Kredit Rumah Haram, Penyetornya Kena Laknat

Kredit Rumah Haram, Penyetornya Kena Laknat – Ternyata, kredit rumah haram itu juga berdampak pada penyetornya juga. Jadi, sebenarnya tidak hanya mereka yang memakan riba atau sebagai renternir saja yang bisa terkena celaan dan laknat. Bahkan, untuk penyetor riba atau sebagai nasabahnyapun yang sedang meminjam juga bisa terkena celaan dan laknat dari Allah.

Kredit Rumah Haram, Penyetornya Kena Laknat

Dalam hal ini sudah tertuang dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Shahih Muslim, dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu Anhu, dimana dalam haditsnya telah disampaikan, bahwa Rasulullah telah melaknat para pemakan riba atau renternir dan juga penyetor riba atau nasabahnya, beserta penulis yang menjadi transaksi terjadinya riba beserta 2 saksi yang sudah menyaksikan terjadinya transaksi riba tersebut. Mereka semua memiliki dosa yang sama. Hal ini tertuang dalam HR. Muslim, dengan nomor 1598.

Baca juga: Dp Rumah untuk Kredit Rumah Jaminan BPJS senilai 480 Juta Rupiah

Mau tahu kenapa penyetornya juga terkena laknat?

Dalam hal ini, kredit rumah haram juga berdampak pada penyetornya juga yang mendapatkan laknat, itu karena penyetor telah memberikan pertolongan untuk melakukan kebatilan bagi sang peminjam atau renternir. Dalam hadits Imam Nawawi telah disabdakan bahwa, hadits yang sudah disampaikan sebelumnya di atas merupakan penjelasan tentang haramnya melakukan tolong menolong untuk tujuan kebatilan. Hal ini juga tertuang dalam Syarh Shahih Muslim, 11: 23.

Sehingga, bisa ditarik keismpulan, bahwa sudah seharusnya untuk  para penyetor riba segera bertaubat dan juga melakukan tekat yang kuat untuk melunasi semua hutangnya.

Wajib Menghindari Riba

Jika sudah jelas bahwa kredit rumah haram dan kita semua dilarang ikut serta untuk melakukan segala macam transaksi riba juga, termasuk untuk para peminjamnya juga, maka sudah seharusnya untuk para muslim mencari jalan yang lebih baik dan halal untuk memenuhi semua kebutuhan primer mereka, termasuk untuk memenuhi kebutuhan papan.

Mempunyai rumah menggunakan system kredit KPR itu bukanlah hal yang darurat. Itu karena Anda masih memiliki banyak cara yang halal yang bisa dilakukan untuk tinggal di sebuah rumah yang beratap lewat rumah kontrakan, sambil belajar untuk mengangsur. Dengan begitu, Anda bisa tinggal di rumah untuk tempat tinggal Anda sendiri.

Ada baiknya pula bila Anda harus lebih pandai dalam menghemat dari segi pengeluaran Anda tersebut. Dengan begitu, Anda nanti bisa membangun sebuah rumah secara perlahan dilihat dari bagaimana cara membeli tanahnya sampai dengan proses untuk pembangunan bangunan yang bisa layak untuk dihuni.

Anda harus selalu mengingat sabda dari Rasulullah yang telah menyatakan, bahwa sesungguhnya bila Anda telah meninggalkan sesuatu yang jelek karena Allah, maka nanti Allah akan memberikan ganti untuk Anda dengan suatu hal yang lebih baik untuk Anda. Hal ini juga telah tertuang dalam HR. Ahmad, 5: 363.

Itu artinya, siapa saja yang sudah menempuh jalan yang lebih halal, itu akan membuat Allah memberikan semua hal yang paling baik di dunia. Untuk mereka yang mau bersabar dalam mencari jalan yang halal, maka Allah akan memberikan kemudahan untuk mereka yang mau bersabar tersebut. Maka dari itulah, Anda harus selalu yakin. Bahwa Allah yang hanya akan memberikan taufik untuk Anda, bukan yang lain.

Bila Anda sendiri tidak mau yakin dengan apa yang sudah Anda yakini, maka hal tersebut akan mempersulit diri Anda sendiri untuk mendapatkan kemudahan. Maka dari itulah, selalu percayalah pada kepercayaan Anda, yaitu Allah SWT.