Gejala Dan Cara Mengobati Sakit Maag Atau Tukak Lambung

Gejala Sakit Maag ~ Penyakit gangguan lambung ini memang sudah cukup familiar di telinga kita dan dianggap merupakan gejala yang umum dan dialami oleh sebagian besar orang. Maag itu sendiri adalah kondisi dimana lambung mengalami infeksi ataupun terluka.

Penyakit maag juga disebut dengan gastritis karena menyangkut kondisi lambung atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan nama gaster, kata maag itu sendiri juga hanya berlaku di Indonesia sedangkan di dunia internasional lebih dikenal dengan gastritis.

Penyebab dari maag cukup kompleks, tidak seperti yang banyak dipahami oleh masyarakat bahwa mereka yang memiliki kebiasaan telat makan saja yang bisa menderita maag. Sebab faktanya banyak orang menderita maag namun dari segi jadwal konsumsi makanan dinilai sudah bagus.

Beberapa penyebab penyakit maag yng lain adalah karena faktor kekebalan tubuh yang kurang, infeksi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu dan termasuk juga mengkonsumsi minuman beralkohol.

Sakit Maag

Gejala Sakit Maag

Penyakit maag itu sendiri sebenarnya cukup sulit untuk dikenali gejalanya, namun demikian berdasarkan pengamatan di lapangan, ada beberapa kesimpulan yang menunjukkan bahwa gejala-gejala berikut ini mengindikasikan seseorang sedang menderita maag.

1. Nyeri ulu hati
Gejala ini paling sering dikaitkan dengan penyakit maag, selain terdapat rasa nyeri pada ulu hati biasanya penderita maag juga merasakan panas, perih dan terbakar. Kondisi ini memang cukup menyakitkan dan biasanya akan sembuh jika sudah mulai mengkonsumsi makanan, namun ada juga yang justru kebalikannya yaitu menjadi semakin parah setelah makan.

2. Mual disertai muntah
Dua kondisi ini sering diartikan dengan masuk angin, padahal tidak semua gejala mual dan muntah merupakan gejala masuk angin karena juga bisa merupakan pertanda bahwa orang tersebut menderita sakit maag. Rasa mual yang tak jarang juga disertai muntah ini diakibatkan oleh kontraksi lambung yang berlebihan dan kadang juga disertai dengan rasa sakit yang hebat. Muntahan yang dikeluarkan oleh penderita biasanya hanya berupa cairan, namun juga ada yang sampai mengeluarkan semua isi perut.

3. Sering bersendawa
Bersendawa memang dianggap wajar apalagi ketika selesai makan dan minum dan sedikit kekenyangan, perut akan menghasilkan banyak gas dan membuat kita ingin bersendawa, namun bagaimana jika kita ingin terus bersendawa padahal kita belum makan apapun. Gejala ini perlu diwaspadai karena ditengarai merupakan tanda-tanda bahwa kita sedang menderita maag.
Angin yang dikeluarkan melalui sendawa tersebut berasal dari kandungan asam lambung yang terlalu berlebihan di dalam lambung kita, dan asam lambung terus menambah jumlah gas yang secara otomatis akan membuat kita untuk terus ingin bersendawa meskipun dalam kondisi lapar.

4. Kembung
Mungkin kita sering mengalami permasalahan yang satu ini, perut terasa tidak nyaman dan kembung. Selain karena disebabkan oleh hawa dingin yang berlebihan perut kembung juga bisa timbul karena terlalu banyaknya kandungan asam lambung yang ada pada usus maupun lambung itu sendiri yang pada akhirnya membuat pergerakan lambung serta usut menjadi melambat dan memberikan rasa yang tidak nyaman dan disebut dengan kembung.

5. Perut seolah-olah penuh
Meskipun belum mengkonsumsi makanan apapun biasanya kita sering merasa perut terasa penuh dan menjadi enggan untuk makan. perut yang terasa terisi penuh padahal tidak ini diakibatkan oleh lambatnya kinerja lambung dan usus, sehingga menjadikan makanan terhenti dalam beberapa saat di saluran cerna, maka tak heran jika kita menjadi enggan untuk mengkonsumsi makanan apapun. Untuk mengatasi hal tersebut penderita maag dianjurkan agar mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit namun sering.

