Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Untuk Mengatasi Beragam Penyakit

Manfaat daun kelor tidak hanya seperti yang kita dengan saat menyaksikan film-film horor yang konon mampu menyingkirkan hal-hal gaib saja dan belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Tetapi manfaat dari daun kelor jauh lebih kompleks saat bersentuhan dengan dunia kesehatan. Jika di Indonesia, daun kelor kurang begitu familiar maka tidak demikian di negara-negara lain seperti Etiopia dan Somalia sebab daun yang memiliki bentuk bulat dan kecil ini merupakan makanan sehari-hari dan diolah sebagai sayuran.

Disamping memiliki manfaat dari daunnya, pohon kelor yang bisa mencapai ketinggian hingga 11 meter ini juga memiliki peran yang penting untuk mencegah tanah longsor, sebab akar dari pohon kelor ini cukup rapat sehingga bisa membuat kondisi tanah lebih stabil termasuk juga ketika anda menanam dengan model terasering, disamping itu dengan adanya pohon kelor ini tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitarnya juga akan tetap tumbuh subur meskipun sedang musim kemarau, sebab nantinya air yang dibutuhkan oleh tanaman lain bisa di supply dari air yang tersimpan di dalam akar pohon kelor.

Manfaat Daun Kelor

Begitu besar manfaat tumbuhan ini yang sayangnya belum diketahui oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. WHO telah merilis kandungan nutrisi yang ada pada daun kelor, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Daun kelor mengandung potasium 3x lipat lebih banyak dari buah pisang.
  • Daun kelor memiliki kalsium 4x lipat lebih melimpah dari pada susu.
  • Kandungan vitamin C yang ada di dalam daun kelor jauh lebih melimpah dibandingkan dengan jeruk yaitu 7x lipat lebih banyak.
  • Daun kelor mengandung vitamin A 4x lipat lebih banyak ketimbang vitamin A yang ada pada wortel.
  • Kandungan protein pada daun kelor 2x lipat lebih banyak dari protein yang ada pada susu.

Dari segudang nutrisi yang dimiliki oleh daun kelor, maka organisasi bertaraf internasional ini menobatkan pohon kelor sebagai Miracle Tree, yang bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam menjaga kesehatan dan juga lingkungan. Lalu seperti apakah keampuhan dari khasiat daun kelor saat bersentuhan langsung dengan berbagai kondisi kesehatan tubuh seseorang ? berikut akan diuraikan secara lebih detail manfaat-manfaat dari daun kelor.

1. Mengatasi obesitas
Permasalahan obesitas atau berat badan yang terlalu berlebihan sudah mewabah tidak hanya di Indonesia saja namun juga di negara-negara maju lainnya. Ada banyak sekali metode diet penurunan berat badan dan anda bebas memilih yang menurut anda paling aman dan efektif.
Sekedar untuk mengingatkan saja, bahwa daun kelor ini juga memiliki peran yang sangat dominan untuk menurunkan berat badan seseorang tanpa harus membahayakan kesehatan organ pencernaan. Sebab cara kerja dari daun kelor ini sangat masuk akal, yaitu dengan meningkatkan sistem metabolisme tubuh dengan lebih baik sehingga kalori yang ada di dalam tubuh lebih cepat terbakar dan diubah menjadi energi, dengan demikian tubuh akan lebih sedikit menimbun lemak. Hal ini tidak lepas dari sifat alami daun kelor yang mana bila dikonsumsi akan mudah sekali diserap oleh usus.

2. Pengganti suplemen
Kegiatan sehari-hari seseorang kadang kala terasa begitu melelahkan sehingga kebanyakan orang akan mengonsumsi suplemen dan multivitamin untuk membuat tubuh tetap memiliki energi yang optimal. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki kondisi tubuh yang baik sehingga seringkali terjadi alergi saat mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang biasanya identik dengan vitamin C dan akhirnya menjadi bermasalah ketika dikonsumsi oleh penderita maag atau gangguan lambung lainnya.
Berbeda halnya ketika anda mengonsumsi the daun kelor yang sudah pasti tidak akan mengganggu sistem pencernaan anda namun efektif menyuplai segala kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, karena seperti yang sudah teruraikan pada point-point kandungan nutrisi daun kelor di atas, yang mana sudah lebih dari cukup untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh.

