Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

Manfaat bawang putih yang selama ini tercatat di memori kita adalah sejenis bumbu masakan yang memiliki aroma menyengat namun apabila dicampurkan dengan berbagai macam bumbu lain maka masakan tersebut menjadi lebih lezat. Hampir semua orang sudah menyepakati hal tersebut sebab di seluruh penjuru dunia sudah pasti menggunakan bawang putih yang masih termasuk dalam kategori umbi-umbian ini sebagai bumbu masakan.

Dalam beberapa tahun ini, penelitian menyebutkan bahwa ada kandungan-kandungan nutrisi yang dimiliki oleh bawang putih yang pada akhirnya menunjukkan bahwa benda tersebut tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk melezatkan masakan saja namun juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan manusia.

Karena aroma dari bawang putih yang menyengat dan paradigma bahwa penggunaan bawang putih hanya untuk memasak, hasilnya masyarakat enggan untuk mengonsumsi bawang putih secara rutin dalam jumlah yang cukup.
Agar kita semua paham bahwa ada potensi luar biasa yang dimiliki oleh bawang putih, ada baiknya untuk kita menyimak uraian mengenai kandungan nutrisi dari bawang putih beserta manfaatnya untuk kesehatan manusia.

Manfaat Bawang Putih

1. Aroma menyengat bawang putih berasal dari senyawa Allicin, apakah manfaatnya ?
Ya, rupanya dinding penghalang bagi masyarakat yang enggan mengonsumsi bawang putih lebih banyak yaitu berupa aromanya yang kurang sedap dan menyengat justru menjadi satu alasan kuat mengapa bawang putih ini diunggulkan sebagai herbal alami untuk menjaga kesehatan tubuh.
Sejak zaman Mesir Kuno rupanya bawang putih sudah digunakan sebagai obat herbal, karena mereka menyadari bahwa di dalamnya terdapat senyawa Alicin yang juga merupakan komponen utama dan mendominasi kandungan nutrisi bawang putih.
Meskipun pada akhirnya memberikan efek aroma menyengat, namun senyawa Allicin ditengarai mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi seseorang diantaranya adalah :
• Membantu menurunkan berat badan.
• Mencegah darah menggumpal.
• Mengurangi potensi hipertensi.
• Anti kanker.
• Sebagai antioksidan dan anti bakteri.
Setelah mengetahui fakta ini, tentu kita tidak akan enggan lagi mengonsumsi bawang putih meskipun aromanya yang sangat menyengat.

2. Anti kanker
Kanker adalah penyakit yang paling menakutkan karena paling sulit untuk disembuhkan dan biaya perawatannya yang relatif mahal. Padahal hampir semua orang memiliki sel kanker dalam tubuhnya. Sel kanker tersebut sewaktu-waktu bisa berjaya dan menguasai sel-sel tertentu dalam tubuh jika seseorang tidak menjaga kesehatan dengan baik serta tidak menerapkan pola hidup sehat.
Mengingat bahwa setiap detiknya kesehatan kita terus dalam ancaman sel kanker maka sudah selayaknya untuk kita terus membentengi tubuh dengan zat-zat tertentu yang mampu untuk menekan sel kanker tersebut, dan rupanya bawang putih memiliki zat tersebut. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin dalam jumlah yang cukup maka pertumbuhan sel kanker dapat ditekan dengan maksimal.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Penyakit darah tinggi tentu sudah sangat familiar di telinga kita, tidak hanya mereka yang sudah memasuki usia lanjut saja yang bisa mengalaminya namun juga mereka yang masih dalam usia produktif dan bahkan dewasa ini anak-anak juga sudah mulai terkena gejala hipertensi.
Kondisi yang cukup memprihatinkan ini disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji adalah penyebab yang paling utama dan biasanya makanan cepat saji ini banyak disukai oleh anak-anak.
Untuk mencegah dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi maka anda bisa mengonsumsi bawang putih, sebab dari penelitian telah terbukti bahwa bawang putih mampu menurunkan tekanan darah dengan angka yang cukup signifikan yaitu 7 – 8 %, dan tentu saja lebih aman dibandingkan anda mengonsumsi obat-obatan kimia yang umumnya juga bisa menimbulkan efek samping lainnya.

