm.

Masalah Kesehatan Maltese

Maltese merupakan jenis anjing yang sangat rentan terhadap sinar matahari, masalah gigi, masalah mata, masalah kulit, pernapasan dan juga slipped stifle.

Pada beberapa kasus, maltese dapat mengalami kesulitan makan saat mengalami gangguan pencernaan., mereka juga dapat mengigil dan merasa tidak nyaman saat berada di hawa yang panas.

Berikan biskuit kering khusus untuk anjing selain makanan rutinnya agar membantu maltese untuk menjaga agar gigi tetap bersih dan juga sehat.

Maltese 106Umur Maltese

Maltese dapat mencapai umut sekitar 15 tahun bahkan lebih. Maltese dapat mencapai umur 18 tahun jika anda benar – benar menjaga dan merawat maltese terutama dihindari dari tempat yang lembab.

Merawat Maltese

Bulu maltese yang panjang memang membutuhkan perawatan yang ekstra, sehingga diperlukan menyisir serta menyikat bulu maltese setiap harinya, tetapi harus diingat agar menyikat bulu maltese dengan sangat lembut.

Bersihkan area mata maltese setiap hari agar mencegah kotoran yang menempel dan juga bersihkan area janggut sehabis makan untuk menghindari kotoran menempel pada janggut maltese.

Memandikan Maltese

Saat akan memandikan maltese, gunakan dry shampoo secara teratur da pastikan untuk mengeringkan seluruh badan seusai memandikannya.

Maltese 101Bersihkan juga bagian telinga serta bulu – bulu yang masuk ke dalam hidung.

Pada bulu dibagian kepala juga harus sering didisr atau dikat dan bisa juga diikat agar tidak menutupi area bagian mata maltese dan sebagaian orang lagi biasanya akan mencukur bulu matese menjadi pendek agar lebih mudah untuk mengurusnya.

Doog Food Khusus Maltese

Royal Canin Maltese Adult Dog Food: Ini adalah makanan khusus maltese yang secara khusus dibuat untuk anjing jenia maltese untuk mendukung warna bulu yang putih terang dan bersih dari maltese.

Maltese 100Royal Canin Maltese Adult Dog Food diperkaya dengan omega 3 (EPA/DHA) serta asam lemak omega 6 serta borage oil dan biotin yang berguna untuk mempertahankan dan merawat bulu maltese yang lembut dan putih bersih.

Bentuk dari doog food ini juga memiliki tekstur yang baik agar dapat dikunyah denga mudah oleh maltese sekaligus mengurangi plak gigi pada maltese.