Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan, Pengobatan Dan Kecantikan

Minyak zaitun adalah jenis minyak yang dihasilkan dari proses penggilingan buah zaitun, manfaat dari minyak zaitun cukup beragam dan mencakup beberapa aspek, mulai dari segi kecantikan kulit, kesehatan rambut dan kesehatan organ tubuh manusia. Anda bisa mendapatkan segudang manfaat minyak zaitun tersebut dari minyak zaitun murni atau dari berbagai obat herbal yang menjadikan minyak zaitun sebagai salah satu komposisi utamanya. Biasanya kemasan minyak zaitun akan diletakkan dalam wadah botol kaca, dan ukurannya cukup beragam.

Untuk diketahui bahwa idealnya minyak zaitun harus sudah digunakan sesegera mungkin dan tidak mencapai 1 tahun penyimpanan, sebab lebih dari masa 1 tahun zat antioksidan yang ada pada minyak zaitun akan turun drastis dan menjadi kurang berpengaruh jika dimanfaatkan untuk perawatan kulit ataupun kesehatan. Karena memang normalnya minyak zaitun tidak bisa bertahan lama, oleh sebab itu sebelum anda memutuskan untuk membeli minyak zaitun ada baiknya untuk membeli dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan anda, agar tidak terlalu lama tersimpan dan mempengaruhi kualitasnya.

Jenis-jenis Minyak Zaitun

Khasiat Minyak Zaitun

Nah, sebelum anda memutuskan untuk berbelanja minyak zaitun ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis minyak zaitun sebab nantinya anda akan menemukan tulisan yang berbeda di setiap botol minyak zaitun saat berada di toko.

  1. Extra virgin olive oil
    Untuk jenis ini adalah yang paling direkomendasikan untuk anda yang ingin menjadikan minyak zaitun sebagai obat herbal khususnya untuk perawatan kulit dan rambut, sebab extra virgin olive oil tingkat kemurniannya masih sangat utuh sehingga kandungan-kandungannya masih sangat melimpah.
    Selain itu jenis ini juga bisa digunakan untuk dikonsumsi secara langsung misalnya saja untuk dijadikan topping salad sayuran, dan untuk diketahui bahwa minyak zaitun tipe ini tidak tepat jika digunakan sebagai minyak untuk memasak bahkan untuk sekedar menumis sayur sekalipun, sebab extra virgin olive oil memiliki titik didih yang sangat rendah. Dari segi harga extra virgin olive oil adalah yang paling mahal dan cara penyimpanan yang baik adalah di masukkan di dalam lemari es.
  2. Virgin olive oil
    Dari segi kualitas untuk minyak zaitun jenis ini berada di urutan kedua terbaik, dan masih bisa dikonsumsi secara langsung.
  3. Fino olive oil
    Minyak zaitun jenis fino ini dihasilkan oleh percampuran dari extra virgin dan virgin.
  4. Pure olive oil
    Kandungan nutrisi yang ada dalam minyak ini sangat rendah sehingga dari segi harga juga lebih ekonomis jika dibandingkan dengan jenis-jenis minyak zaitun lainnya.
    Dengan telah memahami jenis-jenis minyak zaitun tersebut di atas nantinya anda bisa membeli minyak zaitun sesuai dengan kebutuhan.

Kandungan minyak zaitun

Selama in minyak zaitun dikenal dengan kandungan vitamin E yang sangat melimpah sehingga sering digunakan sebagai bahan kosmetik dan juga untuk perawatan rambut, namun sebenarnya ada kandungan-kandungan lain yang ada di dalam setiap tetes minyak zaitun diantaranya adalah, energi, lemak jenuh, omega-3, omega-6 dan vitamin K.

Mungkin anda sedikit kaget, ternyata minyak zaitun yang dinobatkan sebagai minyak yang sehat dan aman masih memiliki lemak jenuh, memang benar demikian namun jumlahnya tidak berlebihan dan masih dalam ukuran yang aman, namun karena memang mengandung lemak jenuh walaupun hanya sedikit alangkah lebih baiknya jika anda tetap mengontrol penggunaan minyak zaitun.

Manfaat minyak zaitun

Setelah mengetahui jenis-jenis minyak zaitun beserta kandungan yang ada di dalamnya, pada prakteknya minyak zaitun bisa dimanfaatkan dalam hal apa saja? Untuk menemukan jawabannya silahkan simak uraian ini.

