Inilah Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat daun sirsak rupanya tidak kalah menariknya dibandingkan dengan buahnya yang memiliki rasa sedikit asam namun sangat lezat jika diolah menjadi jus buah. Di Indonesia tidak sulit untuk menemukan buah sekaligus daun sirsak karena bisa dibudidayakan dengan sangat gampang. Selama ini orang hanya fokus pada buah sirsak saja tanpa menyadari bahwa daun dari buah yang juga dijuluki dengan nangka Belanda ini menyimpan manfaat yang luar biasa besar.

Dengan mengetahui kandungan yang ada dalam selembar daun sirsak maka kita akan menyadari bahwa sebenarnya alam sudah menyediakan beragam kebutuhan manusia termasuk untuk sektor kesehatan. Untuk semakin meyakinkan anda tentang manfaat ampuh dari daun sirsak, berikut ini akan dipaparkan secara lebih rinci.

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirsak

1. Menurunkan Glukosa Darah
Glukosa yang ada di dalam darah memang diperlukan untuk menyuplai energi yang digunakan untuk beraktifitas, namun jika kadarnya terlalu berlebihan maka akan muncul penyakit diabetes atau kencing manis.
Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin, anda hanya membutuhkan 3 helai daun sirsak untuk direbus dan kemudian diminum secara rutin. Dengan cara ini maka anda akan mendapati kadar gula darah menjadi lebih normal tanpa harus terkekang karena tidak boleh mengonsumsi makanan ini dan itu.

2. Menekan pertumbuhan sel kanker
Mendengar nama penyakit ini tentu sudah membuat kita merasa takut, meskipun kanker bisa muncul karena salah satunya adalah faktor keturunan namun sebenarnya setiap orang bisa dan sangat mungkin menderita penyakit yang sangat berbahaya ini.

Mencegah memang selalu lebih baik dari pada mengobati, upaya pencegahan penyakit kanker bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi daun sirsak. Untuk semakin menguatkan niat anda ketika hendak mengonsumsi daun ini, maka anda perlu tahu bahwa penelitian telah membuktikan, daun sirsak memiliki keampuhan yang luar biasa untuk melawan sel kanker, bahkan 10 ribu kali lebih kuat ketimbang anda melakukan kemoterapi untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

Dengan demikian penggunaan daun sirsak untuk obat herbal tidak hanya sebagai langkah pencegahan saja namun juga untuk pengobatan. Jumlah daun sirsak yang dibutuhkan memang berbeda untuk langkah yang berbeda, yaitu 10 daun sirsak yang direbus dengan 3 gelas air untuk penderita kanker, namun untuk pencegahan hanya dibutuhkan 2 sampai 3 lembar daun sirsak saja.

3. Mengobati asam urat
Kadar asam urat yang tinggi seringkali membuat kondisi kesehatan tubuh seseorang menurun, rasa nyeri yang hebat pada persendian membuat kualitas tidur menjadi terganggu, sebab penderita asam urat tinggi juga akan merasakan sakit ketika persendian yang mengalami pembengkakan tersebut tersentuh. Mengobati penyakit ini tidak harus selalu dengan mengonsumsi obat-obatan kimia, karena dengan merebus daun sirsak untuk diminum airnya akan mampu mengurangi kadar asam urat yang terlalu berlebihan di dalam tubuh anda.

4. Mengatasi nyeri punggung
Nyeri pada punggung tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah lanjut usia, karena penyebab nyeri punggung cukup banyak salah satu yang paling sering adalah karena kesalahan posisi saat mengangkat benda berat.
Sakit punggung akan terasa menyiksa ketika menimbulkan nyeri saat seseorang menarik nafas, mengonsumsi obat-obatan tertentu mungkin bisa dijadikan pilihan namun seperti kita ketahui bahwa setiap jenis obat kimia pasti akan menimbulkan efek samping saat dikonsumsi berulang-ulang, berbeda halnya ketika anda mencoba mengonsumsi obat herbal seperti daun sirsak ini, sebab selain telah terbukti mampu meringankan gejala-gejala penyakit yang tersebut di atas, daun sirsak juga bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada punggung.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh
Semakin hari semakin banyak dijumpai virus maupun bakteri yang bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh seseorang. Agar tidak mudah terserang penyakit maka tubuh haru memiliki sistem imun yang kuat sehingga dapat menghalau bakteri yang hendak menyerang tubuh. Konsumsi daun sirsak dalam bentuk air rebusan secara rutin akan memberikan manfaat yang luar biasa guna meningkatkan sistem daya tahan tubuh seseorang.

