Inilah Penyebab Dan Gejala Gagal Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

Ginjal adalah organ tubuh yang sangat penting dan tak kalah pentingnya dengan organ Jantung, Hati serta Paru-paru. Kenapa demikian? Sebab hanya ginjal sajalah yang bisa menyaring darah agar sisa-sisa atau limbah yang dihasilkan dari metabolisme tubuh bisa ikut terbuang melalui urine tidak terus mengendap di dalam tubuh. Dengan demikian jika ginjal sudah mulai mengalami penurunan fungsi itu artinya tubuh manusia akan mengoleksi berbagai macam jenis limbah yang sudah pasti membahayakan kesehatannya sendiri.

Kondisi dimana ginjal mulai mengalami penurunan kinerja disebut juga dengan istilah gagal ginjal, seseorang yang menderita gangguan kesehatan ini tidak bisa langsung merasakan gejalanya karena ada dua jenis tipe gagal ginjal yang umum dialami oleh banyak orang. Yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis, kedua tipe gagal ginjal memiliki sifat yang berbeda, karena penyebabnya juga berbeda.

Ginjal

Fungsi Ginjal untuk manusia

Setiap orang memiliki ginjal yang tidak hanya satu melainkan sepasang, dari jumlahnya ini saja sudah bisa menggambarkan bahwa kerja ginjal memang cukup berat mengingat bahwa tubuh manusia lebih banyak terdiri dari cairan atau darah, yang harus selalu disaring agar limbah-limbah tidak mengendap di dalam tubuh.

Ukuran ginjal tidak terlalu besar, yakni hanya seukuran kepalan tangan dan berbentuk seperti kacang, posisi ginjal berada di belakang perut lebih tepatnya adalah bagian sisi tulang belakang dan dalam posisi berdampingan. Selain berfungsi sebagai organ sekresi, ginjal juga memiliki peran penting untuk menjaga unsur mineral dalam tubuh tetap terjaga keseimbangannya. Kondisi ginjal yang sehat juga berpengaruh pada kondisi tekanan darah seseorang, karena ginjal juga berperan penting dalam proses menghasilkan sel darah merah.

Penyebab gagal ginjal

Gangguan pada ginjal ini biasanya juga dipengaruhi oleh faktor genetik, meskipun faktor risiko ini sumbangsihnya tidak terlalu besar. Secara medis penyakit gagal ginjal ini diklasifikasikan dalam 2 tipe yaitu gagal ginjal akut atau acute renal failure dan gagal ginjal kronis atau chronic renal failure, yang selanjutnya akan kita bahas secara detail.

Gagal Ginjal Akut ( GGA )

Pada tipe ini penderita GGA akan secara langsung merasakan imbas dari menurunnya atau bahkan tidak berfungsinya organ ginjal, gagal ginjal akut itu sendiri masih diklasifikasikan menjadi 3 tipe disesuaikan dengan lokasi terjadinya gangguan ginjal.

  1. Gagal ginjal prerenal
    Gangguan ginjal prerenal belum masuk ke dalam lokasi ginjal itu sendiri, namun pada bagian tubuh sebelum ginjal yang juga tetap akan berpengaruh pada ginjal. Dari kasus yang sering muncul adalah gagal ginjal prerenal akan sering dialami oleh seseorang yang mana organ ginjalnya tidak tersuplai oleh darah yang cukup, misalnya saja dalam beberapa kondisi berikut :
    – Darah rendah.
    – Dehidrasi yang diakibatkan oleh demam, muntah dan diare.
    – Kurangnya asupan cairan tubuh.
  2. Gagal ginjal Renal
    Pada kasus ini yang diserang langsung adalah organ ginjalnya, dan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :
    – Sistem imun tubuh yang terus mengalami penurunan.
    – Mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping berupa gangguan ginjal.
    – Terluka parah yang bisa menyebabkan kerusakan otot dan berakibat timbulnya sumbatan sehingga ginjal tidak bisa lagi melakukan penyaringan limbah pada darah.
    – Terjadi peradangan pada ginjal.
  3. Gagal ginjal posternal
    Untuk jenis gagal ginjal ini juga berada di luar ginjal yang bisa disebabkan oleh hal-hal seperti berikut :
    – Batu ginjal.
    – Tumor yang ada di perut dalam ukuran besar hingga mempersempit ureter.

