Kredit Rumah Murah Di Bandung atau Angsuran Bertahap?

Kredit Rumah Murah Di Bandung atau Angsuran Bertahap – Punya sebuah rumah itu impian setiap orang. Terlebih sekarang ini sudah banyak penawaran kredit rumah murah di Bandung yang membuat semua orang menjadi terbantu.

kredit rumah murah di bandung

Karena ternyata masih ada banyak sejumlah orang yang belum mempunyai sebuah rumah. Itu karena harga rumah selalu naik. Sehingga, mereka tidak bisa membayar atau membeli rumah tersebut. jadi, dengan adanya pinjaman kredit rumah murah di Bandung ini, tentu saja ini akan sangat membantu sekali untuk mereka yang belum bisa membayar secara tunai. Selain itu, sekarang ini juga ada cicilan bertahap.

Baca juga: Penghasilan 2 Juta Bisa Kredit Rumah Lewat Bank

Bila dibandingkan di antara kedua jenis angsuran rumah ini, terdapat kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimanakah perbedaan di antara keduanya, sebaiknya simak beberapa ulasan di bawah ini:

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Rumah di Bandung

Di antara banyak pinjaman untuk membeli sebuah rumah di Bandung, kredit rumah murah di Bandung inilah yang merupakan salah satu angsuran yang paling disukai oleh para customer. Kredit tersebut melibatkan perbankan guna menyalurkan pinjaman pada nasabahnya. Untuk besaran bunganya sendiri juga bervariatif, bergantung dari kebijakan pihak bank yang bersangkutan.

Kelebihan Kredit Rumah di Bandung

Bila dibandingkan dengan model cicilan bertahap, untuk masa tenor pinjaman yang ditawarkan oleh kpr ini jauh lebih lama, sedangkan untuk maksimal angsurannya adalah bisa sampai dengan 20 th. Makin panjang dan lama tenor pinjamannya, hal ini membuat makin kecil pula angsuran yang wajib dibayarkan di setiap bulan.

Itu artinya bahwa skema kpr ini jauh lebih terjamin. Hal ini dikarenakan property yang akan Anda beli akan dilengkapi dengan sebuah asuransi.

Kekurangan Kredit Rumah di Bandung

Untuk mendapatkan pinjaman dana di bank itu cukup susah dan sulit. Anda harus melengkapi semua data yang ditetapkan, misalnya saja seperti KK,  NPWP, slip gaji, surat keterangan karyawan tetap, buku tabungan, dan lain-lain.

Prosedur pinjaman dana di bank ini biasanya cukup lama. Itu karena pihak analisis dari bank akan memsurvey tempat tinggal Anda dan juga memenuhi kelengkapan  data. Umumnya, paling cepat nanti pihak bank akan menyetujui pinjaman dalam waktu 14 hari dalam masa kerja. Ada juga yang baru memberikan dana selama berbulan-bulan.

Besaran bunga yang akan ditawarkan oleh perbankan fluktuatif ini biasanya mengikuti suku bunga yang ditentukan pihak Bank Indonesia, dan umumnya selalu naik di tiap tahun.

Kelebihan Cicilan Bertahap

Dalam hal ini, pemohon nanti tidak harus mengumpulkan data seperti saat sedang meminjam kpr. Selain itu, bunga pinjaman yang ditetapkan biasanya tetap, dan masa tenornya juga tidak panjang. Sehingga, Anda tidak memiliki kewajiban utang.

Kekurangan Cicilan Bertahap

Unutk masa cicilan rumah ini biasanya kurang fleksibel. Jadi, tidak sama seperti pinjaman yang dilakukan lewat kpr. Umumnya rata-rata developer akan memberi masa pinjaman angsuran selama 12x dari pembayaran, yaitu selama 1 th sampai dengan 60x pembayaran, yaitu selama 5 th.

Karena masanya tidak begitu lama, sehingga besaran angsurannya menjadi lebih besar dari pinjaman kpr. Selain itu, untuk uang down payment sendiri juga menjadi lebih besar, yaitu sebesar 30% sampai dengan 50%.

Bisa dibilang bahwa angsuran bertahap ini cocok sekali untuk yang berduit. Karena masa tenornya tidak fleksibel. Namun, Anda harus melihat dulu tentang record pengembang. Itu harus jelas. Jangan sampai ternyata masa cicilan Anda sudah selesai, namun pengembangnya sendiri belum selesai dalam membangun proyeknya.