Mengenal Jenis Anjing Belgian Malinois Lengkap Dengan Karakteristiknya

Mengenal Jenis Anjing Belgian Malinois Lengkap Dengan Karakteristiknya – Belgian Malinois memang bukan jenis anjing yang cocok untuk semua orang, ia sangat aktif dan lincah, mempunyai kepercayaan tinggi, tempramen dan sensitif alami sehingga membuatnya cocok untuk pemilik anjing yang sudah berpengalaman.

Belgian Malinois merupakan salah satu dari 4 trah anjing yang pada negara asalnya disebut dengan anjing gembala Belgia dan mendapat nama sesuai dengan kota aslnya yaitu Malines, di kota ini Belgian Malinois di pelihara dan juga di ternak sebab memiliki keunggulan untuk menjaga hewan ternak.

Peristiwa 2 kali perang dunia hampir saja memusnahkan keempat jenis anjng ras ini dan sekarang ini Belgian Malinois memiliki nilai yang tinggi sebab mampu melakukan banyak hal dan terkenal melakukan aktivitas tidak jauh berbeda dengan pemiliknya.

Baca Juga: Cara Latih Pit Bull Agar Tetap Kuat Namun Ramah

Mengenal Jenis Anjing Belgian Malinois Lengkap Dengan Karakteristiknya
Mengenal Jenis Anjing Belgian Malinois Lengkap Dengan Karakteristiknya

Karakteristik Belgian Malinois

Belgian Malinois memiliki ukuran tubuh sedang dan tubuh yang seimbang berbentuk persegi dan bentuk kepala serta leher yang baik.

Belgian Malinois sangat lincah, berotot dan juga siaga dan bisa berdiri membentuk persegi dengan keempat kakinya.

Untuk Belgian Malinois jantan memiliki tinggi 60 cm sampai 66 cm dan berat badan mencapai 29 kg sampai 34 kg, sementara untuk Belgian Malinois betina memiliki tinggi 56 cm sampai dengan 60 cm dan berat badan antara 23 kg sampai dengan 28 kg.

Bagian lehernya agak sedikit panjang begitu juga dengan ekor bagian belakang kaki, sementara untuk warnanya antara Fawn dan mahogany dengan campuran warna hitam pada telinga dan moncong.

Perawatan Belgian Malinois

Belgian Malinois merupakan anjing alami dan tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus, pada bagian telinga, ekor dan juga kuku kecil bagian atas tidak memerlukan pemotongan sama sekali.

Belgian Malinois hanya membutuhkan sedikit penyisiran yang diperlukan, akan tetapi Belgian Malinois akan rontok bulunya sebanyak 2 kali dalam setahun.

Kesehatan dan usia Belgian Malinois

Belgian Malinois bisa hidup antara 10 sampai 12 tahun dan pada waktu kecil, Belgian Malinois berwarna abu abu di bagian dagunyaa lalu sesudah berusia 18 bulan baru mulai terlihat perubahannya.

Belgian Malinois sensitif pada obat bius dan umumnya membutuhkan dosis rendah dari indikasi yang umumnya digunakan ukuran dan berat badan, Belgian Malinois rentan pada penyakit HIP Dyplasia.

Tempramen Belgian Malinois

Belgian Malinois merupakan jenis anjing pintar dan penuh perhatian serta sudah sangat terkenal dengan kemampuannya saat di latih dan bekerja sesuai dengan standar kepatuhan, schutzhund, ringsport, pelacakan dan juga gembala.

Belgian Malinois juga sering di pakai sebagai pencium bom dan narkotika di bandara atau perbatasan, Belgian Malinois sangat sayang dengan anak kecil dan binatang peliharaan lainnya serta cenderung ingin berkuasa dan melindungi.

Belgian Malinois merupakan binatang peliharaan yang menyenangkan, akan tetapi tidak cocok untuk hidup di kandang, ia suka berteman dan disatukan dengan anggota keluarga yang lainnya.

Saat sedang bosan, Belgian Malinois akan melayani dirinya sendiri, anjing ini sangat sensitif, walau hanpir sama dengan Herder akan tetapi Belgian Malinois tidak akan memberikan respon baik jika di latih dengan keras dan pelatihan yang kasar malah akan merusak Belgian Malinois.