Gagal ginjal kronis ( GGK )

Seseorang yang menderita gagal ginjal kronis banyak yang tidak menyadari bahwa kondisi ginjalnya sedang dalam masalah, sebab GGK ini baru akan muncul setelah beberapa bulan atau bahkan dalam beberapa tahun mendatang. Gagal ginjal kronis sifatnya merusak secara bertahap hingga pada puncaknya seseorang baru merasakan ketidaknormalan pada tubuhnya ketika ginjal hanya memiliki kemampuan 20% saja untuk menyaring darah. Beberapa penyebab dari gagal ginjal kronis adalah akibat penyakit-penyakit tertentu yang lebih dulu diderita oleh seseorang, seperti :
– Diabetes parah dan tidak dikontrol.
– Hipertensi.
Kedua jenis penyakit tersebut sama-sama mempengaruhi organ tubuh lain, yang salah satunya adalah ginjal.

Gejala dan ciri-ciri gagal ginjal

Saat salah satu dari organ tubuh kita mulai mengalami penurunan fungsi, maka sudah pasti akan terjadi hal-hal yang diluar kewajaran. Sama halnya ketika seseorang mengalami gagal ginjal. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri seseorang sedang menderita gagal ginjal.

1. Perubahan pada urine
Ginjal sangat erat kaitannya dengan urine, karena melalui cairan tersebutlah limbah atau racun akan dibuang. Ketika ginjal sudah mengalami penurunan kualitas, hal yang pertama yang paling terkena imbasnya adalah urine atau kebiasaan buang air kecil. Misalnya saja seseorang menjadi sering buang air kecil, warna urine mengalami perubahan yaitu berwarna keruh dan kecoklatan, muncul busa pada urine dan yang paling ekstrim adalah kencing disertai darah.

2. Bengkak pada bagian tubuh tertentu
Pembengkakan ini terjadi karena ginjal yang tidak berfungsi akan membuat tubuh memiliki begitu banyak cairan yang tidak bisa dikeluarkan, sehingga saat terjadi akumulasi yang berlebihan cairan-cairan tersebut akan mencari posisi sendiri-sendiri dan memberikan efek bengkak pada bagian tubuh tertentu misalnya saja pada lengan, wajah, tangan dan juga kaki. Bengkak yang disebabkan oleh gagal ginjal ini tidak menimbulkan rasa sakit sehingga mudah dikenali antara bengkak yang diakibatkan oleh kelelahan atau bengkak akibat penyakit lain.

3. Kulit gatal
Akibat dari penumpukan limbah dalam tubuh dan tidak bisa disaring oleh ginjal yang sudah mulai tidak berfungsi, maka limbah-limbah tersebut menyebar melalui peredaran darah dan biasanya menimbulkan efek negatif pada kulit, dimana kulit akan mengalami bercak-bercak disertai gatal. Rasa gatal yang ditimbulkan akibat gagal ginjal tidak bisa diobati dengan cream pereda rasa gatal.

4. Mual disertai muntah
Gejala ini hampir selalu muncul pada penderita gagal ginjal, dan biasanya beriringan dengan keluhan gatal pada kulit.

5. Sering lupa
Lupa atau gejala kepikunan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia saja namun juga akibat gangguan pada ginjal, sebab aliran darah menjadi kurang normal sehingga asupan nutrisi ke otak yang diangkut oleh darah juga ikut mengalami penurunan kualitas.

6. Nyeri pinggang
Gejala yang satu ini sering dikaitkan dengan kondisi ginjal yang tidak sehat, karena letak ginjal yang memang berada pada pinggang. Meskipun sakit pinggang tidak semuanya disebabkan oleh gangguan ginjal, namun memang benar adanya bahwa salah satu gejala gagal ginjal adalah pinggang yang terasa sangat nyeri meskipun tidak melakukan sesuatu.

Tersebut diatas adalah hal-hal yang berkaitan dengan penyebab maupun gejala gagal ginjal, mengingat akan pentingnya organ tubuh ini maka akan lebih baik jika anda segera memeriksakan diri ke dokter jika sudah mulai dijumpai gejala-gejala tersebut diatas.