Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Dan Kecantikan Alternatif Alamiah

Daun sirih telah lama dikenal sebagai salah satu bahan herbal yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Di zaman modern ini para ilmuwan bahkan telah mampu mengungkap kandungan kimia apa saja yang terkandung di dalam selembar daun sirih. Kandungan zat kimia di dalamnya antara lain kavicol, kavibetol, estragol, hidrosikacvicol, minyak atsiri, caryophyllene, cadinene, tannin, pati, seskuliterpena, terpennene, gula, caryophyllene, estragol, hidroksikavicol dan lain-lain. Seiring semakin canggihnya teknik penyulingan dan ekstraksi, diperkirakan di masa mendatang akan ada lebih banyak lagi diungkap senyawa kimia yang terkandung di dalam daun sirih.

Di Indonesia sebenarnya kita mengenal tiga jenis daun sirih yaitu sirih hijau, sirih hitam dan sirih mereah. Ketiga daun sirih ini tumbuh merambat di pepohonan dan umum dibudidayakan di pekarangan. Lalu kira-kira apa saja manfaat daun sirih yang sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan? Berikut ini beberapa di antaranya.

Manfaat Daun Sirih
Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih :

  1. Sebagai Obat Untuk Mengatasi Gejala Asma
  2. Mengatasi Masalah Bau Badan Tak Sedap
  3. Mengatasi Maalah Kewanitaan
  4. Untuk Obat Mimisan
  5. Obat untuk mengatasi luka bakar
  6. Sebagai antiseptik pengobatan jerawat

Yang pertama, daun sirih berkhasiat mengatasi gejala asma. Caranya cukup mudah, ambil 4 lembar daun sirih lalu rebus dengan dua gelas air. Sisakan hingga 1 gelas air dan air rebusan ini diminium secara teratur dua kali dalam sehari. Dengan cara yagn sama, rebusan air daun sirih hijau ini bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

Yang Kedua, bagi anda yang mengalami masalah dengan bau badan tak sedap daun sirih layak untuk mendapatkan perhatian anda. Caranya cukup mudah, ambil dan tumbuk beberapa daun sirih hijau lalu oleskan pada ketiak anda. Lakukan hal ini secara rutin sehabis mandi Insya Allah bau badan tak sedap akan hilang selama-lamanya.

Yang Ketiga, bagi kaum wanita, daun sirih berkhasiat mengatasi masalah kewanitaan yang tidak teratur. Caranya sama seperti di atas yakni dengan meminum rebusan air daun sirih hijau. Air rebusan daun sirih juga dapat dibasuhkan pada bagian organ kewanitaan.

Selanjutnya daun sirih juga memiliki kandungan yang dapat mengatasi mimisan. Caranya gulung daun sirih, dan masukkan ke lubang hidung. Dalam beberapa saat niscaya mimisan akan berhenti dengan sendirinya. Bagi anda yang mengalami sariawan, mengunyah beberapa lembar daun sirih lalu berkumur menggunakan air hangat bisa mengatasi gejala sariawan.

Yang Kelima, daun sirih mampu mengatasi luka bakar. Caranya cukup mudah yakni dengan memanaskan daun sirih sampai layu lalu ditempelkan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Lakukan hal ini secara rutin selama beberapa hari dan luka bakar akan berangsur-angsur pulih. Daun sirih juga ampuh mengatasi gatal-gatal pada kulit.  Selain gatal-gatal penyakit kulit seperti eksim, jerawat, dan perawatan kulit bisa dilakukan dengan memanfaatkan daun sirih. Bekas gigitan nyamuk juga bisa hilang dengan menggunakan daun sirih.

Masih banyak lagi manfaat dari daun sirih yang bisa kita ambil. Bahkan perusahaan-perusahaan farmasi besar saat ini telah mengolah daun sirih sebagai bahan dasar untuk berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Memang, daun sirih sudah terkenal khasiatnya sejak jaman nenek moyang dulu hingga sekarang. Seiring perkembangan zaman, teknik pengolahan dan penyajiannyapun ikut berkembang dan semakin memudahkan kita. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan menambah informasi.