4. Sumber nutrisi
Siapa yang sangka benda kecil berwarna putih ini menyimpan nutrisi yang sangat besar dan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi manusia di setiap harinya.
Dalam 136 gram bawang putih tubuh anda akan mendapatkan nutrisi-nutrisi yang komplit, diantaranya adalah :
– Menyumbang kebutuhan vitamin C sebesar 71% pada tubuh.
– Menyumbang kebutuhan Kalsium sebesar 25% pada tubuh.
– Menyumbang kebutuhan Zat Besi sebesar 13% pada tubuh.
– Menyumbang kebutuhan karbohidrat sebesar 15% pada tubuh.
– Menyumbang kebutuhan serat sebesar 11% pada tubuh.
Anda tidak akan pernah menyangka bukan? Hanya dengan mengonsumsi sejumlah bawang putih maka kebutuhan nutrisi-nutrisi dalam tubuh anda sudah tercukupi, dan kabar baiknya adalah bawang putih sama sekali tidak mengandung lemak jenuh ataupun kalori sehingga nyaris tanpa menimbulkan efek samping.

5. Antioksidan
Pengaruh radikal bebas memang sangat negatif dan membahayakan kondisi kesehatan tubuh manusia dalam jangka panjang, padahal setiap hari dan bahkan setiap menitnya tubuh manusia selalu bersentuhan dengan radikal bebas tersebut.
Dengan ditemukannya zat antioksidan maka radikal bebas bisa teratasi sehingga manusia bisa memiliki harapan hidup lebih lama. Sayangnya selama ini kita menganggap bahwa zat antioksidan ini hanya ada pada buah-buahan saja, padahal antioksidan juga terkandung cukup tinggi di dalam bawang putih.
Disamping memiliki zat antioksidan, bawang putih juga memiliki kemampuan untuk menangkal virus dan juga bakteri sehingga bisa menekan serta mencegah pertumbuhan jamur, virus dan juga cacing dalam tubuh manusia.

6. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari umumnya bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, karena standarnya adalah rasa yang lezat tanpa memperhatikan nutrisi maupun kandungan buruk yang ada di dalamnya. Kolesterol jahat adalah zat yang paling sering ada dalam makanan yang kita konsumsi karena, kolesterol jahat sama dengan masakan yang lezat.
Mengonsumsi makanan yang lezat memang tidak salah karena hal tersebut bisa menggugah selera makan, nah agar kelezatan di lidah ini tidak mengesampingkan kesehatan tubuh karena kandungan kolesterolnya yang tinggi maka anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi bawang putih.
Sebab telah dibuktikan bahwa bawang putih bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sebanyak 10 – 15 % tanpa mengurangi kadar kolesterol baik dalam tubuh. Sehingga bawang putih sangat aman untuk dijadikan obat herbal penurun kolesterol.

7. Kecantikan
Selain bisa menanggulangi penyakit-penyakit berat, bawang putih juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan kulit seseorang. Misalnya saja untuk anda yang mengalami permasalahan kulit berjerawat dan muncul komedo, maka anda bisa mengolah bawang putih ini dengan cara dihaluskan dan kemudian oleskan pada daerah yang anda kehendaki, diamkan selama 10 menit agar bisa membuahkan hasil yang optimal. Bawang putih juga bisa digunakan untuk memudarkan noda yang menimbulkan bekas luka.
Tersebut di atas adalah informasi yang berkaitan dengan manfaat bawang putih. Bagi anda yang saat ini sudah mulai terbuka wawasannya dan ingin mengonsumsi bawang putih secara rutin, maka ada beberapa tips yang bisa anda praktekkan agar mengonsumsi bawang putih ini terasa lebih menyenangkan, yaitu :
– Mencampurkan bawang putih dengan segala jenis olahan masakan yang ditumis dalam jumlah yang lebih banyak.
– Mengolahnya menjadi sambal.

Silahkan mencoba salah satu dari kedua cara tersebut di atas, namun yang paling direkomendasikan adalah mengonsumsi bawang putih secara langsung seperti ketika menelan pil.