Karakteristik dan Perawatan Jenis Anjing Chinese Crested

Karakteristik dan Perawatan Jenis Anjing Chinese Crested – Salah satu jenis anjing yakni Chinese Crested pada bagian tubuhnya mempunyai bulu yang sangat sedikit atau hairless.

Chinese Crested merupakan salah satu jenis anjing yang memiliki banyak kekurangan seperti salah satunya pertumbuhan gigi yang tidak lengkap, anjing ini di percaya menjadi salah satu nenek moyang jenis anjing cihuahua.

Karakteristik dan Perawatan Jenis Anjing Chinese Crested
Karakteristik dan Perawatan Jenis Anjing Chinese Crested

Chinese Crested merupakan anjing ras kecil yang bertubuh kurus yang di bawa oleh pealut asal Tiongkok pada abad ke-16 di sebuah kapal laut untuk berburu tikus dan menjualnya pada penduduk lokal di sekitar pelabuhan dan dengan ini jenis anjing Chinese Crested menyebar ke beberapa daerah seperti Afrika Selatan, Mesir, Turki dan juga Asia.

Jenis anjing Chinese Crested ini terdiri dari dua jenis yakni berbulu atau powder puff dan juga yang tidak berbulu atau hairless.

Untuk jenis Chinese Crested hairless dikatakan merupakan hasil mutasi pada anjing Mexico yakni Xoloitzcuintli di sekitar tahun 1500 SM dan memiliki ciri khas bulunya hanya tumbuh pada kepala dan ekor.

Karakteristik Chinese Crested

Chinese Crested termasuk ke dalam jenis anjing toy dengan tinggi 12 cm dan berat 5.4 kg, bagian bahunya sangat kokoh, punggung yang lurus dan juga rata, bentuk tengkorak kepala yang membulat serta stopan landai dan moncong yang agak panjang.

Bagian matanya berwarna gelap, teling berdiri, kaki yang jenjang serta ekor panjang dengan posisi turun ke bawah.

Beberapa anjing Chinese Crested ini ada yang mempunyai gigi tidak lengkap dan penyebabnya belum bisa dipastikan, sementara untuk bulu hanya tumbuh di sekitar kepala dan pada bagian kaki paling bawah sehingga terlihat seperti memakai kaus kaki serta di bagian ujung ekor dengan bulu yang panjang dan lurus.

Namun pada bagian tubuh anjing Chinese Crested ini juga ditumbuhi dengan bulu tetapi sangat halus sehingga hampir tidak terlihat, bagian kulitnya sangat sensitif dan halus serta mempunyai bercak warna atau malah hampir menutupi seluruh bagian tubuhnya.

Sifat dari Chinese Crested ini sangat baik dan bisa berteman dengan siapa saja serta tidak pernah agresif sehingga cocok dijadikan sebagai anjing keluarga, selain itu anjing ini juga jarang menggonggong dan cukup mudah untuk di latih.

Perawatan Chinese Crested

Chinese Crested tidak membutuhkan perawatan yang terlalu sulit dan hanya perlu mandi jika memang diperlukan.

Yang perlu menjadi perhatian dalam perawatan Chinese Crested ini adalah bagian kulitnya yang sangat sensitif, bagian kulitnya membutuhkan perawatan dengan memakai krim untuk kulit sebab sangat mudah kering.

Meskipun Chinese Crested kuat pada iklim panas, namun jangan sampai terkena sinar matahari secara berlebihan sebab kulitnya akan rusak.

Demikian ulasan dari jenisanjingkali ini mengenai pengenalan salah satu jenis anjing yakni Chinese Crested, semoga bisa berguna untuk anda pencinta anjing, terima kasih.