Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis ~ Jeruk nipis sangat mudah dijumpai dan bisa didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau, membahas tentang manfaat jeruk nipis memang sangat menarik karena buah yang memiliki rasa sangat masam ini tidak hanya bermanfaat untuk satu sektor saja namun lebih dari itu. Kandungan vitamin C yang melimpah dari jeruk nipis membuat buah yang tidak bisa dimakan langsung ini semakin sering disebut-sebut dalam berbagai pembahasan tentang cara alami memutihkan kulit.

Sebenarnya vitamin C tidak hanya berguna untuk memutihkan kulit saja namun yang lebih utama dari itu adalah untuk menjaga daya tahan tubuh agar lebih kuat, seseorang yang kekurangan vitamin C rentan mengalami gangguan kesehatan. Padahal vitamin C selalu terbuang dari tubuh melalui urine yang kita keluarkan saat buang air kecil sehingga sudah seharusnya kita senantiasa menyuplai tubuh dengan vitamin C yang cukup. Kabar baiknya adalah, dalam satu butir buah jeruk nipis ukuran sedang, kebutuhan asupan vitamin C dalam tubuh kita sudah terpenuhi hingga 30%.

Kandungan Buah Jeruk Nipis

Buah yang juga dikenal dengan nama latin Citrus aurantifolia ini memiliki kandungan yang berbeda saat masih mentah dan ketika sudah matang. Saat masih mentah buah ini mengandung flavonoid, limonene dan linalool. Sementara itu ketika sudah matang, jeruk nipis menjadi semakin kaya akan kandungan nutrisi seperti kalsium, asam sitrat, besi, vitamin B1, vitamin C, synephrine dan N-methyltyramine. Dengan demikian untuk mendapatkan manfaat yang komplit anda bisa menggunakan jeruk nipis yang sudah matang.

Jeruk Nipis

Selain bisa digunakan dalam bidang kesehatan, cairan jeruk nipis juga akan membantu kita untuk lebih mempermudah membersihkan karat yang menempel pada logam, termasuk juga untuk meringankan pencucian pakaian saat ditemukan noda membandel.

Manfaat jeruk nipis

Berbekal pengetahuan tentang kandungan nutrisi dari jeruk nipis, selanjutnya akan kita bahas lebih detail lagi mengenai manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

1. Ambeien
Untuk mengobati ambeien menggunakan jeruk nipis, anda tidak hanya memerlukan buahnya saja namun juga akar dari pohon jeruk nipis, caranya adalah dengan merebus akar jeruk nipis sebanyak 10 gr di dalam air sebanyak 1 liter, rebus selama 1/2 jam. Minumlah air rebusan tersebut 3 kali sehari dalam kondisi hangat.

2. Amandel
Mengobati amandel tidak harus dilakukan dengan cara operasi namun juga bisa dengan metode alami, untuk kali ini anda bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis yang direbus, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur setidaknya 3 hingga 4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan
Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan kondisi kesehatan seseorang yang terganggu karena tidak bisa buang air kecil dengan lancar dan biasanya menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil.
Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan gula batu dan air panas, setelah itu diamkan sejenak hingga menjadi hangat dan minumlah satu kali dalam sehari.

4. Batuk
Jeruk nipis terkenal dalam manfaatnya untuk mengatasi permasalahan batuk, caranya adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu serta garam, jika anda sulit mendapatkan madu maka bisa juga dengan menggunakan gula batu lalu minum ramuan tersebut secara langsung tidak perlu ditambah dengan air, lakukan cara ini satu kali sehari hingga batuk anda mereda.

5. Flu dan batuk
Kondisi ini sering menyerang siapa saja saat musim penghujan mulai datang, menderita flue disertai batuk memang tidak menyenangkan. Selain bisa mengkonsumsi obat flue anda juga bisa mencoba untuk menggunakan metode alami dengan menggunakan jeruk nipis.
Caranya adalah dengan menyeduh air perasan 2 buah jeruk nipis dengan air panas secukupnya, kemudian tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih, selanjutnya anda bisa meminumnya secara rutin 2 kali sehari. Menggunakan obat alami ini tidak akan membuat anda mengantuk sehingga masih tetap bisa beraktifitas dengan lancar.

6. Bau badan
Saat berkeringat sudah pasti akan muncul bau badan atau aroma tak sedap, namun sebenarnya hal ini bisa ditanggulangi. Karena sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh kita tidak berbau, namun karena banyak dikerumuni oleh kumanlah yang menjadikan keringat memiliki bau yang khas.
Mengatasi problem bau badan ini bisa dengan menggunakan jeruk nipis, caranya adalah dengan mengoleskan daging buah jeruk nipis ke area ketiak, cara ini akan membantu anda untuk terhindar dari mengeluarkan keringat dengan aroma tak sedap, dan selain itu juga akan membuat kulit ketiak lebih cerah.

7. Haid tidak teratur
Wanita memang seringkali mengalami hal tersebut, untuk mengatasinya anda bisa mencampurkan 3 sendok makan air jeruk nipis yang dicampur dengan 1 sendok madu dan dicampurkan ke dalam 1 gelas air hangat lalu minum secara rutin setiap hari.

8. Mengempiskan perut sehabis melahirkan
Bagi anda yang saat ini menjalani masa-masa pasca melahirkan biasanya akan menghadapi masalah pada bentuk tubuh terutama di bagian perut yang sedikit mengendur, untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan jeruk nipis, caranya adalah dengan mencampurkan air perasan dari 2 butir buah jeruk nipis dengan 2 sendok makan minyak kayu putih, gunakan campuran kedua bahan tersebut untuk dibalurkan pada perut setiap hari selama kurang lebih 3 bulan. Selain akan membuat perut anda cepat kempis dan kencang, cara ini juga akan membuat kulit di area perut tidak keriput dan kembali halus.

9. Jerawat
Jerawat akan muncul ketika seseorang memiliki jenis kulit berminyak, untuk mengatasi masalah jerawat ini hal yang paling penting harus dilakukan adalah berupaya untuk mengurangi jumlah minyak pada kulit wajah, dan hal ini bisa diupayakan dengan cara menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker wajah. Agar tidak iritasi gunakan madu sebagai campurannya.

10. Mengatasi rambut rontok dan berketombe
Kedua masalah ini sering dialami oleh setiap orang baik pria maupun wanita, meskipun kini sudah banyak shampoo yang menjanjikan dapat mengatasi kedua masalah tersebut, namun kenyataannya shampoo yang demikian juga menimbulkan efek samping yaitu rambut menjadi kasar.
Untuk itu anda bisa mencoba cara alami ini, karena selain bisa mengatasi masalah rambut rontok dan kulit kepala berketombe cara ini juga akan membuat rambut anda tampak halus dan berkilau.
Yang perlu anda lakukan adalah dengan menyediakan air perasa jeruk nipis murni dengan takaran yang disesuaikan dengan seberapa panjang rambut anda, kemudian balurkan pada seluruh kulit kepala dan juga setiap helai rambut. Lakukan cara ini sesaat sebelum tidur dan biarkan hingga keesokan harinya. Metode ini bisa anda terapkan 3 kali dalam seminggu dan anda akan melihat hasilnya, rambut menjadi lebih sehat tanpa harus cream bath.

Tersebut diatas adalah segudang manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis, buah yang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan namun juga sedap jika diolah menjadi minuman.