Kiat Jitu Memulai Usaha Agar Berhasil Dengan Modal Terbatas

Cara Memulai Usaha  ~ Arah pola pikir masyarakat Indonesia saat ini sudah mengalami perubahan, di mana untuk dahulu kala seseorang lebih merasa terhormat ketika menjadi seorang yang karyawan ataupun Pegawai Negeri Sipil tetapi untuk saat ini masyarakat berbondong-bondong ingin menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Salah satu kata-kata yang cukup menohok dan menginspirasi adalah “ menjadi kepala semut jauh lebih baik daripada menjadi ekor gajah “ kata-kata ini membuat semua orang ingin menjadi bos bagi dirinya sendiri melalui jalan wirausahawan.

Ada banyak sekali contoh wirausahawan yang sukses diantaranya adalah Bill Gates dan Mark Zuckerberg, mereka berdua mengawali bisnisnya bukan dari hal yang besar tetapi dari suatu hal yang kecil dan bahkan bisa dibilang dari nol tetapi siapa yang menyangka bahwa kedua perusahaan yang dikelola oleh mereka berdua sama-sama memiliki tingkat pendapatan yang luar biasa banyak sehingga menempatkan mereka sebagai tokoh yang menginspirasi dalam bidang teknologi maupun usaha.

Kiat Jitu Memulai Usaha

Meniti karier secara mandiri di bidang wirausaha tidak hanya membutuhkan modal yang besar, tanpa perhitungan yang tepat modal yang ada tanamkan justru akan hilang begitu saja. Berikut ini adalah tips yang bisa anda praktekkan ketika ingin memulai usaha dari nol tetapi berharap bisa membuahkan hasil yang luar biasa.

• Melakukan Riset sebelum memilih jenis usaha
Sebelum memulai usaha anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai jenis-jenis usaha yang sudah terbukti sukses, hal ini bisa dibilang anda lebih realistis ketimbang mengaplikasikan rencana bisnis yang berdasarkan imajinasi anda yang belum tentu bisa benar-benar sukses.

• Membangun kerja-sama
Jika rencana bisnis Anda cukup besar dan membutuhkan biaya yang maksimal maka akan lebih bagus jika anda tidak melakukan pinjaman bank ataupun menggelontorkan seluruh harta anda dalam bisnis tersebut, carilah partner bisnis yang bisa anda ajak untuk join membangun bisnis tersebut dari awal. Hal ini akan mengurangi risiko kebangkrutan secara total karena jika anda melakukan pinjaman bank tentu anda harus membayar bunga bank yang tidak rendah, termasuk juga ketika anda keluarkan semua harta Anda tetapi bisnis tersebut gagal maka kebangkrutan penuh harus anda alami.

• Utamakan kualitas
Harga memang biasanya dijadikan perhitungan yang sangat pelik saat menentukan suatu produk tetapi pada kenyataannya meskipun harga dari barang tersebut mahal namun ketika kualitasnya sangat bagus rata-rata konsumen justru memilih produk yang mahal tersebut, dan pada kenyataannya produk yang mahal dan berkualitas jauh lebih bisa bertahan menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat ini.

• Hubungan baik dengan suplier
Tidak hanya wajib melayani pembeli dengan sangat baik tetapi juga harus melakukan komunikasi serta kerja-sama yang baik dengan para suplier karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan bisnis yang sedang Anda bangun.

Demikian adalah informasi yang berkaitan dengan tips mengembangkan bisnis yang Anda mulai dari nol agar menjadi jenis usaha yang sukses.