6. Muntah darah
Untuk gejala yang satu ini menandakan bahwa gastritis yang diderita sudah dalam tahap yang sangat serius. Munculnya darah yang keluar dari mulut disebabkan oleh adanya tukak lambung, jika sudah demikian biasanya perut sudah tidak bisa lagi menerima makanan ataupun minuman, sehingga tindakan yang paling tepat adalah segera membawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius. Muntah darah ini biasanya berwarna hitam ataupun merah segar.

Tersebut diatas adalah beberapa gejala maag yang bisa dideteksi sejak awal. Sakit maag yang dianggap remeh rupanya bisa benar-benar berbahaya jika dibiarkan begitu saja, oleh sebab itu jika anda mendapati gejala-gejala tersebut di atas sebaiknya segera melakukan penanggulangan sejak dini.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengantisipasi dan memperbaiki kondisi lambung anda.

• Mengkonsumsi makanan sehat dan teratur
Apabila anda sering memilih makanan cepat saji yang banyak mengandung bahan-bahan pengawet maka mulai saat ini hentikan kebiasaan tersebut dan lebih baik untuk mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, karena dengan cara ini lambung anda akan jauh lebih sehat dan tidak mudah iritasi. Selain itu makanan cepat saji sudah terbukti merupakan jenis makanan yang sulit dicerna sehingga pasti akan mempengaruhi kerja lambung dan usus yang menjadi lambat.
Termasuk juga untuk mengkonsumsinya dalam porsi yang sedang dan dalam waktu yang tepat, idealnya seseorang harus makan 3 kali sehari dan biasakan untuk makan tepat waktu.

• Minum air putih
Meskipun tergolong pada metode yang sederhana, mengkonsumsi air putih yang cukup dapat memperbaiki kondisi lambung anda. Karena dengan asupan air putih yang memadai, racun maupun bakteri yang ada pada lambung akan ikut terbuang bersama dengan urine saat anda buang air kecil.

• Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan jumlah asam lambung
Langkah ini sungguh sangat penting untuk menjaga kondisi lambung tetap sehat, karena semakin rendah jumlah asam lambung pada organ pencernaan kita maka semakin nyaman pula kondisi perut kita. Makanan ataupun minuman yang dimaksud pada point ini adalah seperti kopi, teh, keju dan coklat.

• Tidak kelelahan
Pada point ini dianjurkan untuk tidak terlalu lelah badan dan pikiran, karena kedua kondisi ini akan mempengaruhi lambung seseorang. Orang yang terlalu memforsir tenaganya untuk bekerja rentan mengalami penyakit maag atau gastritis, demikian juga bagi mereka yang mungkin hanya duduk dibelakang meja namun memiliki beban pikiran yang cukup berat biasanya akan menderita penyakit maag yang serius.

• Mengkonsumsi sari kedelai
Kedelai yang kini juga bisa kita temukan dalam olahan susu kedelai merupakan obat herbal alami untuk memperbaiki kondisi lambung. Sebab sari kedelai mengandung banyak sekali vitamin, nutrisi, lemak nabati, protein dan juga antioksidan. Kandungannya yang sangat lengkap ini mampu menghalau gangguan lambung termasuk juga gastritis.

Jika rasa sakit pada ulu hati atau perut anda belum juga teratasi dengan cara-cara tersebut di atas dan gejala sakit maag masih tetap anda alami maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena perlu di ingat meskipun maag adalah penyakit yang dianggap wajar, tingkat bahayannya nyaris sama dengan penyakit-penyakit serius lainnya, sebab jika lambung sudah terluka terlalu parah dan menimbulkan tukak lambung maka proses penyembuhan akan sangat lama sekali dan bahkan bisa mengancam keselamatan penderitanya.