Serba-Serbi tentang Kartu Kredit Harus Dipahami!

Serba-Serbi tentang Kartu Kredit Harus Dipahami – Berbicara tentang transaksi online, kadang kala Anda pasti tidak akan asing dengan kode CVC atau kode CVV untuk verifikasi akhirnya. Tapi apa sih fungsi dari kode itu? Bagi penggua kartu kredit tentu saja mereka tidak akan asing dengan kode itu. Karena pada dasarnya memang itu merupakan sebuah verifikasi kode atas transaksi yang Anda lakukan secara online.

Kartu Kredit

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang CVV dan CVC, sebaiknya Anda pahami dulu tentang serba serbi dari kartu itu terlebih dahulu. Selanjutnya, pahami juga fungsi dan perbedaan di antara 2 kode itu. Yaitu CVV sebagai card verification value dan CVC sebagai card verification code ketika sedang melakukan transaksi secara online.

Nah, ini dia sedikit ulasan dari kartu kredit yang harus Anda pahami sebelum Anda benar-benar mengajukan kartu ini ke sebuah bank, antara lain:

Pertama, pada dasarnya kartu ini berguna untuk membiayai belanjaan Anda secara langsung dengan cara mencicil. Sehingga, ketika Anda ingin membeli sebuah barang, maka kini Anda tidak perlu membayarnya secara cash. Karena barang itu sudah dibayar lewat kartu ini. Jadi, tugas Anda selanjutnya hanya harus membayar angsurannya saja.

Kedua, dilihat dari bentuk kartunya ini ada berbagai macam pilihan kartu yang bisa Anda pilih. Hal ini disesuaikan terhadap limit untuk setiap kartu. Jadi, sebenarnya ini hampir sama seperti penggunaan kartu ATM. Dimana jika dalam kartu ATM ini terdapat limit untuk penarikan uang, sedangkan untuk credit card ini ada limit untuk melakukan kegiatan transaksinya secara online ataupun offline. Sehingga, tidak sampai terjadi pembengkakan oleh pinjaman yang ditawarkan dalam kartu ini.

Ketiga, bagian depan dari kartu ini terdapat beberapa informasi, yang tidak semuanya sama. Karena ada juga yang tidak mencantumkan kartunya masuk ke dalam kelas mana. Yang pasti, bagian depan kartunya ini selalu ada logo bank sebagai penerbit kartu ini. Ada juga nomor untuk kartu kredit dan nama pemegang kartu itu yang dicantumkan secara langsung di kartu ini. Dalam hal ini terdapat 2 jenis kartu, yang meliputi kartu mastercard dan visa.

Ke-empat, untuk bagian belakang kartunya ini terdapt juga sejumlah informasi yang meliputi nomor kartu yang telah diprinted atau dicetak beserta tanda tangan dari pemegang kartu ini. Umumnya, dalam kartu ini terdapat sebuah angka khusus dan juga informasi dari bank yang menerbitkan kartu ini. Sehingga, dari sinilah bisa diketahui dari manakah bank yang telah menerbitkan kartu itu.

Kelima, yang jelas kartu ini sangat berguna sekali untuk memenuhi kebutuhan Anda yang mendesak dan sifatnya konsumtif. Namun, sebaiknya jangan juga terlalu bergantung dengan pamakaian kartu ini. Karena bisa saja nanti Anda sendiri yang akan kewalahan untuk membayar angsurannya di setiap bulan. Belum lagi, masih ada pajak yang harus Anda bayar di setiap bulan ketika Anda menggunakan kartu ini untuk melakukan transaksi online.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal dari kartu kredit yang harus benar-benar Anda pahami sebelum Anda menggunakannya. Dengan memahami bagaimana cara menggunakannya dengan baik, setidaknya hal ini akan sedikit membantu Anda untuk belajar bagaimana cara menggunakannya dengan bijak dan dengan kontrol diri.

Karena, bila tidak terkontrol, maka justru pengeluaran Anda di setiap bulan menjadi semakin elbih banyak lagi dari yang Anda kira.