Kelebihan dan Kekurangan Kredit Rumah Jogja

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Rumah Jogja – Setiap orang butuh tempat tinggal untuk beristirahat, berlindung, dan berkumpul dengan semua anggota keluarga di dalam rumah. Nah, karena rumah adalah sebagai tempat tinggal dan tempat untuk berlindung, maka penting untuk menciptakan rumah yang nyaman dan aman.

Bisa memiliki sebuah rumah tinggal sendiri tanpa menyewa adalah idaman semua orang, khususnya untuk keluarga baru yang baru saja menikah atau bahkan keluarga lama yang sudah lama menikah namun belum punya rumah sendiri.

Baca juga: Skema Kredit Rumah Holcim Gaji UMR

Untungnya, sekarang ini di Jogja sudah ada penawaran program kredit rumah Jogja yang bisa membantu para masyarakat untuk membeli rumah dengan cara kredit atau diangsura. Jadi, Anda tidak harus membayarnya secara cash atau penuh. Namun, Anda bisa memiliki sebuah rumah dengan angsuran yang lebih ringan dan tenor seperti yang telah disepakari sebelumnya.

Namun, jika Anda ingin membeli sebuah rumah di Jogja dengan menggunakan system kredit rumah Jogja ini tentu saja ada kekurangan dan kelebihannya tersendiri. Anda harus menyadari hal tersebut sejak awal, sehingga Anda tahu manakah langkah yang akan Anda pilih. Di antara membeli rumah dengan cara kredit ataupun dengan cara membayarnya secara cash.

Akan tetapi untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan sedikit informasi tentang kelebihan dan juga kekurangan dari mengajukan program kredit rumah Jogja sekarang juga, antara lain:

Kelebihan Kredit Rumah Jogja

  1. Kini, anda tidak harus menabung lebih dulu sampai terkumpul nominal yang banyak untuk mendapatkan sebuah rumah. Karena, Anda hanya perlu membayar uang mukanya saja sesuai yang telah ditetapkan.
  2. Saat Anda memilih untuk membeli rumah dengan cara kredit, maka membeli rumah menjadi terasa lebih ringan.
  3. Makin banyak uang muka yang Anda bayarkan atau makin lama tenor pembayaran yang Anda pilih, maka uang cicilan atau ansurannya akan menjadi semakinlebih murah dan terjangkau.
  4. Rumah ini biasanya dapat ditempati secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa menyewakannya untuk melunasi angsurannya. Makin lama tenor, makin besar bunga yang wajib dibayar.

Kekurangan Kredit Rumah Jogja

  1. Jumlah uang yang Anda bayarkan untuk mendapatkan sebuah rumah itu sebenarnya jauh lebih mahal dari harga yang asli bila Anda memilih untuk menggunakan system kredit.
  2. Bila Anda kehilangan penghasilan dan pekerjaan Anda, itu artinya otomatis akan membuat angsurannya menjadi tersendat. Otomatis bila hal ini terjadi, hal terburuknya adalah rumah impian Anda akan langsung dijual atau disita guna melunasi hutang Anda tersebut.
  3. Sekalipun Anda telah memenuhi semua ketenuan dan persayaratan yang ditetapkan, belum tentu nantinya pihak bank akan menyetujuai kredit rumah Jogja yang telah Anda ajukan kepada mereka.
  4. Semua surat rumah dan tanah akan ditahan oleh bank sampai Anda berhasil melunasi semua pembayaran rumah itu.
  5. Bila Anda ingin membayar semua sisa angsuran pada tengah jalan, itu biasanya akan dikenakan penalty. Sehingga, Anda harus membayar denda tersebut. namun untuk yang satu ini biasanya tergantung juga dari ketetapan program bank yang berlaku.
  6. Suku bunga yang ditawarkan kebanyakn fluktuatif, dengan begitu angsuran bulannya menjadi lebih berisiko. Itu karena angsurannya nanti otomatis akan menjadi semakin mahal dari tahun ke tahun.

Jadi, manakah pilihan Anda? Apakah Anda akan mengajukan kredit rumah Jogja atau Anda akan lebih memilih membeli rumah dengan cara cash?