Kredit Rumah Atau Ngontrak? Mana yang Terbaik?

Kredit Rumah Atau Ngontrak? Mana yang Terbaik? – Banyak sekali pertanyaan antara kredit rumah atau ngontrak. Keduanya sekarang telah menjadi dilemma bagi kebanyakan orang selama bertahun-tahun.

Kredit Rumah Atau Ngontrak? Mana yang Terbaik?

Hal tersebut memang sangat krusial sekali, mengingat kini memiliki rumah adalah hal yang paling penting.

Baca juga: Kredit Rumah di Muara Enim Murah dan Mudah

Namun, sebaiknya, untuk menjawab pertanyaan tentang kredit rumah atau ngontrak, Anda jawab dulu 5 pertanyaan sederhana di bawah ini!

  1. Apakah Anda bebas terhadap kredit macet atau gagal bayar selama 1 th terakhir ini, khususnya juga masuk dalam pembayaran kartu kredit? Karena sejarah dari kredit Anda tersebut selalu dicatat pihak bank Indonesia dan juga perusahaan pembiayaan sebagai referensi Anda.
  2. Apakah Anda memiliki dana tabungan untuk membayarkan uang DP sebesar 20% nantinya dari rumah yang akan Anda beli? Karena salah satu persyaratan pertama yang kerap diberikan adalah Anda harus membayar dana sebesar 20% dari harga jualnya.
  3. Apakah Anda mempunyai pendapatan yang tetap di setiap bulannya? Itu penting sekali untuk memastikan bahwa Anda bisa membayar angsuran kredit tersebut setiap bulan. Maka dari itulah selalu dibutuhkan sebuah slip gaji dan juga rekening Koran.
  4. Apakah penghasilan bulanan Anda bila dibagi dengan harga jual rumah tersebut lebih dari 2,3 %? Ini didapat dari angsuran KPR selama 20 th dengan uang DP sebesar 20%.
  5. Dapatkah Anda menyisihkan sebesar 30% dari penghasilan setiap bulan Anda untuk membayar angsurannya tersebut? Sedangkan 70% untuk kebutuhan hidup.

Nah, bila semua jawaban dari pertanyaan di atas itu, “Ya”, maka sudah jelas bila pertanyaan kredit rumah atau ngontrak ini telah bisa dijawab. Karena bila ya, itu artinya Anda lebih baik segera membeli rumah dengan cara KPR.

Namun, jika ada 1 atau bahkan lebih yang jawabannya, “Tidak”, maka sebaiknya jangan membeli rumah lebih dulu, meskipun itu dengan cara kredit. Karena, bila ada pertanyaan kredit rumah atau ngontrak dan Anda memilih untuk kredit dalam pertanyaan di atas yang jawabannya, “tidak”, hal tersebut akan menyulitkan diri Anda sendiri.

Karena sudah jelas bahwa Anda akan kesulitan untuk membayar angsurannya. Maka dari itulah, disarankan agar Anda menyewa rumah terlebih lebih dulu sampai pada waktunya Anda mampu untuk membayar uang muka dan angsurannya setiap bulan selama 20 th atau bahkan kurang.

Yang pasti, Anda tak perlu khawatir dengan kata yang namanya, “kredit” tersebut. Asalkan Anda memang sudah merencanakannya lebih dulu dan telah menjalankan komitmen Anda dengan sangat baik, maka kredit bisa menjadi jalan keluar untuk Anda yang ingin mempunyai sebuah rumah.

Yang jelas, jangan pernah memaksakan kehendak Anda melebihi dair batas kemampuan Anda. Karena, bila dalam pertanyaann kredit rumah atau ngontrak, Anda memilih untuk kredit rumah padahal Anda sendiri belum cukup kuat atau mampu untuk membayar angusarannya, hal tersebut bisa membawa dampak yang negative untuk Anda sendiri.

Bisa saja hal tersebut akan membuat Anda mengalami kredit macet dan mengalami gagal bayar. Akibatnya, belum genap Anda menempati rumah tersebut selama 1 th atau belum genap Anda menikmati rumah tersebut, namun Anda harus segera pergi dan meninggalkan rumah tersebut dikarenakan Anda tidak mampu membayar angsuran rumah tersebut.

Sehingga, mau tidak mau, rumah tersebut harus dijual kembali oleh bank, dan Anda harus segera pergi mengangkat kaki Anda dari rumah tersebut. Tentu ini bukanlah hal yang menarik kan?