3. Mengatasi permasalahan pada pencernaan
Masing-masing orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda, ada kalanya sistem pencernaan yang dimilikinya sangat sensitif sehingga sering kali mengalami diare ataupun sakit perut. Pengobatan tradisional dengan daun kelor sudah banyak membantu para penderita gangguan pencernaan tersebut.

4. Menjaga kesehatan organ-organ tubuh
Seperti kita ketahui bahwa di dalam daun kelor tidak hanya tersedia satu nutrisi saja melainkan lebih dari itu, mulai dari vitamin A, vitamin C dan juga Kalsium, sehingga sudah barang tentu daun kelor ini akan mampu dijadikan sebagai senjata untuk membuat organ-organ tubuh lebih sehat dan terjaga. Misalnya saja vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin C untuk daya tahan tubuh yang lebih kuat dan kalsium untuk menjaga kekuatan gigi dan tulang.

5. Mengobati gangguan kulit
Kulit merupakan bagian pertahanan tubuh yang paling luar dan seringnya mengalami masalah, jika sudah demikian tidak hanya akan mengurangi rasa nyaman saja namun juga akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang.
Beberapa gangguan kulit yang bisa terbantu penyembuhannya dengan daun kelor adalah penyakit herpes, kurap, gatal-gatal dan bahkan luka bernanah. Untuk pengobatan yang demikian ini bisa melalui pengobatan dari luar maupun dari dalam. Pengobatan dari luar ini caranya adalah dengan membubuhkan daun kelor yang sudah di haluskan pada kulit yang sedang sakit.
Termasuk di sini adalah ketika anda mulai memasuki usia 40 tahun ke atas dan muncul flek-flek hitam pada kulit, maka cara yang sama bisa membuat flek hitam tersebut pudar dan bahkan menghilang.

6. Mengatasi nyeri sendi
Nyeri pada sendi bisa dialami oleh siapa saja, tak terkecuali and ayang masih dalam usia produktif. Terlalu lelah dan kurangnya asupan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang bisa menjadi salah satu penyebabnya, untuk mengatasi permasalahan nyeri sendi seperti pegal linu atau bahkan rematik anda bisa menjadikan daun kelor yang telah dihaluskan untuk kemudian ditempelkan pada area yang sakit.

7. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh
Daun kelor dapat membantu meningkatkan kemampuan kerja ginjal dan hati yang mana kedua organ vital tersebut berperan penting sebagai organ eksresi, dengan kata lain jika kedua organ tubuh tersebut menguat perannya maka racun-racun yang ada di dalam tubuh akan lebih mudah dikeluarkan dan pada akhirnya kondisi tubuh anda akan lebih bugar dan sehat.

8. Anti kanker
Selain untuk pengobatan, daun kelor juga berperan untuk mencegah berbagai macam penyakit serius salah satunya adalah untuk menekan pertumbuhan sel kanker.

9. Mencegah diabetes
Diabetes adalah penyakit yang lumrah di alami oleh setiap orang, namun sayangnya mereka yang sudah positif terkena kencing manis harus paham bahwa penyakit ini tidak bisa disembuhkan melainkan hanya berupaya untuk menjaga tubuh agar kadar glukosa darah tetap stabil. Dengan mengonsumsi daun kelor, risiko terkena diabetes jadi lebih kecil yang itu artinya akan membuat harapan hidup seseorang jadi lebih panjang.

Tersebut diatas adalah informasi yang berkaitan dengan segala macam manfaat yang dimiliki oleh daun kelor, semoga dengan informasi ini ketergantungan manusia pada obat-obatan kimia menjadi semakin berkurang.