Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Untuk Pengobatan Herbal Alami

Manfaat kunyit memang belum begitu banyak diketahui oleh masyarakat kecuali untuk memasak, padahal sebenarnya tumbuhan yang termasuk dalam jenis akar rimpang ini menyimpan khasiat yang luar biasa dahsyat. Budidaya kunyit sangatlah mudah sehingga sebenarnya tidak sulit untuk bisa menemukan tanaman yang juga disebut dengan kunir ini.

Berikutnya kita akan mengetahui secara lebih detail mengenai kunyit, berbekal informasi berbagai kandungan yang ada di dalamnya.

• Kurkuminoid
• Minyak atsiri
• Mineral
• Glukosa, pati, fruktosa dan arabinosa.

Manfaat Kunyit

Manfaat Kunyit atau Kunir

Kandungan-kandungan tersebut di atas akan memberikan manfaat yang berbeda-beda dan kesemuanya sama-sama baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit secara lebih kongkrit.

1. Anti inflamasi
Saat tubuh mengalami kondisi yang kurang baik, misalnya saja karena mengalami benturan atau menderita luka maka biasanya tubuh akan mengalami pembengkakan dan meradang, jika sudah demikian maka biasanya akan muncul rasa sakit saat digunakan untuk beraktifitas. Tindakan medis biasanya memberikan obat-obatan tertentu untuk mengurangi kemungkinan tersebut, namun sebenarnya selain bisa menggunakan obat-obatan kimia anda pun bisa memanfaatkan obat herbal yang juga memiliki kandungan anti inflamasi dan salah satunya adalah kunyit.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Peran ini menjadi sangat mungkin karena salah satu kandungan kunyit yaitu kurkuminoid yang secara aktif dapat meningkatkan daya tahan tubuh manusia menjadi lebih kuat sehingga pertumbuhan sel kanker menjadi semakin berkurang.

3. Mengatasi radang sendi
Gangguan kesehatan ini sebenarnya tergolong pada gangguan yang ringan karena tidak sampai membahayakan jiwa seseorang, namun demikian nyeri sendi yang terlalu berlebihan akan membuat kegiatan sehari-hari menjadi terganggu, umumnya penyakit radang sendi ini disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi, cuaca yang ekstrim khususnya saat musim dingin dan bisa juga karena kekurangan zat tertentu yang berkaitan dengan tulang, dalam hal ini adalah kalsium.
Pengobatan radang sendi bisa juga dengan menggunakan obat herbal seperti kunyit. Caranya adalah dengan mengonsumsi air sari kunyit tersebut secara rutin, agar terasa lebih nikmat maka anda bisa menambahkan madu di dalamnya.

4. Mengatasi permasalahan lambung
Sakit pada lambung selama ini memang dianggap wajar, misalnya saja ketika seseorang mengeluhkan penyakit mag, padahal penyakit yang berkaitan dengan lambung ini juga bisa menimbulkan risiko yang berat jika tidak ditangani dengan serius.
Semakin rusak lambung seseorang maka akan semakin sulit untuk mencerna makanan sehingga nutrisi yang diperlukan tubuh menjadi berkurang drastis sehingga sudah pasti akan membuat seseorang merasa lemah tak berdaya.
Kunyit dapat merangsang lending pelindung lambung agar tidak mudah terluka ataupun terjangkit bakteri yang bisa menimbulkan infeksi. Oleh sebab itu bagi anda yang saat ini sudah memiliki riwayat penyakit pada lambung maka rutin mengonsumsi kunyit akan sangat membantu penyembuhan secara alami.

5. Meredakan stress
Stres atau tekanan psikis bisa dialami oleh siapa saja dengan penyebab yang beragam, rata-rata adalah karena beban pikiran baik yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun problem hidup. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit dapat membantu menenangkan syaraf yang tegang dan mengurangi depresi.

6. Menurunkan kolesterol jahat dalam darah
Kolesterol jahat dalam darah memberikan efek yang sangat tidak baik bagi kesehatan, sebab akan menimbulkan penyakit-penyakit lain yang juga terbilang serius, seperti darah tinggi dan gangguan kesehatan jantung. Namun kini anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai obat herbal yang terbukti efektif mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah tanpa menimbulkan efek samping apapun.