6. Mengobati rematik
Rematik adalah penyakit yang identik dengan orang lanjut usia, sakit yang memang cukup mengganggu kenyamanan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari ini mengharuskan seseorang untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, padahal umumnya mereka yang sudah lanjut usia memiliki gangguan kesehatan lainnya yang bisa jadi menimbulkan efek kurang baik jika mengonsumsi obat-obatan kimia terlalu sering. Solusi yang lebih cerdas dan tepat adalah dengan mengonsumsi obat herbal seperti daun sirsak, dimana untuk kasus penyakit rematik ini tidak hanya bisa digunakan untuk pengobatan dari dalam saja namun juga pengobatan dari luar, caranya adalah dengan mengoleskan tumbukan daun sirsak yang telah halus pada bagian tubuh yang terasa sakit akibat rematik.

7. Mengobati gangguan kulit
Gangguan pada kulit di sini cukup beragam, mulai dari gangguan ringan yang berada di bagian tubuh tertentu seperti bisul, eksim atau juga bahkan untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Bisul memang jarang dialami, namun dalam kondisi tertentu seseorang bisa saja terkena gangguan kulit yang menimbulkan peradangan dan akan terasa sakit jika disentuh. Untuk pengobatan pada bisul dengan menggunakan daun sirsak caranya sangat mudah yaitu dengan menempelkan daun sirsak yang telah dihaluskan pada area kulit yang terkena bisul, agar lebih praktis anda bisa membungkusnya dengan kain kasa.

Cara tersebut juga bisa anda terapkan ketika hendak meringankan gangguan pada kulit seperti penyakit eksim, termasuk juga ketika hendak menghilangkan komedo yang tertanam di dalam pori-pori wajah. Menggunakan masker daun sirsak secara rutin juga akan membuat kulit bebas jerawat karena daun ini juga memiliki kandungan antibakteri.

8. Membasmi kutu rambut
Di jaman sekarang ini memang sudah jarang sekali dijumpai penderita kutu rambut, karena sudah banyak shampoo yang bisa digunakan setiap hari untuk membuat kulit kepala tetap bersih dan bebas kutu tentunya. Namun siapa sangka orang-orang yang ada di sekitar kita kadang juga membawa kutu di atas kepalanya dan dengan sigap kutu-kutu tersebut bebas berpindah tempat, umumnya hal ini sering dialami oleh anak-anak kecil.

Untuk membasmi kutu pada rambut ini alangkah lebih baiknya jika menggunakan obat-obatan herbal, sebab jika menggunakan obat kimia akan memberikan efek yang kurang baik pada kesehatan karena kandungan kimia tersebut bisa terserap oleh kulit kepala, disamping itu aroma dari obat kimia juga menyengat dan bisa membuat seseorang merasa mual dan pusing.

Rebusan daun sirsak bisa anda jadikan alternatif pengobatan yang efektif, nyaman dan aman karena aromanya tidak menyengat dan tidak mengandung zat-zat berbahaya sehingga meskipun bersentuhan dengan kulit kepala dan ada zat yang terserap tidak akan menjadi permasalahan sebab nutrisi dari daun sirsak yang bersifat baik dan tanpa efek samping.

Demikian adalah informasi yang berkaitan dengan manfaat daun sirsak yang semoga dengan mengetahui hal ini, kita tidak terlalu tergantung dengan obat-obatan kimia sebab sudah banyak bahan alami yang bisa kita olah sendiri dengan mudah untuk meringankan gangguan kesehatan.