Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat buah naga yang diketahui oleh sebagian besar orang selama ini adalah mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, karena memang buah naga mengandung banyak sekali air yang bahkan mencapai 87 gram dalam satu butirnya. Di Indonesia sendiri buah naga memang tergolong masih baru, sebab memang buah ini tidak berasal dari Indonesia melainkan dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Tampilan dari buah naga juga cukup unik dan tidak sama dengan buah-buah lain pada umumnya membuat buah naga menjadi semakin populer karena dianggap langka dan berkarakter, nama buah naga itu sendiri juga terinspirasi dari perwujudannya yang memiliki tampilan seperti sisik naga. Pada awal kemunculannya buah naga dijual dengan harga yang sangat mahal karena masih langka, namun seiring dengan berjalannya waktu budidaya buah naga rupanya sukses dilakukan di kawasan Asia dan tak terkecuali juga Indonesia.

Ternyata tidak sulit untuk bisa membuat tumbuhan ini menghasilkan buah yang baik, sehingga saat ini jumlah buah naga menjadi meningkat dan mempengaruhi harga dari buah naga menjadi lebih terjangkau.

Buah Naga

Sebelum kita membahas mengenai manfaat buah naga yang sangat melimpah, ada baiknya untuk kita memahami kandungan apa sajakah yang ada di dalam buah yang berwarna merah keunguan ini. Dalam satu butir buah naga kandungan yang paling dominan adalah air, disusul kemudian dengan vitamin C, protein, vitamin B3, karbohidrat, fosfor, zat besi, vitamin B12, kalsium dan serat. Jika dilihat dari kandungannya tersebut tentu saja tidak mengherankan jika siapa saja yang mengkonsumsi buah naga akan langsung merasa kenyang dan juga meredakan rasa harus. Secara spesifik manfaat buah naga akan dijabarkan pada uraian berikut.

Manfaat Dan Khasiat Buah Naga

1. Mencegah penyakit kanker

Sebagai jenis penyakit yang paling ganas dan sulit untuk disembuhkan, tentu semua orang berupaya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, salah satu caranya adalah dengan memenuhi kebutuhan antioksidan pada tubuh, dan zat antioksidan yang ada di dalam buah naga sudah cukup untuk menguatkan antibodi dan menghalau berbagai macam jenis penyakit termasuk efek buruk radikal bebas yang bisa memberikan celah tumbuhnya sel kanker.

2. Membantu mengurangi berat badan

Jika saat ini anda mengalami permasalahan obesitas atau kelebihan berat badan dan merasa sulit untuk mengontrol nafsu makan, maka buah naga bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti camilan ataupun untuk tetap membuat perut terasa kenyang meskipun porsi makan Anda berkurang. Sebab seperti kita ketahui buah naga memiliki nutrisi yang lebih dari cukup, salah satunya adalah serat yang akan membuat perut merasa kenyang lebih lama, karbohidrat yang rupanya juga bisa anda dapatkan tanpa harus mengkonsumsi nasi dalam jumlah yang banyak.

3. Mencegah penyakit diabetes

Penyakit kencing manis atau yang juga dikenal dengan diabetes sudah semakin merajalela, bahkan untuk mereka yang belum memasuki usia lanjut sudah banyak yang menderita penyakit tersebut. Pola hidup yang tidak sehat dan mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi serta kurangnya gerak badan menjadi faktor utama penyebab banyaknya orang menderita penyakit diabetes ini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa melakukan kegiatan olahraga memang cukup melelahkan dan membutuhkan waktu, untuk membantu tubuh anda tetap bugar dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh anda tetap normal maka anda bisa mengkonsumsi buah naga secara rutin, tetapi juga harus tetap diimbangi dengan pengendalian nafsu makan agar tidak terlalu berlebihan. Termasuk juga dengan melakukan cek kadar gula darah secara rutin karena dengan cara ini kita akan selalu diingatkan untuk terus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

4. Mengatasi permasalahan asma

Kesulitan dalam bernafas saat berada di lingkungan yang berdebu atau dalam kondisi yang tertekan biasa disebut dengan asma, penyakit ini cukup berbahaya apalagi jika tidak selalu didampingi oleh orang terdekat. Disamping itu penyakit asma biasanya juga akan menular pada generasi penerus seperti anak, bagi Anda yang saat ini mengalami permasalahan pada pernafasan seperti penyakit asma, selain harus menjaga tubuh tetap fit dan mengurangi kegiatan di malam hari, juga bisa mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin karena akan sangat membantu anda untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga asma tidak akan mudah kambuh. Sebab asma akan lebih sering kambuh ketika daya tahan tubuh menurun, sehingga terjadi sedikit pemicu akan langsung memberikan efek yang negatif.

5. Menguatkan tulang dan gigi

Karena memang buah naga mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk membuat tulang dan juga gigi lebih kuat dan tidak mudah keropos, buah ini juga mengandung zat besi dan juga fosfor. Kolaborasi ketiga kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat untuk membuat tulang anda tidak mudah keropos, sangat bagus untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan termasuk juga untuk wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun ke atas karena sudah mendekati masa menopause yang akan memberikan efek pada tulang menjadi mudah keropos ataupun osteoporosis.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Permasalahan kolesterol jahat yang ada di dalam darah memang cukup sering dijumpai dan rata-rata akan dialami oleh mereka yang jarang melakukan kegiatan fisik dan jarang berkeringat, kolesterol jahat adalah lemak yang bercampur di dalam darah dan bisa mengendap yang jika dibiarkan secara terus menerus akan membuat permasalahan kesehatan lain bermunculan.

Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah Anda bisa mencoba untuk mengganti minyak goreng yang biasa anda gunakan dengan minyak zaitun ataupun minyak jagung, sembari mengkonsumsi buah naga secara rutin, sebab di dalam buah naga terkandung vitamin B3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat dalam darah tetap terkontrol termasuk juga untuk menguranginya jika terjadi peningkatan secara signifikan.

7. Meningkatkan kadar sel darah merah ( hemoglobin )

Salah satu kandungan buah naga yang cukup dominan adalah Vitamin B12 yang selama ini sudah terbukti mampu meningkatkan kandungan hemoglobin. Sel darah merah itu sendiri berperan sangat penting untuk keberlangsungan sistem metabolisme tubuh, hemoglobin memiliki peran untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh kemudian mendistribusikan karbondioksida untuk dikeluarkan dari tubuh.
Jika sel darah merah berkurang jumlahnya maka sudah pasti akan berakibat kurang baik pada kondisi kesehatan tubuh seseorang.

8. Anti aging

Efek radikal bebas tidak hanya mempengaruhi kinerja organ-organ vital yang ada dalam tubuh manusia namun juga mempengaruhi penampilannya menjadi terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Proses ini dinamakan dengan penuaan dini dan bisa dipengaruhi oleh radikal bebas. Pengaruh buruk radikal bebas bisa ditekan dengan mengonsumsi makanan atau buah yang kaya akan kandungan antioksidan seperti buah naga.

Dengan manfaat yang begitu banyak buah naga bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan sumber nutrisi yang murah dan mudah untuk di dapatkan, rasanya yang segar membuat kita tidak akan merasa kesulitan untuk mengonsumsinya, sehingga anggapan bahwa hidup sehat harus dengan perjuangan yang tidak enak menjadi pudar dengan adanya buah naga ini.