Penyebab Dan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Bahan Alami

Kolesterol dalam tubuh manusia sebenarnya tidak selalu memberikan efek buruk, karena ada dua jenis kolesterol yang ada di dalam tubuh yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Sesuai dengan namanya untuk kolesterol baik memang sangat diperlukan oleh tubuh dan sebaliknya kolesterol jahat akan sangat merugikan kesehatan. Sayangnya fakta di lapangan hampir semua orang justru menimbun kolesterol jahat di dalam tubuh, penyebabnya bervariatif namun secara umum salah satu penyebab tingginya kolesterol jahat dalam tubuh adalah karena gaya hidup yang tidak sehat.

Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu utama mengapa kondisi kesehatan seseorang menjadi tidak baik, yang salah satunya juga berpengaruh pada kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh. Yang dimaksud dengan gaya hidup disini mencakup berbagai hal, khususnya adalah jenis makanan yang dikonsumsi dan juga kegiatan yang biasa dilakukan, dan secara rinci akan dibahas pada uraian berikut ini :

Kolesterol

– Kerap mengkonsumsi makanan yang mengandung Lemak jenuh dan lemak Trans
Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan secara nyata mengandung kolesterol yang tinggi sudah pasti akan memicu penambahan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Jenis makanan yang terindikasi mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi diantaranya adalah daging sapi, daging ayam, susu, kuning telur, mentega dan juga keju. Cara pengolahan makanan-makanan tersebut semakin memperburuk kondisi kesehatan penikmatnya, sebab rata-rata daging diolah dengan cara digoreng atau dicampurkan dengan santan yang kental agar terasa semakin nikmat.
Sementara itu untuk jenis makanan yang mengandung lemak Trans biasanya yang paling sering dikonsumsi dalam segala suasana karena rasanya yang gurih dan tidak membuat perut merasa kenyang. Contohnya adalah keripik kentang, segala jenis makanan ringan dan juga crackers.

– Minum minuman beralkohol
Bagi sebagian orang mengkonsumsi minuman beralkohol adalah suatu keharusan dan biasanya berkaitan dengan cuaca yang terlalu dingin agar tubuh terasa lebih hangat, tetapi ada juga yang hanya sekedar hobi atau bahkan sudah masuk dalam kategori kecanduan. Selain bisa mengurangi kesadaran, terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol tidak hanya akan merusak organ vital seperti hati, tetapi juga akan menimbulkan permasalahan meningkatnya kandungan kolesterol jahat di dalam darah.

– Merokok
Aktivitas merokok sebenarnya tidak langsung berimbas pada meningkatnya kadar kolesterol jahat di dalam darah, tetapi sifatnya justru menghambat kinerja dari kolesterol baik atau HDL, yang secara otomatis akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah menjadi lebih aktif ketimbang kolesterol baik.

– Jarang berolahraga
Berolahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, sebab dengan cara ini pikiran menjadi lebih fresh dan mengurangi faktor pemicu stres. Disamping itu dengan berkeringat proses pembakaran lemak juga lebih sempurna termasuk juga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.
Poin-poin tersebut di atas menggambarkan hal-hal yang sudah tercakup dalam kategori gaya hidup yang tidak sehat. Sebenarnya gaya hidup yang kurang baik tersebut tidak hanya akan menimbulkan permasalahan berupa meningkatnya kadar kolesterol jahat di dalam darah saja namun juga bisa mengganggu fungsi organ-organ tubuh lainnya.

Tetapi rupanya penderita kolesterol jahat bukan selalu mereka yang termasuk dalam kategori pribadi yang tidak bisa menerapkan gaya hidup sehat, sebab ada beberapa hal penyebab kolesterol tinggi yang berada di luar kuasa manusia, diantaranya adalah :

– Faktor genetik
Jika anda lahir dalam keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung koroner, hipertensi ataupun kolesterol tinggi maka kemungkinan besar anda juga bisa menderita penyakit yang sama, namun demikian anda tetap bisa meminimalisirnya dengan cara bertekad kuat untuk menerapkan pola hidup sehat.

