Manfaat Kulit Buah Manggis Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Kulit Manggis ~ Siapa yang tidak mengenal buah manggis? Buah asli Indonesia ini terkenal dengan rasanya yang sangat manis dengan lapisan kulit luar yang tebal. Penelitian menunjukkan bahwa ternyata kulit buah manggis memiliki nilai yang tak kalah besar dibandingkan isinya terutama bagi kesehatan. Ada banyak kandungan senyawa penting di dalam kulit manggis yang berfungsi memulihkan fungsi-fungsi organ penting di dalam tubuh manusia, juga untuk melawan beberapa jenis penyakit. Kira-kira apa saja kandungan kulit manggis dan sifat-sifat kimianya yang penting bagi kesehatan?

Di dalam kulit manggis terdapat dua metabolit yang menyebabkan zat warna kuning yaitu magostin dan B-magostin. Penelitian lebih lanjut telah berhasil mengungkap metbaolit baru antara lain 1,3,6,7-tetrahidroksi-2, 8-di(3-metil-2butenil) xanton atu biasa disebut sebagai a-magostanin. Kemudian kira-kira apa saja khasiat atau manfaat kulit manggis bagi kesehatan? Berikut ini beberapa rangkuman khasiat dari sekian banyak khasiat lainnya.

Manfaat Kulit Buah Manggis
Manfaat Kulit Buah Manggis

Yang pertama adalah sifat antimikroba kulit manggis mampu mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh mikroba atau jamur yang merugikan.  Sari atau ekstrak kulit manggis kini banyak dilirik pasien maupun praktisi medis sebagai bahan untuk mengatasi persoalan akibat mikroba dan jamur.

Yang Kedua adalah kandungan mineral seperti mangan, magnesium, tembaga hinga kalium di dalam ekstrak kulit manggis sangat berguna untuk menjaga keseimbagnan cairan dan sel tubuh sehingga berefek baik bagi kerja dan kesehatan jantung. Tekanan darah yang bisa distabilkan oleh ekstrak kulit manggis oleh para ahli medis dipercaya bisa menurunkan resiko terkena stroke dan jantung koroner.

Yang ketiga adalah sifat anti kankernya. Semakin banyak penelitian yang mengungkap sifat anti kanker dari kulit manggis. Manfaat lain yang bisa ditambahkan antara lain kulit manggis bisa menghaluskan kulit dengan kandungan antioksidannya, mengatasi disentri, diare dan juga sariawan. Lalu bagaimana cara mengolah kulit buah manggis menjadi obat herbal? Berikut ini kita simak.

Yang pertama adalah anda perlu menyiapkan kulit manggis dari tiga atau empat buah lalu kita kerok bagian ungu mengunkan sendok. Hasil kerokan ini kita rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah itu angkat rebusan dan biarkan mendingin, saringan kulit manggis ini sebaiknya disimpan terlebih dulu untuk mengurangi rasa tidak enaknya. Ada baiknya pula jika dicampur dengan sedikit madu.

Yang kedua kita bisa membuat jus dari kulit buah manggis. Caranya, kita cuci dan bersihkan 4 sampai lima buah manggis lalu kita ambil kulitnya saja. Selanjutnya sama seperti di atas, kita kerok bagian yang berwarna ungu dan sebisa mungkin bagian luar yang berwarna hitam jangan samapi ikut terambil karena rasanya sangat pahit.

Bagian yang sudah diambil tadi diblender dan tambahkan air secukupnya untuk meminimalisir rasa pahit. Ditambahkan bahan-bahan penghilang pahit seperti coklat bubuk, susu kental, gula atau madupun boleh. Setelah selesai diblender jus kulit manggis sudah jadi dan siap dikonsumsi. Beberapa ahli kesehatan menganjurkan mengonsumsi kulit manggis sehabis makan 1 kali sehari 1 gelas sangat bagus buat kesehatan.

Demikian tadi kira-kira sedikit ulasan tentang manfaat dan khasiat kulit buah manggis bagi tubuh kita. Sebenarnya masih ada banyak khasiat lain yang bisa didapatkan dan riset terhadap kulit buah manggis ini terus dilakukan sehingga menghasilkan terobosan-terobosan baru. Cara pengolahan kulit manggis yang paling mudah ya seperti dikemukakan di atas, diambil air rebusannya ataupun dibuat jus. Selamat mencoba.