Faktor Penentu Kredit Rumah Angsuran 500 Ribu

Faktor Penentu Kredit Rumah Angsuran 500 Ribu – Dalam mengajukan kredit rumah angsuran 500 ribu, kita kerap mendengar istilah seputar black list dari bank Indonesia. Bukan hanya untuk angsuran 500 ribu saja, bahkan untuk kredit rumah mana saja, black list ini juga selalu ada dalam istilah peminjaman uang tersebut.

Faktor Penentu Kredit Rumah Angsuran 500 Ribu

Namun sayangnya, ternyata tak banyak orang yang paham dengan istilah daftar hitam atau black list tersebut. Padahal, itu penting sekali dalam membeli sebuah rumah.

Baca juga: Kredit Rumah di Muara Enim Murah dan Mudah

Sebelum Anda mengajukan kredit rumah angsuran 500 ribu, maka agar kredit tersebut dikabulkan, maka Anda harus lulus BI check terlebih dahulu. Ini merupakan sebuah pengecekan terhadap rekam jejak dari kredit yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Rekam jejak tersebut adalah semua catatan dari kredit yang sudah Anda lakukan dengan pihak bank sebelumnya.

Sehingga, cicilan antar tetangga atau antar teman tidak masuk dalam BI check tersebut. Dari situlah nanti semua rekaman kredit yang pernah Anda lakukan akan dimasukkan ke dalam sebuah peringkat dari sejumlah 5 peringkat yang ada.

Peringkat 1 adalah mereka yang mempunyai rekaman jejak kredit yang bagus. Biasanya hal tersebut bisa dicapai dikarenakan orang tersebut selalu membayar kreditnya dengan tepat waktu. Sementara untuk peringkat 5 ini merupakan peringkat untuk mereka yang kerap melakukan kredit macet. Mereka sering membayar terlambat, sehingga mereka dianggap tidak patut untuk mendapatkan pinjaman kredit kembali.

Mereka yang masuk dalam peringkat ke-5 inilah yang umumnya disebut juga dalam daftar blacklist atau daftar hitam.

Jadi, saat proses BI check ini telah selesai diproses, dan kemudian bahwa Anda masuk dalam peringkat pertama, itu artinya Anda bisa bersenang hati. Karena itu berarti bahwa Anda telah lolos dalam tahap BI check ini.

Sebaliknya juga, bila saat itu juga ditemukan bahwa Anda masuk dalam peringkat yang ke-5, itu artinya Anda harus gigit jari. Dikarenakan pengajuan Anda untuk mendapatkan pinjaman kredit tersebut tidak bisa dikabulkan sebelum akhirnya Anda memperbaiki peringkat Anda menjadi peringkat pertama. Bagaimana bila Anda masuk dalam peringkat yang ke 2 sampai dengan ke-4?

Sebenarnya, pengajuan kredit rumah angsuran 500 ribu Anda tersebut masih bisa dikabulkan dalam peringkat tersebut. Karena rekaman jejak Anda tersebut hanya sebagai alat bantu yang dipakai oleh pihak bank dalam melihat apakah Anda layak untuk mendapatkan bantuan kredit atau tidak.

Akan tetapi, pengabulan terhadap pengajuan kredit tersebut tidak semuah bila Anda masuk dalam peringkat ke 1. Namun, bila Anda masuk dalam peringkat ke 2, maka Anda bisa lebih mudah untuk lolos dalam tahapan tersebut dibandingkan Anda berada dalam peringkat ke-4.

Jadi, mereka yang berada dalam peringkat ke 1 ini tetaplah yang teraman dari peringkat yang lainnya. Maka dari itulah, sebelum Anda mengajukan pinjaman kredit tersebut, cobalah memastikan bahwa Anda telah berada dalam peringkat yang pertama. Sehingga, Anda tidak akan membuang-buang waktu Anda tersebut.

Setidaknya, dengan Anda berada pada peringkat yang pertama, Anda bisa mempunyai lebih banyak pilihan saat ingin menentukan pilihan rencana angsuran yang manakah yang paling sesuai untuk Anda nantinya.

Nah, supaya Anda bisa tahu masuk dalam peringkat ke berapa, sebaiknya langsung saja kunjungi gerai BI yang paling dekat, atau bisa juga melakukan pengecekan tersebut secara online. Anda bisa juga memakai jasa dari lembaga keuangan dari Biro Informasi Kredit yang hadir saat ini untuk mengetahui hal tersebut.