Cara Ampuh Mengatasi Kunci Stang Rusak Atau Macet Pada Motor

Kendaraan roda dua memang masih menjadi idola bagi seluruh masyarakat Indonesia karena dianggap lebih ekonomis, irit bahan bakar dan juga bisa memecah kemacetan. Meskipun memiliki banyak sekali penggemar tetapi ada beberapa kondisi dimana kendaraan roda dua mengalami permasalahan salah satunya yang paling sering adalah pada bagian kunci stang.

Salah satu permasalahan yang paling kerap terjadi adalah kunci stang mengalami kemacetan atau bahkan kerusakan, jika sudah demikian tentu saja diperlukan kiat-kiat khusus agar nantinya kunci stang kembali bekerja dengan normal dan untuk mengatasi hal tersebut anda tidak harus selalu menyerahkan hal ini pada bengkel yang nantinya akan membuat Anda mengeluarkan biaya tambahan tetapi mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan trik berikut ini.

– Beri minyak pelumas atau oli pada anak kunci dari kendaraan motor Anda dengan oli yang masih bersih atau bisa juga dengan menggunakan minyak goreng dengan cara ini diharapkan nantinya kunci stang yang sebelumnya macet atau mengalami kerusakan agar lebih mudah terbuka karena bisa jadi salah satu penyebab dari kemacetan kunci stang tersebut adanya kotoran yang mengeras dan membuat kunci stang tidak bisa berfungsi dengan baik.

– Jika anak kunci sudah dilumasi menggunakan oli ataupun minyak goreng maka kemudian lakukan seperti biasanya yaitu memasukkan anak kunci ke dalam lubang kunci, sebelum anda memutar anak kunci tersebut maka lakukan langkah dimana anda bisa memasukkan dan mengeluarkan anak kunci tersebut dalam posisi yang sama, Ingat jangan memutar terlebih dahulu agar nantinya hasil pelumasan pada anak kunci tersebut juga turut melumasi bagian dalam dari kunci stang.

– Setelah anda melakukan langkah tersebut beberapa kali maka anda bisa mencoba untuk memutar anak kunci tersebut sesuai dengan keinginan Anda secara perlahan-lahan jangan terlalu memaksakan jika memang belum bisa berputar dengan lancar karena hal tersebut hanya akan merusak kunci stang di mana kunci bisa patah dan tertinggal di dalam.

Selain penting untuk mengetahui cara mengatasi kunci stang motor yang macet ataupun rusak anda juga perlu tahu apakah penyebab dari kondisi tersebut agar nantinya akan lebih baik melakukan pencegahan daripada penanganan yang lebih serius.

Salah satu penyebab mengapa kunci stang motor mengalami kemacetan atau kerusakan adalah kurangnya menjaga dan merawat setiap komponen motor yang anda sayangi, karena memang untuk merawat kendaraan tidak harus selalu dengan merawat bagian mesinnya saja tetapi juga komponennya secara menyeluruh termasuk pada bagian kunci stang yang memang memiliki peran yang sangat penting.

Apalagi jika kendaraan Anda memang sudah cukup lama anda gunakan maka kemungkinan besar area kunci kontak motor Anda sudah terlalu banyak debu yang menempel dan juga bisa diakibatkan oleh terlalu sering terkena guyuran hujan karena air hujan memang tidak terlalu bagus untuk benda-benda logam.