Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Alamiah

Manfaat Semut Jepang ~ Semut yang selama ini memiliki konotasi negatif menjadi naik kasta berkat diketahuinya berbagai manfaat semut Jepang di dunia kesehatan. Bahkan hal ini bukan merupakan isapan jempol belaka, karena khasiat semut Jepang menurut kedokteran juga menunjukkan hal serupa seperti yang dipahami oleh kebanyakan masyarakat, misalnya saja adalah untuk menjaga glukosa darah tetap stabil.

Sebenarnya semut Jepang tidak sama dengan jenis-jenis semut yang selama ini ada di Indonesia, bahkan bentuknya lebih mirip dengan kumbang. Uniknya cara mengkonsumsi semut Jepang ini adalah dengan melahapnya hidup-hidup dan hal ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat yang memahami khasiat dari semut dari negeri Sakura tersebut, sehingga bisa dipastikan bahwa semut Jepang tidak berbahaya meskipun dikonsumsi langsung.

semut jepang

Ciri-ciri Semut Jepang

Harga semut Jepang kini sudah semakin terjangkau karena sudah banyak yang membudidayakannya, agar anda tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, maka penting sekali untuk mengetahui ciri-ciri dari semut Jepang.

  1. Bentuknya mirip dengan kutu beras, memiliki kaki berjumlah 5.
  2. Semut Jepang memiliki tekstur yang keras dengan ukurannya adalah 1-2 cm.
  3. Pada bagian punggung memiliki tekstur berupa garis vertikal.
  4. Tidak bisa terbang walaupun memiliki sayap.
  5. Memakan ragi.
  6. Dari warna kita bisa membedakan usia dari semut jepang, jika warnanya hitam mengkilap maka usia semut jepang tersebut sudah dewasa, warna coklat menandakan semut jepang masih dalam masa pertumbuhan dan untuk semut jepang yang masih bayi memiliki warna putih kekuningan.

Zat Yang Terdapat Dalam Semut Jepang

Kemunculan semut jepang memang cukup fenomenal di dunia kesehatan dan tentu saja membuat dunia kedokteran cukup penasaran dengan kandungan apa sajakah yang ada pada semut jepang hingga memiliki manfaat yang sangat melimpah.

– Asam laktat
Kandungan asam laktat yang terdapat pada semut jepang ini sangat bermanfaat untuk anda yang sering melakukan kegiatan fisik yang cukup berat, karena asam laktat membantu meningkatkan jumlah energi yang diperlukan oleh seseorang saat melakukan berbagai macam aktifitas, sehingga seseorang menjadi tidak mudah lelah ketika mengonsumsi semut jepang. Berawal dari hal tersebut banyak olahragawan sangat berminat dengan semut jepang untuk dikonsumsi sebagai pengganti suplemen atau multivitamin.

– Protein
Untuk bisa mendapatkan asupan protein tidak hanya bisa diperoleh dengan mengkonsumsi daging saja namun juga dari semut jepang yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Dengan asupan protein yang cukup maka sistem metabolisme tubuh akan lebih terjaga kestabilannya, termasuk juga mendorong tubuh untuk segera memperbaharui sel-sel mati akibat proses metabolisme.

– Enzim Hmes
Enzim ini akan membantu tubuh untuk melepaskan molekul karbondioksida secara sempurna sehingga secara otomatis akan mempengaruhi sistem pencernaan menjadi lebih baik.

– Asam amino
Salah satu kandungan pada semut jepang yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh adalah asam amino, karena zat ini akan membantu tubuh tetap kuat melawan pertumbuhan sel kanker maupun tumor.
Dari informasi tersebut di atas, tentu saja kita semakin paham bahwa manfaat semut jepang bukan hanya sekedar mitos karena memang hewan mungil ini memiliki kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Semut Jepang

Setelah mengetahui segala jenis kandungan yang ada pada semut Jepang kini saatnya untuk kita menguraikan secara lebih rinci mengenai manfaat apa sajakah yang bisa kita peroleh saat rutin mengkonsumsi semut jepang.

