Manfaat Madu Untuk Terapi Kesehatan Dan Kecantikan Secara Alami

Madu adalah cairan pekat dan memiliki rasa manis ini merupakan cairan ajaib yang menyimpan banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Permasalahan pada kulit seringkali mengganggu pikiran seseorang karena menjadikannya merasa kurang percaya diri saat harus berhadapan dengan banyak orang, menyadari bahwa madu memiliki manfaat yang luar biasa untuk membuat kulit tetap cantik dan sehat menjadikan bahan alami ini semakin populer dan banyak digunakan sebagai komposisi utama kosmetik ataupun perawatan kulit lainnya.

Karena rasanya yang manis, madu juga bisa digunakan sebagai pengganti gula khususnya bagi mereka yang menghindari mengkonsumsi gula tebu yang bisa meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan penyakit diabetes.

Manfaat Madu

Lalu apakah madu hanya berguna untuk membuat kulit anda tetap cantik saja ataukah lebih dari itu? Berikut ini akan kita jabarkan mengenai manfaat madu secara lebih rinci dan lebih komplit.

1. Meredakan batuk
Batuk sebenarnya adalah efek yang normal karena tubuh berusaha untuk mengeluarkan bakteri yang berusaha masuk ke dalam melalui tenggorokan, tetapi terus menderita batuk dalam kurun waktu yang lama tentu akan sangat mengganggu kesehatan khususnya pada malam hari karena biasanya mereka yang menderita batuk akan sulit tidur dengan lelap.
Meskipun saat ini sudah ada banyak sekali obat batuk, namun pada kenyataannya obat batuk yang dijual di pasaran hanya membuat seseorang merasa ngantuk dan tidak benar-benar menyembuhkan penyakit batuk tersebut, bahkan tidak jarang mereka mengalami gangguan jantung seperti rasa berdebar dan pusing.
Sebagai alternatif obat batuk yang paling efektif dan paling aman Anda bisa menggunakan madu, tetapi perlu diketahui bahwa cara mengkonsumsi madu yang benar adalah dengan mencampurnya bersamaan dengan beberapa sendok air, dan tidak langsung memasukkan madu ke dalam mulut tanpa menggunakan campuran apapun karena justru akan membuat tenggorokan mengalami iritasi. Khusus untuk pengobatan batuk ini anda bisa mencampurkan satu sendok madu ke dalam satu cangkir teh hangat sebagai pengganti gula. Metode ini akan melapisi tenggorokan sehingga bakteri yang ada di sekitarnya tidak akan membuat tenggorokan terasa gatal dan secara otomatis akan mengurangi rasa ingin batuk.

2. Mencegah penyakit kanker
Madu memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi dan secara umum akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit ataupun virus seperti influensa, tetapi secara spesifik antioksidan yang terkandung di dalam madu memberikan efek yang positif bagi kesehatan tubuh karena akan memerangi sel-sel kanker yang setiap saat mengancam kesehatan manusia.

3. Meningkatkan daya ingat
Jika anda sering mengalami lupa bahkan untuk mengingat benda yang baru saja anda pegang maka hal ini perlu diwaspadai karena kondisi ini menandakan bahwa otak mengalami kekurangan nutrisi sehingga menurunkan daya ingat bagi wanita yang sudah mengalami menopause, penurunan kinerja otak menjadi semakin terasa, sehingga para ahli medis menyarankan agar wanita yang sudah memasuki usia menopause segera mengantisipasinya dengan mengonsumsi madu secara rutin.

4. Menurunkan berat badan
Salah satu kesulitan seseorang dalam menurunkan berat badan adalah menahan rasa lapar dan rasa lemas karena mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit daripada biasanya. Tidak bisa dipungkiri bahwa keberhasilan diet hanya akan terwujud ketika porsi makan dikurangi, namun demikian harus tetap memperhatikan sisi kesehatan tubuh dengan cara mencukupi nutrisi tubuh tanpa harus mengonsumsi makanan berat seperti nasi. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi madu karena di dalam setiap mili madu mengandung berbagai macam nutrisi yang sudah cukup untuk dijadikan sebagai sumber tenaga tanpa harus mengonsumsi makanan dalam porsi yang berlebihan. Mengonsumsi madu tentu saja jauh lebih nyaman dan juga efektif untuk setiap orang karena nutrisi tubuh sudah terpenuhi tetapi tidak membuat perut terasa penuh.

5. Mengobati luka
Saat kulit mengalami luka terbuka maka selain bisa menggunakan obat-obatan seperti betadin untuk membuat luka cepat kering, anda juga bisa memanfaatkan madu sebagai alternatifnya. Sebelum anda mengoleskan madu pada kulit yang terluka maka terlebih dahulu bersihkanlah area luka agar lebih steril.

6. Mengurangi gejala alergi
Pada kondisi tertentu kulit memang sering mengalami alergi seperti rasa gatal, meskipun belum bisa di buktikan secara klinis tetapi karena madu masih mengandung jejak serbuk sari bunga dan anti alergen maka kemungkinan besar madu juga bisa digunakan sebagai pereda gatal akibat alergi.

7. Anti bakteri
Salah satu peran serta madu dalam meningkatkan kualitas kesehatan seseorang adalah melindungi sel-sel tubuh dari gangguan bakteri yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Misalnya saja bakteri e-coli dan salmonella yang sering sekali bersentuhan dengan manusia, karena biasanya terdapat pada makanan yang kita konsumsi. Sehingga memang cukup sulit untuk menghindari dua bakteri tersebut dan cara yang paling ampuh serta paling murah adalah mengkonsumsi madu sebagai langkah preventif.

8. Menjaga kestabilan jumlah sel darah putih
Penyakit yang ditimbulkan akibat kurangnya sel darah putih memang cukup berbahaya salah satunya adalah leukemia atau kanker darah. Tidak banyak penderita leukemia yang bisa melalui masa-masa sulit tersebut, apalagi kanker bisa dialami oleh setiap orang selain tentu saja juga dipengaruhi oleh faktor genetik, untuk pencegahan kita bisa mengkonsumsi madu sebab dengan cara ini jumlah sel darah putih menjadi tetap normal. Asupan madu murni yang cuku juga sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalani proses penyembuhan penyakit kanker dengan metode kemoterapi.

9. Meningkatkan sistem metabolisme
Kesehatan seseorang sangat bergantung pada sistem metabolisme tubuh yang baik, tanpa hal tersebut mustahil seseorang bisa merasakan memiliki tubuh yang sehat. Padahal sistem metabolisme tubuh seseorang sangat rentan dan cukup sensitif, misalnya saja ketika seseorang mengalami tekanan psikis maka sistem metabolisme tubuh otomatis akan langsung terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengkonsumsi madu secara rutin sebagai langkah pencegahan.

10. Menjaga kebugaran tubuh
Di samping mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan juga vitamin, kita juga bisa mengkonsumsi madu. Sebab sudah terbukti bahwa dengan mengkonsumsi madu minimal dua sendok setiap harinya maka kegiatan sehari-hari menjadi terasa ringan, karena energi terus tersedia dan tubuh tidak mudah merasa lemas.

11. Meningkatkan kesuburan bagi pasangan suami istri
Untuk Anda yang mungkin saat ini belum memiliki momongan padahal sudah lama menikah, dan mengalami permasalahan pada tingkat kesuburan maka mungkin anda bisa mencoba mengkonsumsi madu sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan baik dari pihak suami maupun istri.

12. Menjaga kecantikan kulit
Salah satu manfaat madu yang sangat populer di bidang kecantikan adalah untuk mengatasi jerawat, kulit kusam, flek hitam dan juga pori-pori wajah yang semakin melebar. Caranya adalah dengan menghangatkan madu terlebih dahulu baru kemudian dioleskan pada permukaan kulit wajah. Menggunakan masker madu ini bisa dipertahankan hingga keesokan harinya atau bisa juga segera dibilas setelah 30 menit kemudian.
Khusus untuk masalah kecantikan wajah ini, anda bisa mencampurkan madu dengan minyak zaitun. Karena kolaborasi dua zat alami ini terbukti mampu mengatasi berbagai macam masalah pada kulit.

Tersebut diatas adalah manfaat madu yang sangat beragam, untuk bisa mendapatkan manfaat yang optimal pilihlah madu murni yang belum terkontaminasi oleh zat-zat lain.