1. Melembabkan kulit secara alami

Karena memang merupakan jenis minyak sudah pasti minyak zaitun memiliki sifat yang melembabkan apalagi minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin E, selain bisa diterapkan pada wajah yang tergolong pada kulit kering anda juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun ini pada kulit tubuh anda yang lain seperti tangan atau kaki sebagai pengganti hand body, hanya saja karena sifatnya yang lengket mungkin penggunaan minyak zaitun ini hanya sesuai jika digunakan pada saat malam hari menjelang tidur.

2. Mengobati jerawat dan memudarkan noda bekas jerawat

Salah satu khasiat minyak zaitun yang mungkin belum banyak diketahui adalah bisa mengatasi permasalahan kulit yang berminyak dan berjerawat, mungkin anda berpikir bahwa tidak mungkin kiranya kulit berminyak akan bisa teratasi jika diolesi dengan minyak juga.

Namun cobalah anda buktikan, bahwa minyak zaitun sangat berbeda dengan minyak goreng, sehingga tidak akan memiliki efek buruk seperti memperparah jerawat anda. Sebab perlu ditekankan lagi bahwa salah satu kandungan minyak zaitun adalah vitamin E yang sangat bagus untuk perawatan kecantikan kulit.

Sudah terbukti, bahwa dengan mengoleskan minyak zaitun pada jerawat yang sedang meradang akan membantu mengurangi peradangannya dalam waktu semalam, oleh sebab itu anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ini di malam hari ketika hendak tidur pada seluruh permukaan kulit anda, termasuk juga pada kulit yang sedang berjerawat.

Karena selain dapat membantu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat, minyak zaitun juga bisa membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat, mengurangi komedo dan juga membantu kulit wajah tetap terjaga kelenturannya.

3. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk menurunkan berat badan, tentu saja ini merupakan kabar baik bagi anda yang sudah mulai kesulitan mencari cara agar berat badan anda ideal, cara menurunkan berat badan menggunakan minyak zaitun sangat simpel yaitu dengan meminumnya secara langsung 1 sendok hingga 2 sendok setiap harinya, direkomendasikan untuk mengonsumsi extra virgin olive oil yang masih banyak mengandung nutrisi.

4. Melembutkan rambut

Selain bisa digunakan untuk melembutkan kulit tubuh maupun wajah, minyak zaitun juga bisa anda manfaatkan sebagai pengganti conditioner, sebab kandungan vitamin E yang ada di dalamnya benar-benar dapat membantu meningkatkan kelembaban alami rambut dan juga membuat kulit kepala lebih sehat.

5. Sumber kolesterol baik

Tidak semua kolesterol buruk untuk tubuh, sebab kolesterol baik justru sangat diperlukan karena kolesterol baik sangat penting untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh termasuk juga berperan untuk membuat tubuh tetap tersuplai energi sehingga tidak akan membuat anda merasa cepat lelah. Sumber kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh rupanya bisa anda temukan di dalam minyak zaitun murni atau Extra virgin olive oil, untuk memudahkan anda dalam mengkonsumsinya, anda bisa menyiramkan minyak zaitun pada salad sayur.

6. Menormalkan tekanan darah

Khusus untuk anda yang sering menderita penyakit darah tinggi, bisa mencoba untuk menggunakan minyak zaitun sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi. Fakta menunjukkan bahwa mereka yang selama ini sering mengeluhkan permasalahan tekanan darah yang tinggi menjadi tidak terlalu tergantung pada obat-obatan setelah rutin mengkonsumsi minyak zaitun selama 6 bulan.

Namun demikian, sebelum memutuskan hal tersebut akan lebih baik jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter agar mendapatkan pengarahan yang lebih luas sebab bisa jadi anda memilki penyakit lain yang hanya diketahui oleh dokter anda.

Dalam hal kesehatan dan juga kecantikan, minyak zaitun memiliki peran yang sangat dominan, anda bisa memanfaatkannya agar tidak terlalu tergantung dengan obat-obatan kimia maupun kosmetik yang pastinya mengandung zat-zat lain yang bisa jadi tidak bagus jika digunakan dalam jangka panjang.