– Usia
Tidak bisa dipungkiri semakin bertambah usia seseorang maka akan semakin berkurang pula kinerja dari beberapa organ tubuh, termasuk juga perubahan sistem metabolisme serta penurunan imunitas. Sehingga sudah menjadi suatu hal yang biasa mereka, yang mulai memasuki usia 50 tahun ke atas akan mengalami beberapa gangguan kesehatan yang salah satunya adalah kolesterol.

– Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
Yang dimaksud dengan obat-obatan di sini tentu bukan jenis obat terlarang, namun obat yang direkomendasikan oleh dokter untuk mengobati penyakit yang sudah diderita oleh pasien, obat-obatan yang dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang akan memberikan efek yang tidak bagus bagi organ tubuh lainnya, apalagi ada beberapa jenis obat yang sudah terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.
Setelah mengetahui beberapa penyebab dari meningkatnya kolesterol jahat di dalam darah, maka untuk menghindarinya akan lebih bagus jika anda meminimalisirnya dengan memperhatikan poin-poin yang harus dikerjakan dan menghindari beberapa hal yang bisa menjadi faktor pemicunya.

Gejala dan ciri-ciri kolesterol tinggi

Untuk pembahasan kali ini sebenarnya sedikit sulit untuk digambarkan, sebab secara medis penderita kolesterol tinggi memang tidak bisa diidentifikasi dengan benar-benar akurat, kecuali seseorang meluangkan waktunya untuk melakukan cek kadar kolesterol.
Namun demikian dari berbagai kasus penderita kolesterol tinggi, bisa disimpulkan bahwa ciri-ciri maupun gejala kolesterol tinggi bergantung pada organ tubuh yang diserang.

Jika yang diserang adalah bagian otak, maka gejala yang akan muncul adalah fisik menjadi melemah sehingga mudah merasa lelah meskipun tidak mengerjakan kegiatan yang berat, penglihatan yang mulai kabur dan bahkan kadang kala tidak bisa melihat sama sekali meskipun hanya dalam durasi yang singkat, tubuh menjadi kehilangan keseimbangan, sulit mengucapkan sesuatu yang sudah ada di pikiran dan sering mengalami kesemutan pada salah satu sisi bagian tubuh.

Jika yang diserang adalah bagian jantung, gejala yang akan muncul adalah sering mengalami mual, muntah, pusing, sesak nafas, nyeri pada bagian dada, sering merasa cemas berlebihan tanpa alasan yang jelas dan mempengaruhi detak jantung yang menjadi tidak teratur, gangguan pencernaan seperti mulas, sering merasa nyeri di bagian punggung dan yang paling terasa adalah kondisi tubuh semakin lemah.

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi memang seringkali akan mengalami gangguan kesehatan lain seperti stroke, hipertensi dan juga gangguan jantung karena kesemuanya saling berkait.

Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi

Cara yang pertama adalah dengan menghindari segala jenis makanan yang bisa menyebabkan kolesterol jahat dalam darah mengalami peningkatan. Dengan cara ini maka proses penurunan kolesterol jahat dalam darah akan lebih cepat menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Beberapa jenis makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kolesterol jahat adalah telur, segala jenis daging, coklat hitam, susu, yogurt, keju cheddar, ikan salmon, tiram, kepiting, lobster, udang, cumi-cumi, hati sapi dan hati ayam.

Diantara makanan-makanan yang tersebut di atas yang paling banyak mengandung kolesterol adalah hati ayam sehingga bagi penderita kolesterol sebaiknya benar-benar menghindari makanan tersebut.

Cara yang kedua adalah dengan mengkonsumsi segala jenis makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, diantaranya adalah jeruk nipis, jambu biji, buah anggur, buah delima, mangga, buah Berry, buah alpukat, buah zaitun, jeruk lemon, tomat, semangka, apel, buah pir dan pisang.

Dengan metode alami ini dan diimbangi dengan istirahat yang cukup serta menghindari pemicu stres maka kolesterol jahat di dalam darah akan menurun dengan sendirinya tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan.