Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Lidah buaya merupakan tanaman hias sekaligus herbal yang banyak dijumpai di sekitar kita. Tanaman ini memiliki beragam khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Cara pakainya yang relatif mudah membuat lidah buaya dibudidayakan baik sebagai tanaman hias maupun sebagai obat herbal. Manfaatnya macam-macam, mulai dari perawatan rambut, kulit ataupun wajah. Tanaman bernama latin Aloevera ini dalam sebuah penelitian diungkap memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral antara lain vitamin B1, zat besi, fosfor, kalsium, lemak, karbohidrat, protein, dan kalori yang cukup tinggi. Kira-kira apa saja manfaat lidah buaya yang sudah terbukti untuk kesehatan dan kecantikan tubuh? Berikut ini beberapa di antaranya.

Yang pertama, Lidah Buaya bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kadar antioksidan yang tinggi membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab penuaan dini dan gejala-gejala sakit lainnya. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur baik pagi dan malam hari bisa membuat tubuh kita lebih kebal dari berbagai kuman atau bakteri yang membahayakan kesehatan.

Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya

Yang Kedua, Lidah Buaya bermanfaat mengeluarkan racun dari dalam tubuh atau detoksifikasi. Protein yang terkandung di dalam lidah buaya bisa menetralkan racun-racun yang membahayakan organ-organ dalam tubuh manusia. Selain itu kandungan zat kimia pada Lidah buaya mampu meningkatkan alkalisasi tubuh sehingga kadar keasaman tubuh tetap terjaga pada kondisi normal. Inilah yang membuat orang tetap merasa bugar dan sehat.

Yang Ketiga, Lidah Buaya berkhasiat membantu menurunkan berat badan karena kandugnan seratnya sangat bagus untuk menggelontor lemak dalam tubuh. Memasukkan konsumsi lidah buaya secara teratur di dalam program diet anda bisa membantu menurunkan beran badan lebih cepat dan tentunya lebih sehat. Kandungan serat tinggi di dalam lidah buaya juga berkhasiat membantu mengatasi wasir.

Yang keempat Lidah buaya mengandung tiga senyawa penting antara lain Lektin, Mannans, dan anthraquinoes yang terbukti mampu mengatasi penyakit diabetes. Senyawa-senyawa ini membantu organ-organ tubuh untuk mengontrol kadar gula di dalam darah kita. Selain itu kandungan senyawa lidah buaya juga mempercepat proses pembentukan jaringan pada bagian kulit yang luka. Caranya cukup mudah, tinggal ambil gel lidah buaya dan langsung oleskan pada bagian yang luka. Rasanya yang sejuk dan dingin memberikan efek terapi dan mengatasi trauma pada luka.

Yang kelima, ini adalah yang paling populer, yakni untuk merawat dan melebatkan rambut. Boleh dibilang, Lidah Buaya merupakan tanaman herbal yang ditakdirkan untuk memenuhi segala kebutuhan rambut baik untuk perawatan dan pemeliharaan. Banyak shampoo yang beredar di pasaran memiliki bahan dasar lidah buaya. Alkalisasi lidah buaya mampu mengembalikan pH rambut normal sehingga bisa tumbuh lebih lebat.

Yang keenam, lidah buaya sangat berkhasiat untuk mempercantik penampilan wajah. Kandungan antioksidannya mampu mengatasi penuaan dini dan mencegah timbulnya keriput pada kulit wajah. Selain itu gel lidah buaya juga sangat manjur menjaga kelembaban wajah, mengatasi jerawat, flek hitam dan segudang manfaat lainnya.

Oleh karena itu kita tidak perlu ragu lagi untuk menanam lidah buaya sebagai tanaman hias di rumah kita. Berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan tersebut membuat tanaman ini layak mendapatkan tempat di kebun atau halaman depan rumah. Masih ada ratusan atau bahkan ribuan lagi manfaat dari lidah buaya yang terus diteliti oleh para ilmuwan sampai sekarang. Mudah-mudahan apa yang disampaikan di atas memberi manfaat dan menambah informasi.