Gaji UMR Cukupkan Untuk Kredit Rumah Handil Bakti?

Gaji UMR Cukupkan Untuk Kredit Rumah Handil Bakti – Kabar tentang penetapan dari nominal gaji UMR kini sudah ada dari menjelang pergantian tahun ini. Untuk nominal besaran kenaikan dan berapakah angkanya saat ini masih saja spekulatif.

Entah itu dilihat dari akademisi,birokrat, serikat pekerja, sampai dengan asosiasi pengusaha kini secara bersama-sama telah merapatkan untuk menemukan besaran yang paling tepat dan bisa diterima oleh semua pihak.

Baca juga: Kriteria agar Mendapat Kredit Rumah Harga 200 Juta Terbaik

Jadi, ketika sudah ditentukan, ada banyak pendapat yang mulai menyeruak. Beberapa ada yang pro dengan hal tersebut, ada juga yang kontra. Untuk yang kontra dengan angka nominal UMR ini,ada yang menyatakan hanya sejumlah kecil kebutuhan saja yang bisa dipenuhi.

Sedangkan berdasarkan yang pro, dengan sejumlah UMR tersebut, hal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka sambil memberikan skema perhitungan dan juga pengalokasiannya. Sejumlah orang yang berkata pro ini menyatakan bahwa dengan uang sebesar UMR tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan asalkan mereka bisa mengaturnya dengan baik.

Mari berhitung!

Rumah adalah kebutuhan semua orang. Siapa pun orangnya, sudah jelas mereka ingin memiliki sebuah rumah sendiri. Karena rumah yang dimiliki oleh setiap orang ini bisa dijadikan sebagai sebuah asset yang baik nanti ketika akan diwariskan kepada cucu, anak, dan cicitnya.

Jadi, bila sedang mencari tahu seputar harga rumah tersebut, entah itu didapatkan secara offline dari marketing property ataupun secara online, kisaran harga rata-rata rumah yang ada di Jakarta sekitar adalah sebesar 480 jutaan rupiah.

Namun meskipun begitu, ada pula yang mengatakan bahwa ada juga rumah yang dijual dengan nominal harga di bawahnya. Jika ditelusuri lebih dalam lagi, ternyata harga rumah yang dijual di bawah 400 jutaan rupiah di Jakarta ini berada di pinggiran Jakarta. Jadi ada di area perkampungan. Sekalipun di ada, itupun jumlahnya juga terbatas.

Nah, dalam hal ini, jika Anda ingin mengajukan program kredit rumah Handil Bakti, maka sekedar untuk berhitung saja, Anda bisa mencoba mengambil harga pasaran dari rumah di area tersebut dengan harga sebesr 480 jutaan rupiah. Berdasarkan dari ketentuan BI yang telah berlaku, nominal untuk down payment rumah yang sudah ditetapkan adalah sebesar 10% sampai dengan 15% dari harga jual rumah yang akan dibeli. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang ingin mengambil rumah dengan system kredit.

Jadi, mari mencoba berhitung nominal uang muka yang harus disiapkan untuk membayar cicilan rumah senilai 480 jutaan rupiah. Dimana untuk ketentuan DP rumah yang ditetapkan, yaitu sebesar 10% sampai dengan 15% dari harga jual rumah ini, maka ketentuan DP rumah yang harus dibayarkan adalah sebesar 48 juta rupiah, untuk nominal 10% dari harga rumah.

Yang jadi pertanyaan adalah, cukupkah tabungan Anda untuk membayar uang muka dari kredit rumah Handil Bakti ini? Sebenarnya hal ini mungkin saja tetap bisa, asal tiap tahunnya tidak ada kenaikan harga jual rumah. Hanya saja, hal tersebut sudah pasti sangat mustahil. Karena harga rumah selalu naik setiap tahun.

Lebih lengkapnya akan kami bagikan seputar bagaimana membayar rumah dengan kredit rumah Handil Bakti dari gaji UMR Anda, antara lain:

Pertama, dengan perhitungan gaji UMR  yang selalu naik sebesar 8% setiap tahun dengan suku bunga tabungan sebesar 4% setiap tahun, maka memiliki uang sebesar 50 juta rupiah pada usia 30 tahun bukanlah hal yang mustahil.

Di tahun pertama sampai dengan di tahun kedua, dengan gaji UMR sebesar 3 jutaan rupiah, maka Anda bisa menabung setiap bulannya sebesar 10% dari gaji Anda. Sampai kemudian di tahun ke 9, gaji Anda sudah mencapai 6 jutaan rupiah. Sehingga, Anda bisa memiliki tabungan sebesar 50 jutaan rupiah.