1. Menurunkan glukosa darah

Manfaat ini sangat baik untuk penderita kencing manis atau diabetes yang notabene-nya akan selalu berupaya untuk bisa menurunkan kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh. Semut jepang rupanya memiliki senyawa yang disebut insulin like faktor yang bisa membantu menurunkan glukosa darah secara efektif. Disamping itu semut jepang juga membantu tubuh untuk tetap bisa menghasilkan hormon insulin, sehingga tidak hanya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes saja namun juga oleh siapapun yang ingin melakukan upaya pencegahan dari risiko penyakit diabetes.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Sulit memang untuk membuat tubuh bebas dari kolesterol jahat, karena hampir semua makanan yang dikonsumsi selalu mengandung kolesterol jahat, padahal semakin tinggi kandungan kolesterol jahat dalam tubuh akan semakin rentan seseorang mengalami gangguan kesehatan yang serius karena berkaitan dengan pembuluh darah dan juga jantung. Untuk itu penting rasanya setiap orang mengkonsumsi sesuatu untuk bisa menjaga kadar kolesterol jahat dalam darah tidak terus bertambah dan bahkan bisa berkurang, dan semut jepang bisa membantu upaya anda tersebut, sebab banyak orang merasakan manfaat mengkonsumsi semut jepang dimana kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah semakin menurun.

3. Mengobati penyakit jantung

Salah satu kandungan semut jepang yang perlu anda ketahui adalah potassium, kandungan ini secara aktif akan membantu seseorang untuk mendapatkan aliran darah yang normal sehingga secara otomatis juga akan mempengaruhi detak jantung yang lebih normal pula.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Ada dua permasalahan yang kerap dialami oleh seseorang berkaitan dengan tekanan darah, yaitu tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi. Namun yang sering terjadi adalah permasalahan tekanan darah tinggi, padahal semakin tinggi tekanan darah seseorang semakin rentan pula orang tersebut mengalami gangguan kesehatan lain yang lebih kompleks. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil maka dianjurkan untuk mengkonsumsi semut jepang setidaknya 3 kali dalam seminggu, khususnya untuk anda yang pernah menderita hipertensi.

5. Meningkatkan Stamina

Hal ini berlaku baik bagi pria maupun wanita, salah satu kandungan semut jepang adalah asam amino yang bisa memberikan efek berupa peningkatan kandungan kadar hormon sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan stamina bagi pasangan.

6. Menyehatkan liver

Liver atau hati adalah organ vital yang harus selalu dijaga, karena kesehatan hati akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, tanpa hati yang sehat racun-racun akan lebih mudah masuk dan merusak kesehatan tubuh manusia dengan lebih leluasa. Asam amino yang ada pada semut jepang dapat membantu melindungi organ super penting tersebut termasuk juga ketika anda sudah pernah menderita penyakit liver, sebab semut jepang akan membantu memperbaiki sel-sel hati yang telah rusak.

7. Menjaga kecantikan kulit

Inilah manfaat semut jepang yang paling diminati oleh kaum hawa, ada beberapa kandungan semut jepang yang mempengaruhi kecantikan kulit seseorang yaitu antioksidan, mineral dan juga protein. Antioksidan sangat bermanfaat untuk membuat kulit tetap sehat dan tidak terpengaruh oleh radikal bebas yang membahayakan kulit.

Semut jepang yang bisa dikonsumsi adalah semut jepang yang masih benar-benar hidup oleh karena itu anda harus bisa merawatnya agar tidak stress dan mati. Caranya adalah dengan menyimpan semut jepang di dalam toples yang diberi lubang udara, masukkan kapas steril dan juga ragi di dalam toples tersebut.

Tersebut di atas adalah informasi yang berhubungan dengan segala jenis manfaat semut jepang untuk kesehatan.