7. Meningkatkan kecerdasan
Kemampuan kunyit untuk membuat otak tersuplai dengan nutrisi menjadikannya sebagai salah satu bahan herbal yang dijadikan komposisi utama dalam pembuatan suplemen otak.
Selain bisa meningkatkan kerja otak, kunyit juga bisa mengurangi tanda-tanda kepikunan akibat kinerja otak yang sudah menurun. Karena penurunan kinerja otak sebenarnya bukanlah bergantung pada usia yang sudah senja saja namun juga dikarenakan oleh kurangnya asupan nutrisi akibat makanan yang dikonsumsi yang tidak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh otak.
Selama ini mungkin kita menganggap bahwa nutrisi yang dibutuhkan otak hanya berasal dari olahan daging ataupun ikan saja namun juga pada kunyit.

8. Mengobati jerawat dan sebagai anti aging
Gangguan kulit yang satu ini memang sangat sering dialami, jerawat suatu kondisi yang menimbulkan bercak merah dan bahkan menimbulkan radang dan bisa mengurangi rasa percaya diri.
Jika anda sudah mulai kesulitan untuk menemukan obat jerawat yang cocok dan sudah mencoba berbagai macam obat-obatan kimia namun belum juga membuahkan hasil yang positif maka cobalah untuk menggunakan kunyit sebagai obat jerawat.
Sebab, kunyit memiliki zat anti bakteri yang juga bisa menghalau bakteri P. Acne penyebab jerawat. Selain bisa mengatasi masalah jerawat, kunyit juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini karena mengandung antioksidan yang tinggi. Termasuk juga untuk mengurangi flek hitam yang timbul akibat bekas jerawat.

9. Mencegah penyakit Alzheimer
Alzheimer atau yang umum dikenal dengan penyakit pikun ini sebenarnya bukan suatu hal yang wajar, sebab tidak semua orang lanjut usia menderita pikun, bagi anda yang mungkin memiliki riwayat keluarga dengan penyakit Alzheimer ini maka kemungkinan besar anda pun akan mengalami hal yang sama, seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kunyit dapat menguatkan kerja otak dengan menyuplai nutrisi yang diperlukan. Rupanya hal ini juga memberikan efek positif pada penyakit Alzheimer, selain bisa digunakan untuk mencegah juga mengobati.

10. Mencegah diabetes
Diabetes kini menjadi penyakit yang semakin mendunia karena tidak hanya mereka yang memasuki usia lanjut saja yang menderita kencing manis namun juga bagi mereka yang masih dalam usia-usia produktif.
Kandungan Curcumin dari kunyit rupanya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang berperan mengantarkan gula darah pada sel-sel tubuh, semakin aktif insulin dalam tubuh maka akan semakin kecil kemungkinan seseorang menderita penyakit kencing manis.

11. Menurunkan berat badan
Kini anda tidak perlu lagi bersusah payah mencari obat pelangsing yang belum tentu aman untuk lambung anda, ataupun harus menyiksa diri karena rasa lapar akibat mengurangi porsi makan. Sebab dengan mengonsumsi kunyit yang dicampur dengan asam jawa akan membantu mengurangi lemak dalam tubuh sekaligus mencegah penumpukan lemak, sehingga kunyit bisa dijadikan solusi penurunan berat badan bagi anda yang sulit menahan nafsu makan.

12. Mengobati penyakit liver atau hati
Sudah banyak dibuktikan bahwa mereka yang mengalami permasalahan pada organ hati akan lebih cepat pulih ketika mengonsumsi minuman ekstrak kunyit secara rutin. Sebab senyawa curcumin pada kunyit dapat membantu regenerasi sel hati yang sudah aus atau rusak dengan sel-sel yang baru dan lebih sehat.
Hati adalah organ yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia sehingga penting untuk siapa saja yang ingin menjaga organ hatinya tetap sehat.

Tersebut di atas adalah informasi yang berhubungan dengan manfaat kunyit yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat, salah satu keuntungan menggunakan obat-obatan herbal adalah tidak adanya efek samping yang membahayakan organ tubuh lainnya.